• Editor

Komitmen Hyundai Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Menempatkan Hyundai Motor Company di peringkat lima teratas brand otomotif versi global brand ranking interbrand 2020.

Hyundai Motor Company terus mengembangkan nilai brand Hyundai secara global dan mutunya di antara perusahaan otomotif lain, sesuai dengan survei Best Global Brand Interbrand 2020. Survei tersebut menunjukkan nilai brand global Hyundai Motor naik 1 persen dari tahun ke tahun menjadi $14,3 miliar, menempati peringkat kelima di antara merek otomotif global dan peringkat ke-36 secara keseluruhan meskipun situasi pasar mengalami resesi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

"Peningkatan nilai sebuah brand dapat dikaitkan dengan ekspansi bisnis yang substansial terhadap mobilitas masa depan dan investasi berkelanjutan pada brandnya. Peningkatan brand Hyundai Motor Company didukung oleh peluncuran brand khusus EV, IONIQ," kata Mike Rocha, Brand Valuation Global Director Interbrand.

Peluncuran IONIQ sebagai brand khusus EV/ khusus mobil listrik, investasi dalam mobilitas masa depan dan brand, respon cepat ke pasar melalui saluran penjualan online, dan kegiatan kontribusi sosial; sehingga memperkuat brand perusahaan.


IONIQ sebagai brand khusus EV (electric vehicle) merupakan wujud komitmen Hyundai Motor terhadap elektrivikasi mobilitas. Dengan keberadaan IONIQ, perusahaan akan memanfaatkan pengetahuan manufaktur terkemuka di industri EV untuk memperkenalkan tiga model khusus baru selama empat tahun ke depan dengan model yang lebih inovatif. Penciptaan brand IONIQ merupakan tanggapan atas permintaan pasar yang berkembang pesat dan percepatan rencana Hyundai untuk memimpin pasar global kendaraan listrik.

Akhir tahun 2019 Hyundai telah mengumumkan rencana investasi US$ 1,55 miliar untuk mengembangkan EV di Indonesia dengan lokasi pabrik manufaktur di Kota Delta Mas - Bekasi, Indonesia. Pabrik tersebut akan menjadi manufaktur Hyundai terbesar di ASEAN dan pusat manufaktur pertama yang berbasis di kawasan ASEAN, yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021.

Hyundai Motors Indonesia bertekad mengembangkan ekosistem EV di Indonesia.


Dengan meningkatnya tren pengunaan EV di Indonesia, Hyundai akan memperkenalkan beberapa tipe mobil EV murni dalam waktu dekat. HMID berkomitmen untuk membangun tonggak sejarah baru sebagai game changer di ekosistem EV murni serta membawa Indonesia ke era elektrivikasi. Teks: Nugroho Sakri Yunarto Foto: Hyundai