• Editor

Jumlah Kelulusan Ujian SIM di Pati Naik 10% Setelah PIJAR SIM Diluncurkan

"Pernah terjadi, dari rata-rata pemohon SIM per hari 60 - 80 orang, semuanya tidak lolos ujian praktik. Tapi saat ini, pemohon SIM yang lulus ujian ada kenaikan kurang lebih 10%." (Aiptu M. Riva’i, SH., selaku Baur SIM Satpas Satlantas Polres Pati)

Masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan fasilitas layanan PIJAR SIM ini, padahal program ini sangat membantu dan bermanfaat.


Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, mengingat banyak sekali pemohon SIM yang gagal ujian praktik, beberapa waktu lalu (10/03/2020), Satpas Satlantas Polres Pati meluncurkan program PIJAR SIM ( Pelatihan Uji Praktik SIM).


Program ini boleh dikata semacam pelatihan ujian praktik SIM. Calon pemohon diberikan kesempatan untuk berlatih terlebih dahulu, sebelum mengikuti ujian yang sesungguhnya. Menariknya selain pelatihan ini dilakukan di bawah pengawasan para penguji SIM, peserta juga bebas berlatih dan mencoba beberapa kali secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun!


Menurut Aiptu M. Riva’i, SH., selaku Baur SIM Satpas Satlantas Polres Pati, masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan fasilitas layanan PIJAR SIM ini. Padahal program ini sangat membantu dan bermanfaat.


"Pernah terjadi, dari rata-rata pemohon SIM per hari 60 - 80 orang, semuanya tidak lolos ujian praktik", tutur M. Riva’i. "Tapi saat ini, pemohon SIM yang lulus ujian ada kenaikan kurang lebih 10%. Ini menunjukkan program PIJAR SIM ini ada hasilnya."


Hal ini dibenarkan Iqbal Maulana. Pemohon SIM C asal Wedarijaksa ini akhirnya lulus setelah sebelumnya 3 kali bola-balik mengulang ujian praktik. Dan setelah mengikuti program ini, Iqbal merasakan manfaatnya.

Latihan di bawah pengawasan penguji, tanpa dipungut biaya.


"Kita dapat berlatih terlebih dulu dan diawasi oleh penguji, sehingga saat ujian yang sesungguhnya jadi terasa lebih mudah," papar Iqbal.

Nah, bagi warga masyarakat Kabupaten Pati yang ingin mengikuti Program PIJAR SIM (Pelatihan Ujian Praktik SIM) silahkan langsung daftar di Satpas SIM Polres Pati dan sekali lagi tidak dipungut biaya sama sekali. Layanan Program PIJAR SIM ini mulai hari Senin sampai Jumat, dari pukul 14.00 Wib – 16.30 WIb di kantor Satpas SIM Polres Pati, setelah waktu pelayanan SIM selesai.


SIM RAMAH

Selain PIJAR SIM, Satpas SIM Polres Pati Juga memiliki program andalan lainnya yaitu SIM RAMAH (SIM Antar Sampai Rumah). Program ini dimulai dari saat material bahan SIM habis seperti tahun lalu, dikarenakan adanya keterlambatan pengiriman stok bahan material SIM dari Korlantas Polri.

Kasat Lantas Polres Pati AKP. Sarwoko, SH. MH. saat launching PIJAR SIM dan SIM RAMAH (10/03/2020) lalu.


Kapolres Pati AKBP. Arie Prasetya Syafaat, S.I.K melalui Kasat Lantas Polres Pati AKP. Sarwoko, SH. MH., menyampaikan, saat ini pelayanan publik di Satpas Polres Pati harus sesuai standar pelayanan publik yang telah diatur UU nomor 15 Tahun 2014 dan UU nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Juga sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang UU LAJ dan PERKAP No. 9 Tahun 2012 tentang SIM.


Dengan program ini, setelah SIM jadi akan diantar oleh petugas (Bhabinkamtibmas Polsek setempat) langsung ke rumah pemohon. Sehingga pemohon tak perlu datang di Satpas SIM Polres Pati untuk ambil SIM, karena sudah ada petugas yang mengantar sampai rumah.


Teks: dJansen

Foto: dJansen / istimewa

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online