• Editor

Konstruksi Suspensi FreeGo Tiga Roda Ini Mirip Tricity


Ini bukan skutik pertama Nyoman yang dimodifikasi jadi three wheeler. “Sebelumnya saya sudah pernah punya Mio yang dimodifkasi jadi three wheeler juga,” tukas pemilik nama lengkap Nyoman Sujana ini.


Menurut warga Sayan, Ubud, Bali ini, Yamaha Freego cocok banget menjadi bahan modifikasi, “Ada beragam fitur yang praktis yang memudahkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti letak lubang pengisian tangki di balik tebeng depan jadi gak perlu buka jok, bagasi dan dek lantai juga luas untuk membawa berbagai barang.”

  • Konstruksi suspensi depan tipe independen, seperti konstruksi suspensi Yamaha Tricity.

Modifikasinya diamanatkan kepada Bola Custom Garage, yang digawangi oleh I Kadek Suminarta, modifikator yang juga memodifikasi Mio Nyoman sebelumnya. Konstruksi suspensi depan tipe independen dengan model suspensi double wishbone, mirip konstruksi suspensi Yamaha Tricity dengan jarak pijak roda kompak, tidak terlalu lebar.

  • Suspensi model double wishbone terlihat rumit.

Konstruksi suspensinya menggunakan pipa besi untuk komponen batang suspensi dan potongan pelat besi sebagai tumpuannya. Untuk mekanisme kemudi Kadek mengandalkan ball joint. Modifikasi khususnya pada sektor suspensi di roda depan FreeGo ini melalui proses trial and error sampai didapatkan hasil yang diharapkan.

  • Mekanisme sistem kemudi mengandalkan ball joint.

Lantaran roda depan bertambah satu, sistem pengereman dimodifikasi dengan menambahkan terminal untuk membagi tekanan minyak hidraulis sama di kedua roda. Cakramnya mengandalkan bawaan asli FreeGo.

  • Lingkar roda dan komponen rem menggunakan milik Freego.

Tentu saja Kadek menambahkan satu set lagi cakram depan FreeGo untuk mengawal pasangan rodanya. Sementara kedua lingkar roda depan, dipasangi ban IRC NR82 berukuran 100/90-12 yang dipasangkan pada pelek ori FreeGo.

  • Cakram dan kaliper ini digunakan untuk membatasi kemiringan sudut suspensi saat berbelok.

Modifikasi three wheeler ini yang memakan waktu sekitar 3 bulan ini tak hanya membuat tampilan motor menjadi unik. Menurut Nyoman, modifikasi ini juga bisa dijadikan referensi sebagai model motor yang menjadi ramah untuk dikendarai oleh kaum difabel yang memiliki keterbatasan fisik.

Bengkel:

Bola Custom Garage

Linkungan Samplangan, Gianyar, Bali

0819933059187

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Yamaha DDS Bali

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.