• Editor

Launching Tim Suzuki Ecstar: “Kami Siap Untuk Menang!”


Pada prosesi launching yang dilakukan Team Suzuki Ecstar secara digital melalui video YouTube, tampak tak banyak ubahan tampilan pada GSX-RR 2019. Paling ada sedikit ubahan kecil berupa elemen warna kuning dan abu-abu yang sedikit lebih besar pada fairing depan dan samping.

Tak banyak ubahan dalam hal livery.

Justru ubahan terlihat dari line up pembalapnya. Musim ini, Alex Rins mendapat tandem baru, yakni Joan Mir yang menggantikan Andrea Iannone. Baru mengikuti satu musim di kelas Moto2 tahun lalu, ini tentu menjadi lompatan besar bagi Mir.

Joan Mir tandem baru Alex Rins musim ini.

“Realistik saja… Target tahun ini adalah membuat kemajuan sedikit demi sedikit. Dimulai di Qatar, saya berharap, race demi race hingga akhir musim nanti saya bisa semakin lebih baik,” buka Mir.

Beradaptasi dengan motor jadi salah satu prioritas Joan Mir.

Untuk itu Mir mengaku harus beradaptasi dengan motor, tim dan kelas yang diikutinya kini. “Juga saya harus segera memperkecil jarak dengan pembalap di depan. Ini paling penting,” kata pembalap 21 tahun yang akan diasuh oleh Francesco Carchedi selaku crew chief. Sebelumnya dia bekerja untuk Karel Abraham di tim milik Angel Nieto tahun lalu.

Alex Rins kejar kemenangan di tahun ketiganya bersama Suzuki.

Sementara itu, bagi Alex Rins selaku pembalap utama, musim 2019 ini merupakan tahun ketiganya bersama Suzuki. Untuk itu, dia harus bisa mengejar kemenangan, setelah pada musim lalu berhasil naik podium ke-2 pada tiga seri balap. Kemenangan sangat dibutuhkan Suzuki yang terakhir kali menang bersama Maverick Vinales tahun 2016 lalu di Silverstone.

Motor sudah cukup kompetitif tahun lalu. Tinggal ditingkatkan sedikit pada sektor braking, akselerasi dan top speed.

“Target pertama kami adalah membuat motor yang kompetitif, motor yang mampu diajak bertarung memperebutkan kemenangan. Untuk itu, kami harus terus mendapat pengalaman. Tapi menurut saya, kami sekarang siap untuk menang. Sebab tahun lalu, kami sudah memiliki paket motor yang baik. Tinggal ditingkatkan sedikit saja di beberapa aspek, yakni pengereman, akselerasi dan top speed,” optimis Rins yang masih didampingi Jose Manuel Cazeaux sebagai crew chief musim ini.


Naskah: Indramawan

Foto: MOTOGP.COM