• Editor

Larangan Mudik Lebaran 2021 Tak Pengaruhi Penjualan Mobil

“Penjualan UMC Suzuki tertolong kebijakan relaksasi PPNBM hingga 100% yang diberlakukan Pemerintah mulai Maret 2021..." (Fredy Teguh, Sales Director PT United Motors Centre Suzuki Surabaya)

Suzuki Carry Pick up, selama dua tahun berturut-turut memberi kontribusi penjualan tertinggi


OTOPLUS-ONLINE I Larangan mudik lebaran 2021 tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah. Surat edaran itu dirilis oleh Satgas Penanganan Covid-19 bersama jajaran pemerintah terkait diantaranya Kementerian Perhubungan dan Polri 8/4/2021. Dalam surat edaran tersebut, masyarakat dilarang melakukan perjalanan mudik selama 6-17 Mei 2021.

Virtual Bukber bersama UMC Suzuki


Padahal seperti sudah tradisi, setiap lebaran penjualan mobil baru selalu melonjak.”Fenomena pandemi Covid memengaruhi sisi sosial dan ekonomi sehingga mengubah prioritas calon konsumen, termasuk pada momen lebaran saat ini,” ungkap Fredy Teguh, Sales Director PT United Motors Centre Suzuki (UMC), Surabaya yang diutarakan di sela acara UMC Virtual Bukber bersama perwakilan media Surabaya (5/5/2021).


Logikanya dengan adanya larangan mudik lebaran, seharusnya penjualan mobil akan turun. Namun kondisi yang terjadi anomali. “Penjualan UMC Suzuki saat ini tertolong oleh kebijakan relaksasi PPNBM hingga 100% yang diberlakukan pemerintah mulai Maret 2021. Dibandingkan tahun 2020, penjualan UMC hingga bulan Mei ini mengalami peningkatan sekitar 22%. Kondisinya saat ini hampir mendekati situasi di masa sebelum pandemi,” tambah Teguh.

Suzuki Ertiga penjualannya melonjak drastis sejak diberlakukannya relaksasi PPNBM


Disinggung mengenai kontributor penjualannya, “Suzuki Carry Pick-up tetap yang tertinggi dengan kontribusi penjualan sebesar 40% disusul Ertiga sebesar 25-30% lalu XL7 dengan kisaran kontribusi yang mendekati Ertiga,” urai Wiyarso Adiwibowo, Area Sales Manager PT UMC Suzuki.

Suzuki XL7 memberi kontribusi penjualan sekitar 25% dari seluruh penjualan UMC


Yuanita Christanti, Marketing Manager UMC Suzuki menambahkan kalau keikutsertaan UMC Suzuki di event Road to IIMS 2021 akhir April lalu memberi keyakinan akan membaiknya kondisi perekonomian nasional dan akan diikuti dengan meningkatnya penjualan. Pada event offline pertama tersebut, UMC berhasil mengumpulkan 32 SPK. “Fokus kami saat ini adalah bagaimana memenuhi SPK konsumen,” tukas Wiyarso.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto