• Editor

Maskeran Rek!!! Angel Temen Tuturanmu...

"Nang Itali Numpak Sekuter...Peno Ojok Lali Gaweo Masker..." (Cak Kartolo - Seniman Ludruk Banyolan Surabaya)
“Jika berbicara soal Jawa Timur, khususnya Surabaya, maka Cak Kartolo sudah sangat dikenal dan akrab dengan masyarakat di sini. Karena alasan inilah, kami mengajak Cak Kartolo bersama semua elemen masyarakat di sini untuk terlibat dalam kampanye MASKERAN REK!! ini!" (Jendral TNI (Purn.) Moeldoko - Kepala Staf Kepresidenan)

Selama dua hari, Kepala Staf Kepresidenan, Jendral TNI (Purn). Moeldoko melakukan pemantauan perkembangan penanganan COVID-19 di Jatim. Yang menarik pada kunjungan ini adalah, Moeldoko turut melibatkan seniman ludruk banyolan legendaris Surabaya, Cak Kartolo, untuk ikut membantu mensosialisasikan kampanye “MASKERAN, REK!!!”

Moeldoko menemui Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya (3/9), untuk mendengarkan perkembangan penanganan COVID-19 di Jatim.


“Kami menempuh berbagai cara, untuk terus mensosialisasikan gerakan 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) ini. Terutama penggunaan masker yang bisa mengurangi risiko penularan COVID-19 hingga 50%,” tutur Moeldoko usai mendengarkan pemaparan perkembangan penanganan COVID-19 di Jatim dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, (Kamis, 03/09),

Keterlibatan Cak Kartolo pada kampanye "MASKERAN REK!!!" banyak menarik perhatian media. Terutama ungkapan "Angel Temen Tuturanmu..." yang adalah penuturan Alm. Cak Basman (anggota Kartolo Cs,) dan sempat viral beberapa waktu lalu, karena dipakai sebagai back sound video di Youtube, yang menggambarkan kengeyelan masyarakat akan aturan yang diterapkan terkait COVID-19.


Terkait keterlibatan Cak Kartolo pada kampanye “MASKERAN, REK!!!” ini, Moeldoko menjelaskan, kali ini Kantor Staf Presiden (KSP) ingin memakai cara yang lebih persuasif agar pesan ini bisa tersampaikan, yakni melalui elemen lokal yang bisa diterima masyarakat setempat.

Moeldoko juga menemui Tri Rismaharini selaku Walikota Surabaya di rumah dinasnya yang ada di Jl. Sedap Malam untuk mendengar penanganan dan penanggulangan COVID-19 di Surabaya (Jumat. 04/09).


“Jika berbicara soal Jawa Timur, khususnya Surabaya, maka Cak Kartolo sudah sangat dikenal dan akrab dengan masyarakat di sini. Karena alasan inilah, kami mengajak Cak Kartolo bersama semua elemen masyarakat di sini untuk terlibat dalam kampanye MASKERAN REK!! ini!" tutur Moeldoko.

Moeldoko berdiskusi dengan pimpinan redaksi media di Surabaya, dilanjut foto bersama. Pada kesempatan ini media mendukung upaya Cak Kartolo move on ke platform digital melalui kanal Youtube: Warung Cak Kartolo. Juga Bu Rudy, (Lany Siswadi) pengusaha kuliner sukses di Surabaya menyatakan diri siap mendukung Cak Kartolo memasarkan official merchandise lewat jalur UKM pada pusat oleh-oleh khas Surabaya yang sedang dibangunnya. Semangat saling bantu dan support ini yang diharapkan Moeldoko di tengah kesulitan hidup (di antaranya pekerja seni) akibat COVID-19.


Karena alasan inilah, Moeldoko juga menyempatkan diri berdiskusi dengan insan pers, sebagai elemen penting dalam masayarakat, dalam hal ini pemimpin redaksi dari media-media yang ada di Surabaya, termasuk OTOPLUS-ONLINE (03/09). Tujuannya adalah untuk mendegarkan masukan-masukan terkait dengan upaya penanganan COVID-19 ini.

OTOPLUS-ONLINE bersama Moeldoko.


Bahkan Kantor Staf Presiden (KSP) juga gandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim untuk menggelar rapid test COVID-19 untuk jurnalis di Surabaya (03/09).

Moeldoko saat berkunjung ke Masjid Ceng Ho Surabaya, dan bertatap muka dengan segenap takmir dan jamaah.


Selain itu, Moeldoko juga mengunjungi Masjid Ceng Ho Surabaya yang berada di kawasan Ketabang, Genteng untuk bertemu dengan segenap takmir dan jamaah masjid, sekaligus menunaikan sholat Jumat bersama, sambil sekali lagi menyampaikan pesan persatuan, untuk bersama dan bahu membahu mengatasi masalah Bangsa, dalam hal ini adalah COVID-19 (04/09).

Ya, COVID-19 adalah masalah kita bersama, termasuk pembaca setia OTOPLUS-ONLINE. Untuk itu, mari kita sukseskan kampanye "MASKERAN REK!!!" sebagaimana dilantunkan Cak Kartolo lewat kidungan jula-juli saat mendampingi Moeldoko melihat langsung pelaksanaan protokol kesehatan di Pasar Genteng Baru, Surabaya (04/09/2020), dan banyak menarik perhatian masyarakat.


Teks, Foto, & Video: Indramawan



© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.