• Editor

M. Excel Juara Seri Trial Game Bojonegoro, Andre Sondakh Bikin Kacau!


M. Excel (#100) hadapi serangan Andre Sondakh (#101)

Perburuan poin Trial Game Dirt 2019 semakin ketat. Dari 4 putaran yang digelar, ada 4 crosser berbeda yang berhasil memenangkan Juara Umum Seri.

M. Excel rebut Juara Umum Seri yang perdana di Trial Game

Kalau seri pertama di Sragen (08-09/02) dimenangkan oleh Lantian Juan, maka seri kedua di Magetan (01-02/03) giliran Savona Oky yang berjaya.


Sementara putaran ke-3 di Situbondo (05-06/07) berhasil dimenangkan oleh Asep Lukman Efendi.


Nah, bagaimana dengan seri ke-4 di Lapangan Ngampel, Bojonegoro (02-03/08) kemarin? Ya, kali ini M. Excel yang berhasil merebut Juara Umum Seri.


"Melihat persaingan yang sangat ketat seperti ini, sebenarnya saya tak berharap bisa menang. Kalau pun akhirnya saya justru bisa merebut Juara Umum Seri, saya anggap itu sebagai rejeki yang diberikan Tuhan kepada saya," kata crosser asal Garut ini.


Kontribusi kemenangan M. Excel ini didapat dari hasil akumulasi perolehan poin di 2 kelas utama (dari 4 kelas) yang dipertandingkan, yakni Campuran Open dan Free For All (FFA).


Setelah menjadi yang tercepat pada Heat 1 dan 2 yang digelar pada hari Jumat (02/08) di kelas Campuran Open, pada Heat 3 dan 4 keesokan harinya (03/08), M. Excel meraja di kelas Free For All.

Duel di udara antara Asep Lukman (#32) dan Savona Oky (#5), dua crosser yang bersaing ketat menjadi Juara Umum Trial Game 2019

Hal ini sudah diprediksikan oleh rival berat M. Excel, yakni Asep Lukman. "Melihat hasil Heat 1 - 2 kemarin, dan Heat 3 barusan tadi saya harus realistis sangat sulit untuk menjadi Juara Umum di seri 4 ini," buka Asep Lukman.

Jim Sudaryanto bersama Wakil Bupati Bojonegoro, Drs. Budi Irawanto, Mpd.

"Sebab pada Heat 1 dan 2 kemarin, saya banyak trobel dengan motor di kelas Campuran Open. Sementara di kelas FFA hari ini, M. Excel tampil sangat cepat. Jadi dia punya peluang lebih besar ketimbang saya, setelah kemarin dia berhasil membuat catatan waktu yang sangat baik di kelas Campuran Open," kata Asep yang masih terus mengincar gelar Juara Umum Trial Game 2019.


Ketatnya persaingan crosser di Trial Game ini membuat Jim Sudaryanto dari Genta Auto & Sport (GAS) Jakarta selaku penyelenggara Trial Game merasa puas.


"Kalau sebelumnya ada satu atau dua saja pembalap yang mendominasi, tapi kini sangat susah menebak, siapa yang berhasil menjadi yang tercepat. Ini menjadikan Trial Game semakin menarik diikuti sampai seri terakhir nanti," ujar pria yang sekaligus menjadi Juri Lomba di Trial Game ini.


Ya, masih ada 2 seri lagi yang akan digelar pada bulan September dan Oktober nanti.




Andre Sondakh Kacaukan Poin Pembalap

Faktor lain yang turut berpengaruh pada perolehan poin pembalap title contender Trial Game 2019 di seri 4 Bojonegoro kemarin adalah come back-nya Andre Sondakh, Juara Nasional Motocross 2018 asal Manado.

Andre Sondakh kacaukan poin pembalap setelah absen 12 tahun

"Kebetulan saya sekarang bergabung dengan tim Johnny Pranata dalam menghadapi Kejurnas Motocross 2019 yang putaran pertama akan segera dimulai. Karena itu, kami aktif berlatih di fasilitas yang ada di Lamongan," buka Andre.


"Nah kebetulan ada Trial Game di Bojonegoro, kami putuskan untuk ikut sebagai bagian dari latihan dan persiapan tadi," kata Andre yang pernah mengikuti Trial Game tahun 2007 silam.

Meski sempat absen di Trial Game selama 12 tahun, namun di seri ke-4 Bojonegoro ini, Andre berhasil menempati masing-masing peringkat ke-3 kelas FFA dan Campuran Open.


Ini yang bikin kacau perolehan poin pembalap. Sebab sampai dengan putaran 3 lalu, paling tidak ada 4 pembalap yang berpeluang untuk Juara Umum, dengan beda poin sangat mepet.


Sebut saja, Asep Lukman dan Savona Oky yang mengantongi poin sama, 63. Sementara crosser senior M. Arjun Wicaksana membayangi di belakang dengan 60 poin. Sementara Aris Setyo menguntit dengan 53 poin.


Naskah & Foto: Indramawan