• Editor

KTM RC250 Cafe Racer Version

(Minority Custom Motorcycles)

Custom project berbasis KTM RC250 2015 ini adalah pengalaman yang pertama bagi Jonathan Evan. “Kebetulan Ko Jimmy pengin sekali punya motor custom karena sepertinya custom culture mulai tumbuh di tempat tinggalnya yang ada di Maumere – NTT,” buka Jon sapaan akrab builder Minority Custom Motorcycles (MCM) Surabaya ini.

Yang menarik lagi menurut Jon, konsep yang diminta adalah café racer. “Enggak jauh dari kegemaran gas pol Ko Jimmy,” senyum Jon. Kiranya ini yang jadi alasan Ko Jimmy memilih KTM RC250, sportbike bikinan pabrikan Austria yang dikenal dengan motto Ready To Race.

Dan karena ini adalah pengalaman pertama meng-custom KTM, Jon merasa perlu beberapa kali mengubah desain agar motor benar-benar terkesan custom-look, tanpa menghilangkan DNA balapnya. Ya, inilah KTM RC250 Cafe Racer version dari MCM.


Rangka

Sebagai motor yang didesain sportbike, KTM RC250 memiliki stance agresif dari sananya. Tampak dari posisi berkendara yang menunduk dengan stang jepit bawaan yang didesain unik karena menjadi satu dengan T atas. Kesan balap semakin kental.

“Dari sini posisi rangka tidak kami ubah banyak. Hanya separo ke belakang yang kami sederhanakan, dan sedikit kami turunkan, agar pengendara tidak terlalu jinjit,” terang Jon.


Kaki-Kaki

Pelek bawaan menurut Jon sudah cukup oke modelnya. “Sesuai konsep café racer, kami permak ulang dengan mengubah warnanya, serta penambahan krom agar terlihat manis,” tunjuk Jon yang memilih ban Battlax spek 120/70-17 untuk depan dan 160/80-17 untuk belakang. Selain itu, untuk performa lebih baik, dilakukanlah penambahan kopling hidrolis.


Bodi

Sektor inilah yang jadi fokus rombakan. Bodi dibuat ulang seluruhnya dari pelat galvanis. “Kami buat banyak lekukan untuk menambahkan kesan sporty dan dinamis sekaligus elegan,” ujar Jon yang mengaku sempat mengalami kesulitan dengan wiring alias perkabelan.

Ya mengubah motor sport full fairing jadi café racer yang simple dan minimalis butuh cara tersendiri untuk menyembunyikan kabel, tanpa melakukan ubahan yang justru mengganggu sistem kelistrikan.


Sebagai finishing, dipilihlah warna oranye khas KTM pada seluruh body dengan stripping dinamis.


Data Modifikasi

Ban depan: Battlax 120/70-17 Ban belakang: Battlax 160/80-17 Pelek depan: orisinal Pelek belakang: orisinal Body: custom by MCM Tangki: custom by MCM Setir: orisinal Swingarm: orisinal Headlamp: aftermarket Fork depan: orisinal Shockbreaker belakang: orisinal Stoplamp: aftermarket Knalpot: Scorpion Builder: Minority Custom Motorcycle Alamat: Jl. Gunung Anyar Harapan ZA 21a, Surabaya IG: @minority_custom HP: 089677916303


Naskah: Indramawan

Foto: MCM for OTOPLUS-ONLINE