• Editor

Kingland Axcero CTX 001 Penuntas Dahaga Ban Rim 12


Buat para penyuka dan pegiat balap Mini GP, kabar gembira di depan mata. Karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Jakarta yang ke-492, PT King Tire Indonesia (KTI), produsen ban Kingland, memperkenalkan produk ban balap Axcero CTX 001.

Buka selubung saat peluncuran Kingland Axcero CTX 001.

Prosesi perkenalan Kingland Axcero CTX 001 tersebut dilakukan di booth Kingland Tire Hall B2, pada ajang Pekan Raya Jakarta, JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Sabtu malam (22/06).


Ban balap Kingland Axcero CTX 001 merupakan ban rim 12”, diperkenalkan langsung satu set, ukuran 100/460 untuk ban depan, dan 120/475 untuk ban belakang.

Jajaran manajemen PT Kingland Tire Indonesia foto bersama Axcero CTX 001.

“Axcero CTX 001 diperkenalkan untuk para penyuka dan pegiat MiniGP, yang saat ini memang sedang banyak peminatnya,” terang M.Agung Yulianto, Brand and Product Specialist PT KTI.


Menurut Agung, sejumlah pegiat otomotif yang concern pada balap MiniGP menyampaikan uneg-uneg kepada PT KTI, yang memang sudah memproduksi ban Kingland sejak tahun 1977, untuk memproduksi ban rim 12”.


“Memang untuk ukuran ini, sejumlah kompetitor belum memproduksinya. Jadi kami berpikir, kasihan juga teman-teman pegiat MiniGP. Kalaupun ada ukuran tersebut, harganya masih tergolong mahal,” tambahnya.


Secara spek, Pihak Kingland Tire Indonesia menempatkan Axcero CTX 001 dalam kategori pasar Middle Up. Karena menggunakan kompon dan konstruksi yang didesain untuk spek di trek balap.

Sepasang Kingland Axcero CTX 001 yang terpasang pada unit MiniGP.

“Pada Axcero CTX 001, ada multi layer compound yang memang sudah kita riset dan rancang sesuai peruntukannya. Yakni rubber base untuk penahan panas, shoulder untuk absorbing dan stabilitas ban, serta crown untuk traksi yang lebih baik," ujar Agung.


Ban Kingland Axcero CTX 001 ini mulai resmi dipasarkan sekitar Agustus atau September tahun ini. Karena itu pihak KTI belum berani merilis harga resminya. “Yang kami tampilkan di booth ini masih prototype,” ucapnya.


Namun diperkirakan Agung dilansir pada kisaran Rp 750 ribu sepasang. “Kami pun optimis ban ini bisa diterima pasar. Mengingat ban Rim 12” juga dibutuhkan oleh Honda Scoopy dan Vespa,” tandasnya.


Naskah & Foto: Wave