• Editor

Minority Custom Motorcycle Surabaya Banjir Orderan Restorasi Motor Bebek

Dari mulai Suzuki Tornado GX 2001 dan Honda Astrea Legenda 2 2003, hingga Suzuki RC 100 yang masih 80% on progress.

OTOPLUS-ONLINE I Suzuki Tornado GX 2001 dan Honda Astrea Legenda 2 2003 ini keduanya milik Muhammad Yusuf Sulaiman, warga Perum Pondok Chandra, Waru - Sidoarjo. Kebetulan juga keduanya telah menjalani restorasi di bengkel Minority Custom Motorcycle (MCM) sehingga kondisinya tampak seperti sedia kala.

“Kalau yang Legenda itu latar belakang restorasinya karena mengingatkan dengan motor almarhum eyang kakung ketika mengantar si pemilik ke sekolah dari SD kelas 1 - 6. Terus yang Tornado itu dulunya dipakai karyawan percetakan punya ayah si pemilik,” buka Jonathan Evan Santoso selaku pemilik bengkel yang ada di kawasan Rungkut, Surabaya ini.

Menurut Mas Jon, sapaannya, pengerjaan restorasi keduanya hampir sama. Untuk Tornado pengerjaan berupa merapikan bodi dengan mengecat ulang bagian yang sudah kusam, dan mengganti part yang sudah tua dan mesin bongkar total. Semua part yang rusak dikembalikan ori.

“Untuk Legenda juga tidak jauh beda. Tapi tanpa mengecat body, karena komponen body full beli baru dan ori. Yang kami lakukan membongkar motor jadi per bagian, untuk dibersihkan dan dirakit kembali. Mesin juga dibongkar total untuk peremajaan,” jelas Mas Jon.

Kesulitan muncul ketika mengerjakan Tornado. “Paling sulit adalah mencari spare parts-nya. Spare parts Suzuki tidak sebanyak merek lain. Sementara untuk Legenda tidak ada yang sulit,” tukas Mas Jon yang akhir-akhir ini kebanjiran proyek restorasi motor-motor lawas.

“Ini kita juga sedang proses restorasi Suzuki RC100. Kira-kira sudah 80% dari tahap akhir,” sebut Mas Jon yang sebelumnya juga kebanjiran order pembuatan sepeda.

Ketika ditanya, apa yang menarik dari restorasi ini bagi pemiliknya, Mas Jon menjawab, “Sebagian besar memang alasan nostalgia sih. Mengenang masa lalu yang berhubungan dengan motor. Nah setelah jadi, biasanya motor lama hasil restorasi ini memberikan kebanggaan tersendiri ke pemiliknya. Dilihat banyak orang dan jadi pusat perhatian di jalan, karena motor yang dinaiki bukan motor kemarin, tapi sudah puluhan tahun…” senyum Mas Jon.


Minority Custom Motorcycle

Gunung Anyar Harapan ZA 21a, Rungkut - Surabaya

WA: +62 896-7791-6303


Teks: Indramawan

Foto: MCM