top of page
  • Gambar penulisEditor

Komunitas Honda Jatim Binaan MPM Ikuti Seleksi Safety Riding Competition 2020


Tercatat ada 50 anggota dari beberapa komunitas motor Honda yang terdaftar sebagai anggota resmi klub motor MPM Motor Jatim mengikuti Safety Riding Day yang digelar PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor dan suku cadang Honda wilayah Jatim dan NTT (12/01) kemarin.

Kegiatan yang diadakan di MPM Learning Center, Sedati ini ternyata juga merupakan langkah awal untuk mencari bibit juara yang akan mengikuti Safety Riding Competition 2020.

Seperti dituturkan Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM. "Safety Riding Competition merupakan program pengembangan atau peningkatan skill anggota komunitas, sekaligus seleksi peserta untuk kompetisi level nasional. Diharapkan ke depan semakin banyak anggota komunitas menjadi pelopor keselamatan berkendara, sekaligus menjaga tradisi juara Safety Riding untuk Jawa Timur."


Ya, pada lomba ini diambil 5 pemenang yang memiliki nilai tertinggi berdasarkan beberapa uji kompetisi yang telah dijalani oleh para peserta, seperti uji narrow plank, uji braking dan slalom course.

Sesi pertama dilakukan dengan uji kemampuan pengereman dalam uji braking. Dalam uji ini peserta harus bisa menghentikan laju sepeda motornya dari kecepatan yang sudah ditentukan tanpa membuat roda terkunci.

Sedangkan kemampuan dalam menjaga keseimbangan dilakukan dengan uji Lowspeed Balance. Dalam uji kali ini para peserta harus berkendara melintasi papan titian dalam kecepatan sangat rendah tanpa menurunkan kaki dan tetap mempertahankan postur berkendara yang ideal.

Ujian lainnya yang menantang adalah ujian slalom course, di mana keterampilan berkendara diuji secara akurat dan cepat di lintasan yang dirancang khusus. Para peserta lomba tidak boleh menyentuh pembatas jalur pijakan kaki di aspal saat bermanuver.

Tiga sesi ujian inilah yang nantinya dijadikan catatan para juri untuk menentukan pemenang Safety Riding Competition.

Pemenang dalam kompetisi kali ini akan diberikan pelatihan dan pembekalan sebelum mengikuti kompetisi Safety Riding Nasional. Selain komunitas Honda, juga ada kompetisi untuk sekolah binaan safety riding.


Pemenang Safety Riding Competition For Community

Kategori Community Sport

Juara 1: Fachrizal ( KCS Surabaya )

Juara 2: M.Haffis Saputro ( Surabaya BeAt Club)

Juara 3: Cristian Endruw (Surabaya BeAt Club)


Kategori Community Matic

Juara 1: Ferina eky (Jember Beat Club )

Juara 2: Serly (Scoopy Surabaya Community )


Kategori Sekolah Binaan Safety Riding

Juara 1: SMA Gedangan


Teks: Indramawan

Foto: MPM

bottom of page