• Editor

MG ZS EV Siap Ramaikan Bursa Mobil Listrik Indonesia dengan Harga Paling Murah?

Jika dirupiahkan, harga berkisar Rp 502 - 540 juta. Ini akan menjadi mobil listrik termurah seandainya benar masuk ke Indonesia.
  • Dari belakang, pembeda dengan MG ZS versi ICE hanya pada logo EV

OTOPLUS-ONLINE I MG Motor Indonesia (MMI) tak mau kalah dengan produsen lain seperti Hyundai, Nissan dan Lexus yang belum lama seakan berlomba-lomba mengeluarkan mobil listrik.


Bisikan dari informan OTOPLUS-ONLINE yang enggan ngetop mengatakan kalau MMI tengah menyiapkan mobil full elektrik untuk pasar Tanah Air yang menggunakan basis MG ZS. Mobil yang tengah disiapkan kemungkinan besar MG ZS EV.

  • Bentuk eksterior tidak berbeda dengan varian bensin

Melirik website MG.co.uk, ZS EV dipasarkan dengan harga antara 25-27 ribu poundsterling atau jika dirupiahkan berkisar Rp 502-540 juta (kurs Rp 20.088/poundsterling). Ini akan menjadi mobil listrik termurah seandainya benar masuk ke Indonesia.

  • Layout dasbor identik dengan versi ICE

  • Jok berlapis kulit dengan pemanas

Dari sisi dimensi, tampilan eksterior, interior maupun fitur tak berbeda dengan versi ICE (Internal Combustion Engine). Penanda kalau varian ini merupakan mobil listrik ditunjukkan dari desain pelek dan logo EV di belakang.


Perbedaan utama jelas pada sumber tenaga dan penggerak. Menggunakan motor listrik berkemampuan 105 kW dan torsi 353 Nm, MG ZS EV dibekali 3 mode berkendara, Normal, Eco dan Sport.

  • Tidak ada shiftknob digantikan kenop putar

Sementara baterainya berkapasitas 44,5 kWh yang dapat diisi dari 0-80% hanya dalam 40 menit menggunakan sistem pengisian DC (fast charging).

  • Charging port tersembunyi di balik grill

Sedangkan jika menggunakan listrik rumah waktu yang diperlukan berkisar 7 jam. Untuk konsumsi energinya, MG mengklaim untuk setiap 100 kilometer diperlukan listrik 18,6 kWh atau jika dirupiahkan sekitar Rp 27 ribu saja.


MG ZS EV dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan seperti autonomous emergency braking, radar cruise control, lane departure warning, lane keeping assistant dan rear cross alert.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: MG