• Editor

Kenapa Harga Bekas Mitsubishi Xpander Tetap Stabil?


OTOPLUS-ONLINE I Berbekal catatan akhir tahun 2020, geliat pasar mobil bekas (mobkas) di Tanah Air tampak kembali menunjukkan gairah. Walaupun sama-sama kita ketahui, Indonesia sementara masih berada di tengah kondisi pandemi Covid-19.


Bisa dilihat dari penjualan mobkas di segmen kendaraan keluarga, atau Small MPV. Salah satunya adalah Mitsubishi Xpander, dimana mobil ini pertama kali diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Harga Mitsubishi Xpander ketika pertama kali diluncurkan, untuk varian terendah tipe GLX Rp189,050 juta


Sebagai gambaran awal, harga Mitsubishi Xpander ketika pertama kali diluncurkan, untuk varian terendah tipe GLX mencapai Rp189,050 juta, tipe GLS Rp208,550 juta, tipe Exceed MT Rp214,550 juta, Exceed AT Rp224,950 juta, tipe Sport Rp237,150 juta, dan tipe teratas Ultimate dipatok harga Rp245,350 juta.


Kembali bicara mobkas, Mitsubishi Xpander sebagai model yang telah diperkenalkan dalam lima varian ini diklaim memiliki harga purna jual yang tergolong stabil. Sebagai contoh, Mitsubishi Xpander keluaran tahun 2017, dipasarkan pada kisaran harga Rp180 jutaan, dengan kondisi yang masih bagus dan mulus.


Sementara mengacu pada riset internal yang dilakukan MMKSI menyebutkan, harga varian Mitsubishi Xpander bekas rakitan 2018 dan 2017 turun masing-masing 17,1% sampai 20,3%. Sedangkan produksi tahun 2019, turun sebesar 14,8%. Sebagai gambaran, harga tersebut lebih rendah ketimbang kompetitor di segmen yang sama, dengan umur satu tahun.

Mitsubishi Xpander sebagai model yang telah diperkenalkan dalam lima varian ini diklaim memiliki harga purna jual yang tergolong stabil


Alhasil, kondisi tersebut membuat MMKSI mengantongi penghargaan untuk Mitsubishi Xpander, sebagai mobil terbaik sekaligus mobil dengan harga jual kembali terbaik, di kategori Small MPV.


Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI beberapa waktu lalu mengungkapkan, Xpander lahir dari harapan dan keinginan masyarakat Indonesia akan mobil MPV kecil yang ideal.


“Beberapa penghargaan mobil terbaik yang diterima Xpander membuktikan, kalau fitur, ragam layanan purna jual, dan kemudahan biaya kepemilikannya sangat relevan. Sesuai ekspektasi, dan kebutuhan masyarakat Indonesia,” urainya.

MMKSI kantongi penghargaan untuk Mitsubishi Xpander sebagai mobil dengan harga jual kembali terbaik kategori Small MPV


Tentu bukan tanpa alasan, ketika Mitsubishi Xpander memiliki harga jual kembali yang stabil. Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group MMKSI mengatakan, ketika Xpander hanya sedikit mengalami depresiasi, salah satunya karena desain mobil ini cukup diminati sebagian besar konsumen keluarga di Indonesia.

“Sebenarnya, untuk menjaga kestabilan harga jual kembali kendaraan, kuncinya adalah terletak pada kualitas produk, serta ketersediaan layanan purna jual. Mitsubishi memiliki hal itu.” (Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group MMKSI).

Lebih lanjut dikatakannya, demi memastikan fungsi dari tiap komponen yang ada pada kendaraan bekerja secara normal, tentunya dibutuhkan pengecekan. Baik melalui perawatan berkala di bengkel resmi, maupun secara mandiri oleh pengguna terhadap kendaraannya.


Menurut Boediarto, calon pembeli mobkas umumnya kerap menjadikan parameter tersebut, untuk mengukur kualitas kendaraan. “Artinya dengan selalu melakukan perawatan di bengkel resmi, mobil Mitsubishi Xpander Anda akan memiliki histori perawatan yang terdokumentasi dengan baik. Otomatis juga dapat membantu mendongkrak harga jual berikutnya,” pungkasnya.


Teks: Setiawan AS

Foto: MMKSI

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.