• Editor

Kesiapan Sirkuit Mandalika Gelar MotoGP 2022 Jadi Perhatian Besar Presiden Jokowi

Presiden Jokowi lakukan peninjauan kesiapan seluruh fasilitas, mulai bandara, protokol kesehatan, akses jalan, penginapan, hingga UMKM pendukung.

OTOPLUS-ONLINE I Presiden Joko Widodo menaruh perhatian sangat besar terhadap kesuksesan gelaran MotoGP di Mandalika International Street Circuit.


Sesuai dengan kalender yang telah ditetapkan FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) selaku federasi balap motor internasional, dan Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP, Sirkuit Mandalika akan dipakai sebagai tempat tes pra musim atau pre season test pada 11-13 Februari 2022 mendatang.


Dilanjutkan kemudian pada 18-20 Maret 2022, Sirkuit Mandalika kembali menggelar Grand Prix of Indonesia yang merupakan putaran ke-2 setelah Grand Prix of Qatar, dan masuk ke dalam MotoGP Series 2022.

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Nusa Tenggara Barat, dalam rangka kunjungan kerja, pada Kamis, 13 Januari 2022. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)


Untuk itu, Kepala Negara bersama rombongan terbatas bertolak menuju Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Kamis, 13 Januari 2022, dalam rangka kunjungan kerja untuk meninjau kesiapan penyelenggaraan event akbar ini, termasuk fasilitas pendukungnya.


Setibanya di Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, Presiden Jokowi meninjau sejumlah fasilitas bandara yang akan digunakan oleh para peserta dan penonton MotoGP 2022.


Tampak Presiden meninjau beberapa fasilitas, di antaranya adalah pos pemeriksaan suhu dan kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau e-HAC, pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, dan pos pemeriksaan bea cukai.

Tinjau fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (Foto: BPMI Setpres/Rusman)


“Tadi saya cek langsung kedatangan di bandara, kemudian proses yang ada di dalam bandara. Saya lihat semuanya yang berkaitan dengan protokol kesehatan, yang terkait dengan cek untuk PCR, cek bahwa sudah vaksin dua kali, semuanya urut-urutannya sudah bagus,” ucap Presiden.


Usai peninjauan, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah. Pada kesempatan ini Presiden meninjau kesiapan jalur bypass menuju KEK Mandalika dan sejumlah fasilitas pendukung yang ada di KEK Mandalika.

Jajal jalur bypass dari Bandara Lombok menuju KEK Mandalika (Foto: Humas Setkab/Rahmat)


Menariknya Presiden Jokowi kembali menggunakan sepeda motor custom miliknya dalam peninjauan dari satu titik ke titik lainnya. Termasuk saat menjajal jalur bypass dari Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Majid menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.


“Kita harapkan dari airport menuju ke Mandalika, ke Sirkuit Mandalika itu betul-betul tamu diantarkan pada keindahan, pada estetika yang baik. Oleh sebab itu, ini harus disiapkan. Dan minta tadi dalam bulan Februari semuanya sudah bisa diselesaikan,” kata Presiden

Kunjungi lokasi sarhunta berupa homestay di Lombok (Foto: BPMI Setpres/Rusman)


Tak hanya itu saja, Presiden juga meninjau penataan sejumlah infrastruktur di Mandalika. Salah satunya adalah sarana hunian pariwisata (sarhunta) berupa homestay yang berlokasi di Desa Gerupuk, Kabupaten Lombok Tengah.


.Presiden menyebut, gelaran balap motor kelas dunia tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.


“Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor tetapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Oleh sebab itu, beberapa desa di sekitar Sirkuit Mandalika telah dibangun homestay yang dibantu dari pemerintah pusat, disiapkan oleh pemerintah daerah,” ujar Presiden.

Lokasi sarana hunian pariwisata (sarhunta) berupa homestay di Dusun Ebangah dan Gerupuk, Desa Sengkol, Kabupaten Lombok Tengah (Foto: BPMI Setpres/Rusman)


Guna mendukung gelaran MotoGP 2022, Kementerian PUPR telah melakukan pembenahan 915 unit di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika yang terdiri atas 398 homestay dan 517 rumah swadaya. Sarhunta tersebut dapat menjadi alternatif akomodasi para wisatawan yang datang bekunjung guna menikmati ajang MotoGP.


Sarhunta yang dibangun oleh pemerintah telah dilengkapi oleh sejumlah fasilitas penginapan seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan kamar mandi dalam. Selain itu, hunian dalam sarhunta tersebut juga telah mendapatkan sertifikasi cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan pada Peluncuran InJourney Holding Pariwisata dan Pendukung di Pantai Kuta Mandalika (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr, Humas Setkab/Rahmat)


Di sela kunjungan ini, Presiden Jokowi menyempatkan pula hadir pada peresmian Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung 'Injourney' di Mandalika di Pantai Kuta Mandalika.


Pada kesempatan itu Presiden menegaskan pentingnya pembentukan induk perusahaan (holding) pada perusahaan BUMN), salah satunya dalam bidang pariwisata dan pendukung, sehingga pengelolaan akan dapat dilakukan secara lebih efisien dan terintegrasi dari hulu sampai ke hilir.

Presiden dan rombongan bermotor meneruskan kunjungan menuju sirkuit Mandalika (Foto: Humas Setkab/Rahmat)


Presiden kemudian melanjutkan kunjungannya meninjau kesiapan fasilitas dan organisasi yang terlibat dalam penyelenggaraan MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika.


“Saya juga cek di sirkuit, terutama kesiapan organisasi dalam menghadapi nanti MotoGP di Maret,” ujar Presiden dalam keterangan pers usai peninjauan.

Meninjau kesiapan fasilitas dan organisasi yang terlibat dalam penyelenggaraan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)


Selain sirkuit, Presiden menyampaikan bahwa fasilitas transportasi dan akomodasi hingga protokol kesehatan bagi para pembalap, ofisial, dan juga penonton MotoGP juga dipersiapkan dengan baik. Begitu juga terkait penanganan logistik untuk keperluan balapan.


“Kesulitan-kesulitan apa yang dihadapi, akomodasi seperti apa, kesiapan transportasi, hotel, pesawat seperti apa, semuanya kita tadi cek satu per satu. Insyaallah semuanya dalam kondisi siap,” ujarnya.

Presiden dan rombongan meninjau Bukit 360 di tikungan 10 Sirkuit Internasional Mandalika (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)


Tak ketinggalan, penataan lanskap di sekitar kawasan yang mendukung wajah baru dari Mandalika. “Sudah mulai dipercantik dengan bunga-bunga, di titik-titik tertentu juga dihijaukan kembali, sehingga pada saat tamu-tamu datang dari airport menuju ke Mandalika sudah kelihatan lebih cantik dan lebih indah,” tandasnya.

Lintasan pada Sirkuit Mandalika (Foto: Humas Setkab/Fitri)


Untuk diketahui, Sirkuit Internasional Mandalika memiliki total kapasitas penonton sebanyak 63.534 orang per hari, yang terdiri dari kategori Premiere Class, Deluxe Class, Premium Grandstand, Standard Grandstand, dan General Admission. Pembangunan fasilitas tersebut ditargetkan rampung pada pertengahan Maret 2022.

Presiden Joko Widodo saat mencoba sepatu produksi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan UMKM Bazaar Mandalika (Foto: Humas Setkab/Rahmat, BPMI Setpres/Muchlis Jr)


Presiden juga menyempatkan kunjungan ke Bazaar Mandalika, sebuah kawasan UMKM yang jadi wadah berkumpulnya pelaku usaha mikro dan kecil sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Bazaar tersebut akan menjadi destinasi wisata baru bagi para wisatawan yang berkunjung ke Mandalika.


Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana pada kunjungan ini adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, dan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto.


Presiden Jokowi Pamerkan Jaket G20 Indonesia Buatan Dalam Negeri

Presiden Jokowi memakai jaket lokal buatan Rabbit and Wheels, Bandung bertemakan G20 Indonesia yang merupakan edisi terbatas (Foto: BPMI Setpres)

Hal menarik lain yang jadi sorotan media pada kunjungan Presiden Jokowi ke sirkuit Mandalikan ini adalah jaket bertema G20 Indonesia yang dikenakannya saat berkendara motor selama peninjauan.


Jaket berwarna dominan hitam dengan sedikit aksen warna hijau tua di bagian lengan dan bahu yang dipakai Presiden ini buatan Rabbit and Wheels, produsen lokal asal Kota Bandung, dan merupakan edisi terbatas.


Di bagian depan jaket tersebut, terbentang tulisan G20 Indonesia 2022 dengan slogannya 'Recover Together, Recover Stronger' tersemat di bagian dada sebelah kiri. Sementara di bagian dada sebelah kanan terdapat logo produsen jaket.


Logo G20 Indonesia, gunungan dengan motif kawung, yang sangat besar di bagian punggungnya menambah kesan gagah saat dipakai oleh Presiden Jokowi. Di atasnya terbentang tulisan dengan slogan tegas nan optimistis: 'Indonesia Memimpin'.


Pemilik Rabbit and Wheels, Irvan Octria, mengatakan bahwa desain tersebut berikut kata-kata yang menempel pada jaket merupakan permintaan Presiden Jokowi sendiri. Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga meminta detail lain berupa angka 76 sebagai tanda usia kemerdekaan RI.


“Bapak meminta angka 76 di bawah bagian jaket sebagai tanda 76 tahun Indonesia merdeka. Dibordir di atas bahan double mesh dengan warna hijau dan hitam dan pola jaket Rabbit and Wheels yang akan cocok digunakan saat mengendarai motor custom Bapak Presiden,” ujar Irvan.


Irvan mengatakan jaket tersebut hanya dibuat satu, khusus untuk Presiden Jokowi dan jaket yang serupa persis tidak bisa dipesan oleh masyarakat umum. Namun, Irvan menyebut pihaknya sudah menyiapkan jaket yang menyerupainya bila ada masyarakat yang menginginkan.


“Kita siapkan yang edisi menyerupai layout (jaket) Bapak tetapi berbeda desain. Kayak MotoGP, yang dipakai pembalap sama yang fans ada bedanya,” tandasnya.

Jaket bertema G20 Indonesia ini hanya dibuat satu, khusus untuk Presiden (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Selain jaket, seluruh pakaian dan kelengkapan yang dikenakan Presiden Jokowi juga merupakan produk karya anak bangsa. Helmnya dibuat oleh RSV Helmet, produsen asal Bandung. Sarung tangannya merupakan buatan Bellissimo asal Tangerang.


Sementara itu, celananya merupakan celana khusus berkendara motor hasil produksi Continmoto asal Cimahi, Jawa Barat. Adapun sepatunya merupakan produk Nah Project asal Bandung.


Teks: Indramawan

Sumber: Sekretariat Kabinet RI