• Editor

Kerosin Burner

Kawasaki Z800 2015 (Smoked Garage).

Custom project berbasis Kawasaki Z800 2015 ini berawal dari kunjungan salah satu klien (JO) yang ingin melepas semua bodi plastik dari motor, karena dirasa kurang pas dengan keinginannya. Mereka pun kemudian duduk bareng, sambil ngobrolin Z800, sampai akhirnya muncul titik terang setelah menyadari bahwa keluarga Kawasaki seri Z ini adalah rajanya trek balap di era 1980-an.

“Dari sini kemudian kami banyak melihat-lihat motor balap era itu. Bisa Anda bayangkan betapa banyak foto motor dengan desain yang berbeda. Tapi yang jelas, desain yang kami inginkan adalah perpaduan dari teknologi moderen, tapi dengan garis desain klasik,” sambut Nicko Eigert dari Smoked Garage sambil menambahkan, desain yang diinginkan adalah tampilan flat tracker dengan garis desain kotak dan tajam menyerupai tank berbalut decals!

“Untuk mewujudkannya, kami coba memasang-masangkan spare parts berbeda yang ada di workshop, karena kami juga terbatas soal budget. Ini tantangan berat yang kami hadapi. Tapi semua itu bisa kami lalui, meskipun semua dikerjakan dari nol hingga akhirnya semua parts bisa terpasang dengan baik dan terlihat pas. Dan akhirnya motor ini pun bisa segera kami bawa ke trek untuk dicoba,” puas Nicko yang memberi julukan khusus untuk motor ini, Kerosin Burner!

Rangka & Kaki-Kaki

Perubahan pada rangka ada di bagian sub-frame belakang, yang dirancang sesuai dengan jok model single seater. “Ubahan ini mengharuskan kami menggeser posisi monoshock (agar bisa bekerja dengan baik), karena kami sekaligus memasangkan komponen suspensi motocross ke monoshock baru Nitron yang dilengkapi tabung gas.


“Tantangan yang kami hadapi adalah bagaimana membuat sendiri pelek tersebut, supaya menyerupai pelek classic keluaran Morris. Cukup lama kami mondar-mandir berdiskusi dengan tim CNC kami,” kisah Nicko.


Bodi

Untuk desain bodi aluminium ringan ini, tim Smoked Garage membuatnya berdasarkan sketsa yang dibuat awal, tanpa ada bantuan CAD.

“Kami hanya menggunakan foam karena sangat mudah untuk ditambahi atau dikurangi sesuai keinginan, dan bahkan bisa dicat,” ulas Nicko sambil menambahkan tanda tangan pada bodi belakang itu adalah punya head engineer bengkel (Gus Wi) yang buka di Bali dan Australia ini. “Dia punya peran besar dalam proyek ini.”

Detail kecil seperti tutup tangki gaya balap juga cukup menyita waktu. Terutama saat mengubah lempengan aluminium yang dibentuk sedikit demi sedikit sampai ketemu dimensi dan desain yang tepat.

Begitu pula dengan headlight berupa LED yang mengintip dari sela-sela pelat untuk nomor yang didesain menyerupai motor balap di kejuaraan AMA Superbike awal 1980-an.


Agar makin terang untuk perjalanan malam hari lampu LED ini didukung pula dengan headlight sorot yang terpasang di bagian samping kiri.


“Angka 19 itu merupakan lucky number kami untuk motor ini. Kami pilih 19 karena sesuai dengan tangki (dan tentu saja bidang pelat nomor), juga terlihat pas ketika angka itu dipasangkan di bodi bagian belakang,” tunjuk Nicko.


Data Modifikasi

Pelek: custom Lampu depan: custom Tangki cadangan radiator: custom Raiser setang: custom Tangki bahan bakar: custom Fuel tank lid: custom Kotak filter udara: custom Sub-frame: custom Kotak aki: custom Panel belakang: custom

Lampu rem: custom Suspensi belakang: custom Knalpot: custom


Smoked | Garage | Bali | Australia

www.smokedgarage.com Facebook: smoked garage custom motorcycle Instagram : smoked_garage Address : Jalan Raya Kerobokan no5x, Kuta Utara Bali Indonesia Mobile: +6282144008483 Tel: +62361 733062 Email: nicko_eigert@hotmail.com


Smoked | Australia

Address: Shop 3/531 Kessels Rd Macgregor 4109 Website: sovereigntysmokedbikes.com.au Email: shane@sovereignty.net.au Mobile: 0407116244 Phone: 0733438088


Foto: Speed People for OTOPLUS-ONLINE