• Editor

Launching Suzuki XL7 Surabaya: Sodorkan Kenyamanan dan Keunggulan Fitur


  • Darwin Wijaya (Group Head of Dealer Sales 4W PT Suzuki Indomobil Sales), Julius Purwanto (Head of Product Development 4W PT Suzuki Indomobil Sales), Fredy Teguh (Director of Sales & Marketing PT United Motors Centre), Ivonne (Branch Manager PT Sejahtera Buana Trada Jawa Timur) saat peluncuran XL7 di Surabaya (22/2).

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerja sama dengan PT United Motors Centre dan PT Sejahtera Buana Trada Jawa Timur selaku dealer utama meluncurkan secara eksklusif XL7 'The New Extraordinary SUV’ di Surabaya (22/2).

  • Bentuk belakang tampak identik dengan Suzuki Ertiga.

Suzuki XL7 yang dipasarkan mulai harga Rp 241,5 – 278 juta (OTR Jawa Timur) ini akan bersaing di segmen LSUV bersama Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cross.

  • Tampilan eksterior depan yang gagah dengan adanya muscular sweeping cross bar-front grille design.

Bagian samping dan belakang masih mencirikan Suzuki Ertiga yang menjadi basisnya. Beda utama ada pada moncong meliputi grille, headlamp, bumper, fender dan kap mesin. Grille-nya mengadopsi model muscular sweeping cross bar-front chrome grille design. Desainnya diadopsi dari bentuk Katana, pedang samurai Jepang.

  • Ground clearance naik 20 mm dibandingkan Suzuki Ertiga yang menjadi basisnya menjadi 200 mm.

  • Under protector moulding yang melindungi bodi dari percikan kerikil sekaligus menghadirkan kesan tangguh khas SUV

Pada area samping dan belakang, aura SUV dihadirkan dengan penambahan overfender di lingkar roda, side protector pada bagian bawah pintu dan lisplang dan scuff plate di bagian bawah bumper depan dan belakang. Sementara bagian atas ditambahkan roof rails yang menegaskan sosok SUV yang gagah.

  • Roof rail jadi standar di semua varian XL7.

Interior tampak menonjolkan aura sporty dari warna hitam yang mendominasi sudut kabin dengan aksen serat karbon di dasbor. Lantaran berbasis Ertiga, kelegaan kabin XL7 juga jempolan.

  • Varian Alpha sudah dilengkapi sill plate dari Suzuki Sport di pintu depan.

  • Ruang bagasi lega apalagi ketika jok baris ketiga dilipat rata lantai.

XL7 memiliki fitur-fitur yang belum dimiliki Ertiga seperti center arm rest di bangku depan, head unit touch screen 8 inci dengan fitur-fitur kekinian. MID yang lebih berwarna, atraktif dan informatif.

  • Ada dua kamera belakang, satu untuk kamera parkir, satu lagi untuk input spion elektrik (Smart E Mirror).

Spesial untuk varian Alpha telah dibekali spion tengah elektris yang dinamai Smart E-Mirror. Tak hanya menampilkan visual belakang dan depan melalui kamera saja, spion tengah ini juga dapat merekam kejadian sepanjang perjalanan. Bakal sangat bermanfaat apabila seandainya dibutuhkan bukti ketika terjadi insiden yang tidak diinginkan baik depan maupun belakang.

  • Varian Alpha jadi varian XL7 paling lengkap dan paling mahal.

“Fitur ini merupakan kelebihan yang ditawarkan Suzuki kepada konsumennya. Kami akan mempelajari seberapa menarik fitur ini di line up produk Suzuki yang lain,” kata Yulius Purwanto, Head of Product Development 4W PT Suzuki Indomobil Sales.

  • Rear upper spoiler hanya ada pada varian Alpha.

Menilik perbedaan harga yang tidak signifikan antara Ertiga dan XL7, Darwin Wijaya, Group Head of Dealer Sales 4W PT Suzuki Indomobil Sales memastikan antar keduanya tidak akan saling memakan.

  • Mesin K15B, sama dengan Ertiga. Ada perbedaan pada program ECM menyesuaikan karakter SUV yang ditawarkan.

“Kami sudah melakukan survei. Market secara total turun 9,5% namun penurunan di segmen SUV hanya 2,2%. Artinya penurunan di segmen SUV tidak sedalam penurunan market total. Dari survei kami, 80% pembeli Ertiga merupakan first time buyer, sementara 43% pembeli XL7 merupakan pembeli yang additional atau replacement car. Sementara untuk komposisi penjualannya, XL7 ditargetkan akan laku terjual sebanyak 2.000 unit sebulan," jelas Darwin Wijaya.


Harga OTR Jawa Timur

M/T (Rp Juta) A/T (Rp Juta)

Suzuki XL7 Alpha 268 278

Suzuki XL7 Beta 258 286,5

Suzuki XL7 Zeta 241,5 252


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto