• Editor

Karena Harga Miliaran, Pria Italia Ini Nekat Bikin Brough Superior 'KW'

Teks & Foto: Onno “Berserk” Wieringa untuk Otoplus-Online

www.madnessphotography.nl

“Ide membangun atau meng-custom Brough Superior bisa dibilang mimpi yang tak mungkin terwujud. Siapa sih yang cukup gila merombak motor langka era 1920-an ini? Nggak ada deh... Apalagi harganya tembus 250.000 Euro (setara Rp 4 milyar) lebih!”

Jadi, satu-satunya cara untuk mewujudkan mimpi ini adalah membangun sendiri Brough Superior, seperti yang dilakukan Stefano Martinelli, owner PDF Motociclette custom garage yang ada di Bergamo, Italia.

Bermodal komponen motor lawas yang sudah tak dipakainya lagi, dan juga berbekal kemampuan tangan dinginnya, Stefano membikin sendiri parts yang dia butuhkan.

“Dari sinilah ide untuk memberi nama motor ini Gatsby muncul. Sebab motor ini terinspirasi periode Art Deco, dan Gatsby (atau The Great Gatsby, novel legendaris karya penulis Amerika, F. Scott Fitzgerald yang rilis 1920, Red.) adalah salah satu karakter yang populer saat itu,” jelas Stefano.

Mengusung basis mesin Harley-Davidson Ironhead Sportster 1982 dan unit transmisi yang nganggur di bengkelnya, plus suspensi bagian depan ‘Castle’ Brough Superior yang terbilang langka, Stefano pun mulai memeras otaknya. “Bisa dibilang proyek ini adalah gabungan antara Harley-Davidson and Brough Superior,” jelas Stefano.

Untuk frame mengambil dari H-D Sportster Ironhead yang dimodifikasi menjadi hardtail, dan bisa mengakomodasi mesin standar H-D Sportster 1982 1.000cc.

“Secara tampilan dan teknik, mesin ini tidak terlalu beda dengan yang dipakai Brough SS100 1925 yang menggunakan overhead-valve berdesain baru dari JAP V-twin engine 980cc. Jadi menurut saya menggunakan mesin Sportster Ironhead adalah yang paling menyerupai Brough. Selanjutnya kami hanya membuat cover dan pernak-pernik antik dan potongan-potongan kecil untuk mesin, termasuk intake yang cocok dengan desain mufflers.

Sementara untuk tangki bahan bakar didesain sendiri oleh Stefano, dengan inspirasi mengambil dari motor yang dibuat di era Art Deco yang mencapai puncak keemasannya era 1920s dan 1930.

Tak mudah untuk mewujudkannya. Stefano butuh kesabaran memainkan palu untuk menempa lembaran plat hingga membentuk tangki yang diinginkannya, hingga menyerupai punya Brough. Pasti pendiri pabrikan asal Inggris ini, George Brough, bangga dengan hasil ini.

“Setiap selesai mengerjakan satu bagian, saya selalu pandangi motor, untuk melihat hasilnya. Dan begitu bentuk sudah mulai tampak, saya langsung teringat Brough Superior racer! Motor keren yang dipakai balap di Bonneville dengan tebeng angin kecilnya itu,” sergah Stefano...

Tak kalah susahnya ketika membuat setang. “Butuh beberapa kali proses trial and error. Sangat susah untuk membuat bentuk yang pas dengan desain motor,” kata Stefano yang juga sangat bangga dengan sadel yang terpasang.

“Sangat sulit didapat karena langka dan asli bawaan H-D 1940. Saya temukan sadel itu di Veterama, Mannheim sebuah pasar jongkok untuk komunitas pecinta motor klasik,” bangga Stefano.

Spesifikasi:

General

Owner: Stefano Martinelli - Roberto Corti, Builder: H-D Make: PDF, Model: Sportster Ironhead

Engine Make: H-D 1000 cc, Year: 1982, Builder: H-D, Displacement: 1000cc, Carburator: CV, Airfilter housing: PDF Motociclette, Ignition: OEM H-D, Exhaust: PDF Motociclette

Transmission

Year: 1982, Make: H-D, Type: Stock 4-Speed, Clutch: OEM H-D, Primary drive: chain, Primary case: OEM H-D Sportster, Final drive: chain

Frame: H-D Ironhead, modified to hardtail by PDF, Year: 1982, Builder / Make: H-D - PDF Modified, Rake: Stock

Front- end

Make: Castle Brough Superior, Type: Board Tracker style Springer, Length: OEM Brough, Front wheel

Make: PDF, Type: Spoke wheel, Size: 21”, Rim: stock, Spokes: 40, Hub: PDF, Brakes: No, Tyre: Board tracker

Rear wheel

Make: PDF, Type: Special Speed, Size: 21”, Rim: stock, Brakes: Moto Guzzi a Tamburo drum brake, Tyre: Board tracker

Accessoires

Rear fender: PDF, Fender supports: PDF, Fuel tank: PDF, hand made, Handlebars: PDF, Headlight: unknown, vintage, Taillight: unknown, vintage, Tacho meter: Smith 5 inch, Seat: H-D, a genuine vintage 1940 solo seat, Footrests: H-D, Oiltank: Guidetti, Milano,

Paintjob

Colour: Black- Gold & Steel, Paint: PDF, Painter: PDF


PDF MOTOCICLETTE

Contact: Stefano Martinelli

Via Grumello 61, 24127 Bergamo, Italy

Phone: 0039 3394 178 295

Email: pdfmotociclette@gmail.com