• Editor

Laporan Langsung dari Motor Bike Expo 2022 di Verona, Italia

Oleh: Onno Wieringa

OTOPLUS-ONLINE I Salah satu event internasional Motor Bike Expo 2022 di Verona, Italia yang sudah lama dinantikan akhirnya bisa digelar. Meski dengan segala protokol kesehatan COVID-19, kami dapat juga menikmati berbagai pameran motor custom yang sangat keren!

Terlepas dari peraturan dan regulasi yang selalu berubah, Tim MBE berhasil memanjakan kami para pecinta motor di akhir pekan.

Dimulai dari tiga aula pertama yang adalah surganya penggemar motor custom! Namun sebelum memasuki Hall 1, perhatian saya langsung tertuju pada potret mendiang Arlen Ness setinggi delapan meter yang dibuat oleh seniman Bo sebagai penghormatan kepada King of Custom tersebut!

Di aula yang kental dengan budaya custom yang... oh begitu Italia ini, saya menjumpai hampir semua builder terkenal, seperti Boccin, PDF, Siklus HZRD, American Dreams, Siklus Abnormal, Niko Bikes, Arnaud Marie, Stephan Grand, dan beberapa builder dan customizers termasuk custom painters seperti Zeus Custom Painting, DOX, dan seniman lainnya.

ASSO, Special Bikes tampak menghadirkan banyak koleksi motor custom ekstrem, beberapa di antaranya telah di-launching secara spektakuler.


Saya lihat Gallery Motorcycles, Mirko juga tampak menghadirkan proyek barunya, fusion side valve dengan sentuhan modern seperti rim brakes. Selanjutnya saya juga melihat kreasi indah dari Lari Motorcycles.


Beer dari Belanda menempati stan yang dipenuhi buku Chop Ride 'n Roll chopper culture, dan tak jauh dari situ ada beberapa pembuat chopper asal Norwegia yang hadir dengan motor bertema Edvard Grieg, dan chopper turbo yang sangat spektakuler.

Kemudian bagi Anda pecinta painting, ada momentum yang menarik ketika Ray Drea, mantan desainer Harley-Davidson di Amerika mempertunjukkan kebolehannya membuat lukisan yang indah di tempat.

Dengan bakat yang belum pernah ada sebelumnya, ia menciptakan satu demi satu karya seni yang indah. Bisa dilihat passion dan kejeliannya terhadap detail! Juga dari Amerika Serikat ada pelukis Darren McKeag yang melukis helm khusus.

Perhatian saya kemudian bergeser ke sudut ruangan yang sangat luas di mana dipajang mobil custom Amerika dan Hot Rods. tampak klub mobil Fifty Brothers hadir memamerkan mobil-mobil Amerika yang sangat keren sehingga sangat menyenangkan untuk cuci mata.


MBE Magazine Awards

Seperti setiap tahun, beberapa media dapat memilih motor custom yang menurut mereka paling bagus di pameran, dan mempersembahkan Magazine Awards yang sangat didambakan para builder atau pemilik motor.

Biker's Life Magazine misalnya yang memilih motor karya Gallery Motorcycles. Sementara editor Motociclismo lebih memilih motor dari Custom Creations, dan media online Moto.it memilih Yamaha T7 Raid.

Beda lagi dengan Moto dan Motosprint yang memilih motor buatan Devil's Garage. Tak ketinggalan DICE memilih PDF HD 4-valve racer, Lowride Magazine memilih motor bikinan Meccanicamente.

Sementara itu Classic Easyrider Magazine lebih memilih motor milik South Riders, Bikers Insider memilih motor Claudio Zoia, Chop Rock & Party memilih Lizard King Motorcycle.

Saya penasaran dengan piliha majalah Jepang yang sangat tekenal, Vibes. Ternyata mereka memilih Boccin BCC Custom Cycles.

Kemudian Kultriders magazine memilih Niko Bikes yang legendaris, dan terakhir Dream Machines magazine menentukan Swiss T4 Motorcycles sebagai pilihan mereka.

Paling dinanti adalah penentuan King of Custom pada hari Jumat, dan ternyata yang terpilih sebagai Best of Show adalah HD Iceracer Panhead, yang dibuat oleh Stephane Grand Swiss T4 Motorcycles!


Moped and Scooter Custom Contest

Minggu adalah hari yang menarik, ketika digelar Moped and Scooter Custom Contest yang diselenggarakan oleh Marcello Parimbelli. Ini adalah acara baru di MBE, yang didedikasikan untuk pecinta moped dan skuter.

Belasan moped dengan cepat menarik perhatian orang, berkat kreativitas modifikasi mereka. Mulai dari Honda Cub yang dicat dengan grafis GP Rothmans tahun 90-an, hingga skuter hitam matte dengan setang apehanger, hingga Piaggio Ciao dan Honda Monkey yang sangat keren. Salah satu yang difavoritkan adalah drag racer Honda, keren banget!

Namun ternyata Garelli III series yang mengubah Giacomo Zanetti menjadi motor vintage lah yang terpilih menjadi juara pertama! Di posisi kedua ada Ciao chopper moped Liliana Oliosi dengan beda hanya satu poin. Sementara skuter modifikasi Gianluca Giardina dengan apehanger menempati posisi ketiga.

Akhirnya, acara Lowride mengumumkan '20 Best in Show' di penghujung Minggu sore, dan setelah itu MBE 2022 berakhir.

Sampai jumpa lagi tahun depan di Motor Bike Expo, Verona Italy, dan catat tanggalnya, 26-29 Januari 2023!


Teks: Onno 'Berserk' Wieringa

Foto: G-Rat & Madnessphotography.nl