• Editor

Miniatur Mobil-Motor dari Komponen Bekas Karya Karang Taruna Juana, Pati Tembus Pasar Dunia

“Pertama kali kirim miniatur Harley-Davidson ke Los Angeles kemudian menyusul permintaan dari Malaysia dan Singapura.” (Ariyanto).

Dari limbah jadi karya seni bernilai tinggi


OTOPLUS-ONLINE I Siapa sangka dari sebuah ruangan kecil yang berada di pojokan rumah ini lahir karya-karya kerajinan tangan yang menarik dan memiliki nilai jual.


Ya, Ariyanto awalnya hanya coba-coba membuat miniatur motor berbekal imajinasinya saja. Meskipun Juana, Pati sendiri dikenal dengan produk-produk miniatur seperti sepeda antik, becak, dan lain-lain berbahan kuningan, namun Ariyanto tak mau membuat produk yang sama.


Karya pertamanya adalah model Harley-Davidson. Tidak ada pengalaman khusus dalam membuat miniatur motor ini, bahkan mengelas sekalipun.

Workshop kecil dan sederhana tempat Ariyanto berkarya


“Saya hanya mencoba mengingat dari gambar yang pernah saya lihat di internet saja. Soal detail motor, dimensi dan skala perbandingan ukuran juga hanya sekedar kira-kira saja”, tutur pria asli Pajeksan, Juana, Pati - Jawa Tengah ini.

Komponen bekas yang jadi bahan karya miniatur mobil-motor


Menariknya, Ariyanto menggunakan bahan bekas seperti plat besi bekas, part motor bekas seperti jeruji roda, laher, mur-baut gir dan beberapa bahan bekas lainnya. Semua dikumpulkannya dari bengkel-bengkel di sekitar rumahnya.


Baca juga: Mainan Anak Custom-Made Ini Hanya Dibuat Khusus Pesanan


Mulai buka pada medio 2017, pasar miniatur mobil-motor karya Ariyanto awalnya hanya lokal sekitar Jawa Tengah, Yogyakarta dan Bali. Namun kini pasarnya tak tanggung-tanggung. Seniman binaan Karang Taruna Kecamatan Juana ini berhasil menembus pasar luar negeri!

Beberapa miniatur karya Ari dipasarkan dengan harga bervariasi mulai dari Rp65 ribu sampai termahal Rp250 ribu.


“Pertama kali mengirimkan miniatur motor Harley Davidson ke Los Angeles Amerika, kemudian berikutnya menyusul permintaan dari Malaysia dan Singapura”, papar Ari sapaan akrabnya.


Baca juga: GELIS 300 Jadi Inovasi Gerobak Listrik Pertama Untuk UMKM


Memang Ari tak bekerja sendiri. Ada kawan yang mencoba membantu memasarkan untuk pasar luar negeri. “Ya istilahnya re-seller begitulah. Tapi kini sejak saya coba unggah foto-foto produk saya di medsos, beberapa pembeli bisa langsung kontak saya, dan yang terakhir intens ini pembeli dari Dubai,” ungkap Ari.


Tak hanya miniatur Harley Davidson saja, Ari juga siap menerima pesanan sesuai permintaan. Seperti motor roda tiga, jip, kereta api, dan lain-lain.

Ariyanto (kanan) didampingi Pengurus Karang Taruna Kecamatan dan Babinkamtibmas Ds. Pajeksan Juana


Untuk harga bervariasi mulai dari Rp65 ribu sampai yang termahal Rp250 ribu menyesuaikan detail dan tingkat kesulitan pembuatan.


Teks dan Foto: dJansen


Workshop:

Jl. WR. Supratman gg. jambu No. 123 RT 3/1 Pajeksan, Juana, Pati - Jawa Tengah

HP. 081228682977