• Editor

Jasa Restorasi dan Rekondisi Sepeda Kini Banyak Peminatnya


“Biasanya mereka punya pemikiran, daripada sepeda yang lama tadi dijual, pasti jatuhnya murah banget. Mau beli lagi yang baru, harus nambah banyak.” Didik - DAD Painting

Harga sepeda merek tertentu memang gila-gilaan. Ada yang mulai dari harga di atas 5 jutaan, seperti merek Dahon. Ada juga yang sampai puluhan hingga jutaan rupiah, seperti merek Brompton. Kalah tuh harga motor atau mobil!

Dari sinilah ide main restorasi dan rekondisi sepeda muncul di benak Didik dari bengkel DAD Painting. “Kami menawarkan jasa restorasi untuk mengembalikan kondisi sepeda-sepeda klasik bermerek jadi persis seperti waktu di toko dulu, atau juga jasa rekondisi yaitu membuat sepeda lama jadi seperti baru kembali,” ujar pria yang namanya sudah tidak asing lagi dalam dunia modifikasi sepeda motor, terutama dalam hal painting ini.

Mengembalikan cat dan stripping yang sudah kusam atau rusak jadi seperti baru.


Lebih lanjut Didik menjelaskan, ternyata peminat jasa restorasi dan rekondisi sepeda ini sangat banyak. “Biasanya mereka punya pemikiran, daripada sepeda yang lama tadi dijual, pasti jatuhnya murah banget. Mau beli lagi yang baru, harus nambah banyak,” tutur Didik.


Biasanya, jasa restorasi ini diminati pemilik sepeda klasik bermerek yang sudah tidak diproduksi lagi oleh pabrik atau masuk kategori langka.

Setiap komponen diremajakan kembali, dan yang rusak diganti atau dicarikan penggantinya jika sudah tidak mungkin lagi, maka dicarikan persamaannya.


Namun demikian, Didik mengakui tidak mudah untuk melakukan restorasi. “Kesulitan biasanya ada pada parts yang sudah rusak. Kadang masih bisa dibenahi dan diperbaiki lagi. Tapi kadang ada juga yang harus diganti. Nah kalau part ya ng sama dengan aslinya sudah sulit didapat, ya terpaksa kita ganti dengan part alternatif yang menyerupai. Tapi harus sesuai fungsinya.”

Biaya sudah termasuk jasa pengecatan dan finishing.


Soal biaya, Didik mengaku sangat variatif, dimulai dari Rp 500 ribu sampai tak terbatas. “Sebab semua tergantung jenis sepeda dan kondisinya,” tutup Didik.


Didik (DAD Painting Surabaya)

Jl. Mleto 18a Klampis Ngasem, Sukolilo Surabaya 60117

081249480059

Ig: @dad_paintingsby


Teks: Indramawan

Foto: DAD Painting