• Editor

Jubelmoto: Agar Jangan Ada Dusta Di Antara Penjual & Pembeli Motor


Tim Otomoto Indonesia.

Dalam situasi perekonomian negara yang masih belum kondusif saat ini, kiranya masih ada sejumlah peluang yang menjanjikan dan bisa dioptimalkan. Salah satunya adalah peluang di ranah jual-beli sepeda motor bekas. Tak bisa dipungkiri, pasar otomotif roda dua saat ini, meskipun terkoreksi, namun jumlahnya masih terbilang tinggi. Terutama untuk pemain tiga besar, yakni Honda, Yamaha dan Suzuki.


Jutaan sepeda motor baru masih beredar di pasar Indonesia. Belum lagi bicara sepeda motor yang di ekspor sejumlah pabrikan tersebut. Mengingat Indonesia saat ini menjadi basis produksi, khususnya untuk pasar Asia Tenggara. Ketika ada sepeda motor baru, tentu ada yang bekas. Banyak alasan ketika seseorang mengganti sepeda motor lamanya, dengan yang baru. Bisa jadi lantaran desain dan spesifikasi teknis sepeda motor baru yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya.


Peluang yang cukup menjanjikan di lingkup sepeda motor bekas ini ditangkap oleh pemain baru, Otomoto Indonesia. Sebuah platform, aplikasi online untuk para pengguna sepeda motor. Di tengah perjalanannya, Otomoto Indonesia meluncurkan layanan baru, untuk membantu proses transaksi jual-beli dan tukar tambah sepeda motor, yang diberi nama 'Jubelmoto'.


Prosesi peluncuran Jubelmoto yang sebenarnya sudah beroperasi sejak 12 Februari 2019 ini dilakukan di 91st Street Akmani Hotel, Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

Susi Irawaty, Head of Operation Otomoto Indonesia menjelaskan tentang Jubelmoto.

"Otomoto Indonesia memahami berbagai kendala yang dihadapi dalam transaksi jual-beli motor. Di antaranya bagaimana menentukan acuan harga pasar, dan memastikan harga yang disepakati, sesuai kondisi motor," ujar Susi Irawaty, Head of Operation Otomoto Indonesia.


Menurut perempuan ramah ini, jika tidak sesuai, dua hal tersebut kiranya bisa berakibat merugikan penjual maupun pembeli saat bertransaksi. Karena itu Jubelmoto hadir demi mengoptimalkan fungsi dua fitur tersebut.


"Yakni Price Engine dan Smart Inspection," tukas Susi. Fitur Price Engine membantu penjual dan pembeli untuk mengetahui prakiraan harga pasar motor berdasarkan data motor, tahun pembuatan, jumlah kilometer dan lokasi.


Sedangkan fitur Smart Inspection berfungi untuk melakukan pengecekan detail kondisi motor oleh mekanik ahli. "Dalam hal ini kami bermitra dengan sejumlah bengkel resmi, seperti bengkel AHASS dan Yamaha," tandasnya.


Arto Budiarto, selaku Local Brand Activist sangat mendukung kehadiran layanan Jubelmoto yang dilakukan Otomoto Indonesia. "Menurut saya ini sangat bagus, sehingga tak ada lagi yang dirugikan, baik penjual maupun pembeli," sergahnya.


Malah Arto menyarankan, ke depannya juga berlaku konsep seperti ini untuk jual-beli motor modifikasi atau motor custom. "Saat ini juga kan sangat banyak beredar motor custom, mungkin bisa juga diterapkan seperti ini," ucapnya.


Ali, salah seorang driver Ojek Online (Ojol) mengaku sudah memanfaatkan platform Jubelmoto. "Saya trade in sepeda motor bekas saya dengan yang baru. Ternyata bisa juga lewat platform Jubelmoto," ujarnya.


Ia pun berharap fitur-fitur layanan di Jubelmoto dapat semakin dilengkapi dan dipermudah. "Mungkin ke depannya saya akan mengajak teman-teman ojol untuk memanfaatkan aplikasi Jubelmoto," pungkasnya.


Naskah & Foto : Wave