• Editor

Misi Harley-Davidson 2021: Pasarkan Produk The-All-New untuk Segmen Baru

Dari mulai Electric Bike untuk anak-anak, Street Fighter, Custom, hingga Adventure Touring

OTOPLUS-ONLINE I Tanggal 19 Januari 2021 atau satu hari menjelang pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46 kemarin menjadi hari bersejarah bagi Harley-Davidson. Baru pertama kali ini dalam 118 tahun perjalanannya, pabrikan yang bermarkas di Milwaukee – USA ini menyatukan dunia ke dalam satu acara: H-D 21 Virtual Launch Event.

Tak kurang dari 35 model terbaru siap didistribusikan ke dealer-dealer yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Ditambah juga pengenalan mesin baru, dan upgrade terbaru yang dilakukan pada beberapa model, termasuk beberapa model yang dipersiapkan untuk menyasar segmen baru dan belum pernah dijamah Harley sebelumnya.

Ini adalah hasil dari perubahan dalam senior management yang menyepakati agar Harley lebih 'mendengar' keinginan konsumen, keluar dari tradisi, dan membuka jalan baru yang belum pernah dieksplor sebelumnya, sebagaimana bunyi narasi video opening:

"Because the roads you don't take... are the only ones that will haunt you..."

Tampilnya sosok Jason Momoa pemeran Aquaman sebagai seorang customer loyel di awal sesi presentasi menunjukkan, bahwa Harley yang sekarang mengutamakan konsumennya, dan mendengarkan apa yang diinginkannya. "

"Saya sangat mencintai merek ini dengan sepenuh hati, dan saya menyukai apa yang mereka tunjukkan. Ini adalah tahun yang sangat penting, karena akan banyak hal-hal menarik yang akan terjadi..." (Jason Momoa)

Dilanjutkan kemudian oleh Jochen Zeits selaku Chief Executive Officer Harley-Davidson yang memberikan sambutan menarik dengan latar belakang Museum Harley-Davidson di Milwaukee.

Seolah Jochen Zeits ingin menunjukkan bahwa perubahan yang akan dilakukan Harley ini tak akan pernah meninggalkan sejarah dengan masa-masa keemasannya, dan justru menjadi bekal pengalaman untuk lebih baik lagi.

"Kami ingin Anda meninggalkan sejenak kegiatan Anda hari ini untuk mengetahui, bahwa Harley-Davidson ada di sini untuk Anda. Kami terus mendengarkan dan kami telah bekerja keras memprioritaskan hal-hal yang penting bagi Anda." (Jochen Zeits - Chief Executive Officer Harley-Davidson)

Dan berikut ini gebrakan yang dilakukan Harley-Davidson di awal 2021 ini, yakni merilis The-All-New Products yang menyasar segmen baru sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen.


Segmen Baru Electric Bike: Harley-Davidson IRONe12 & IRONe16 2021

Sepeda listrik produksi Harley-Davidson, IRONe12 dan IRONe16, ini diperuntukkan bagi anak-anak usia 3 - 7 tahun dengan berat badan di bawah 34 kg. Diproduksi terbatas 550 unit, dan dipasarkan hanya di dealer Harley yang ada di Amerika Serikat, dengan harga $699 atau Rp 9,9 juta (IRONe12), dan $749 atau Rp 10,6 juta (IRONe16).

Segmen Baru Street Fighter: Harley-Davidson Bronx 1250 & 975 2021

Street Fighter adalah segmen baru yang ingin dicoba Harley-Davidson lewat kemunculan Bronx 1250 (atas) dan Bronx 975 (bawah). Pertama kali diperkenalkan di EICMA, Milan - Italia tahun lalu, dan dipredikasikan bakal muncul di akhir 2020. Kemunculannya sempat tertunda, dan baru di awal tahun 2021 ini, Harley-Davidson resmi memasarkan dua motor petarung jalanan ini.

Baik Bronx 1250 maupun 975 menggunakan mesin V-Twin terbaru Revolution® Max (berpendingin cairan tidak seperti mesin konvensional Harley lainnya) seperti yang terpasang di gacoan baru di segment terbaru Adventure, yakni Pan America.


Segmen Baru: Harley-Davidson Custom 1250 2021

Setelah sebelumnya berstatus Future Custom Model, akhirnya Harley-Davidson Custom 1250 2021 resmi diproduksi mengikuti model the-all-new lainnya, yakni Pan America dan Bronx. Ya, Custom 1250 menggunakan mesin yang sama, Revolution® Max, dan mengusung gaya muscular bike.


Model Terbaru: Harley-Davidson Street Bob 114 2021

Street Bob 114 adalah model terbaru dalam keluarga Softail. Memiliki bobot paling ringan di antara model Softail lainnya, namun dipersenjatai mesin dengan kapasitas lebih besar, Milwaukee-Eight 114, menjadikan Street Bob 114 cepat dan gesit dalam bermanuver di jalanan. Apalagi dengan suspensi monoshock dengan posisi tersembunyi di bawah jok demi menjaga kesan ototentik Harley.


Segmen Baru Adventure Touring: Harley-Davidson Pan-America 2021

Inilah motor yang menjadi puncak gebrakan Harley-Davidson di tahun 2021 ini. Harley-Davidson Pan America™ adalah motor segala medan yang menyasar segmen baru yang selama ini belum pernah dijamah pabrikan ini, yakni adventure touring.

Mengusung teknologi moderen, termasuk mesin baru Revolution® Max 1250 dengan kapasitas mesin 1250cc yang mampu menghasilkan tenaga lebih dari 145 HP, dan torsi di atas 90 ft. lbs.

Patut dicatat juga, khusus untuk Pan America ini Harley bekerjasama dengan Brembo untuk menciptakan kaliper radial monoblock 4-piston baru demi menghasilkan feeling pengereman dan performanya. Juga Harley menggandeng Michelin dalam mengembangkan ban yang sanggup menghadapi berbagai macam kondisi.


Mesin Baru: Screamin’ Eagle 131

Selain itu Harley-Davdison juga memperkenalkan mesin baru, Screamin’ Eagle® Milwaukee-Eight® 131. Ini adalah mesin dengan kapasitas mesin paling besar dan bertenaga yang pernah dibuat Harley-Davidson untuk pemakaian di jalan raya.


Memiliki kapasitas 131 cubic inch (2151 cc), mesin V-Twin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 124 HP yang diukur dari roda belakang, dan torsi sebesar 135 ft-lb, jika digandengkan dengan muffler Screamin’ Eagle® Street Cannon. Mesin ini tersedia untuk model-model Softail.


Teks: Indramawan

Foto: H-D