top of page
  • Gambar penulisEditor

Keunggulan Electric Parking Brake Peugeot SUV

Electronic Parking Brake (EPB) mengandalkan switch elektronik untuk mengaktifkan fungsi handbrake.

Electronic Parking Brake di Peugeot SUV


OTOPLUS ONLINE I Handbrake atau rem tangan biasanya akan diaktifkan ketika pengemudi ingin berhenti sejenak saat parkir atau berhenti di jalan menanjak. Rem tangan yang dulunya diaktifkan dengan menarik tuas kini tergantikan lewat penggunaan electronic parking brake (EPB) yang mengandalkan switch elektronik untuk mengaktifkan fungsi handbrake.

Motor listrik menyatu dengan kaliper rem belakang.


Saat fitur EPB mulai jamak dijumpai setidaknya 3 tahun belakangan, “Fitur electronic parking brake Peugeot sudah ada di Peugeot sejak 2010,” ungkap Rafii Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot Sunter. Konstruksi awal handbrake electric di produk Peugeot memposisikan motor listrik di bawah switch handbrake. Motor listrik lantas menggerakkan kabel untuk menarik atau menggerakkan kaliper rem belakang.



Di Peugeot keluaran terbaru seperti 3008 SUV, 5008 SUV atau 2008 SUV mengadopsi konstruksi lebih simpel dimana motor listrik pengunci rem belakang menyatu dengan kaliper rem di kedua roda belakang. Motor listrik tersebut terhubung ke Electric Control Unit (ECU) utama sehingga, “Selain dapat diaktifkan dengan menekan switch, pengemudi juga dapat dengan memindahkan posisi transmisi ke D lalu menginjak pedal gas perlahan untuk menonaktifkannya,” terang Rafii.

Peugeot 5008 SUV keluaran awal sudah mengadopsi konstruksi EPB yang ringkas tersebut.


Lalu saat akan berhenti sejenak di jalan menanjak, pengemudi Peugeot SUV tak perlu khawatir apabila akan menonkatifkan fungsi EPB sebab mobil asal Prancis ini sudah dilengkapi dengan fitur Hill Assist Control yang akan mencegah kendaraan bergerak mundur ketika fungsi rem tangan dinonaktifkan.


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

bottom of page