• Editor

Mmm... Lezatnya Ice Cream Trike Rasa Italiano


Bindi adalah pembuat es krim dan kue asal Italia yang populer karena eksistensinya selama 3 generasi. Berawal dari sang kakek, Attilio Bindi yang merintis usaha ini tahun 1946 di Milan menggunakan sepeda kayuh dengan keranjang di depan. Sepeda dengan logo Bindi inilah yang dipakainya sebagai sarana transportasi untuk mengirim kue ke banyak restaurant di Milan.

Setelah 70 tahun, kini bisnis ice cream & desserts ini diteruskan oleh sang cucu, yang kebetulan juga bernama sama, Attilio Bindi. Demi mengenang kegigihan kakeknya, Attilio ingin membuat alat transportasi berupa trike (motor roda tiga) yang sarat dengan perpaduan nilai-nilai craftsmanship dan teknologi moderen, seperti yang tetap dipertahankan dalam bisnis keluarga ini.

Mereka memilih American Dreams, sebuah bengkel custom ternama di Italia, untuk mengerjakan proyek ini. Aldo, sang builder bersama putranya, Angelo pun kemudian membuat desain trike tersebut, dengan mengambil inspirasi dari sepeda roda tiga yang digunakan kakek Bindi untuk menjajakan es krim dan sekaligus mengirimnya ke restaurant pada tahun 1950-an.

Sebagai basis adalah rangka Harley-Davidson Softail yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa mengusung mesin Dyna Glide berikut transmisi dan gigi primary. Untuk fork depan memakai produk Deuce yang disetting dengan rake 3 derajat. Pada kaki-kaki bagian belakang, lengan ayun standar digantikan trike conversion kit dari Paughco, sehingga memungkinkan dipasangnya bagasi yang cukup luas untuk diisi freezer dan cooling system.

Sementara untuk bodi fiberglass-nya, dibuat secara handmade oleh Elaboratorio dengan rangka dibuat terlebih dahulu dari kayu. Baru setelah itu ditutup dengan semacam foam yang kemudian dibiarkan mengeras sebelum dibentuk dan dipahat menggunakan gerinda dan pisau. Detail seperti pegangan payung tak lupa diberikan oleh modifikator Italia ini.

Setelah selesai, urusan pengecatan diberikan pada Dox Art Factory. Kombinasi two-tone biru dan putih adalah warna lama perusahaan ini, dengan logo Bindi pertama diberikan di bagian belakang bagasi. "Kompartemen freezer bisa dibuka dari atas karena ada tutup bagasi yang berlogo Bindi juga," jelas Dox.

Dox juga menambahkan, warna biru tua diberikan pada sepatbor atau fender yang dipesan ke Arlen Ness. "Tampak cantik dan kontras dengan warna biru muda dan putih," kata Dox yang juga menambahkan pinstriping sebagai finishing, sehingga trike ini lebih terlihat klasik. Apalagi lampu belakang Cadillac juga diberikan.

Detail lain yang menarik untuk dilihat adalah pelek Jonich yang dicat putih berikut teromolnya. Juga bumper bahan stainless steel di bagian belakang bodi dan sepatbor depan, serta logo Bindi di tangki yang dibuat oleh Raw Bike Factory, perusahaan spesialis metalwork.

Aldo Lanciano

Dan akhirnya, es krim ini terasa semakin enak dinikmati sambil memandangi trike cantik di tengah angin sepoi dan hangatnya matahari, laut, pantai, dan langit biru kala itu...

Dari kiri: Aldo Lanciano (American Dreams) Luca “Il Grezzo” Lamperti (Raw Bike Factory), dan Lorenzo “Dox” Dossena (Dox Art Factory)

Naskah & Foto: Onno “Berserk” Wieringa (OTOPLUS-ONLINE Special Contributor)

(www. madnessphotography.nl)


Data Modifikasi

(menurut pemilik / builder)

GENERAL

Owner: Attilio Bindi

Builder: American Dreams Italy Motorcycle

Brand & Model: Harley-Davidson Custom Trike

Name of the motorcycle: The 50’s Ice Cream Trike


ENGINE

Year of construction: 2011

Displacement: 96 CI (1,584 cc)

Type: Air-cooled V-Twin TWC A (Dyna)

Fuel system: EFI

Air filter: aftermarket

Ignition: OEM H-D

Exhaust system: 2 in 2 American Dreams

Gearbox: H-D


ACCESSORIES

Frame: modified Softail frame

Front fork: H-D Duece, 3° extra rake

Swingarm: Paughco trike conversion kit

Wheels & brakes: Front: H-D 16 "spoke wheel, rear two 16" Jonich spoke wheels

Front fender: Raw Bike Factory

Rear fenders: Arlen Ness

Fuel tank: H-D

Dashboard: H-D Dyna

Handlebars: Beach Bar

Switch housings / brake clutch lever: H-D, chrome

Headlight: H-D

Rear lights: ‘59 Cadillac

Saddle: H-D Solo

Forward controls and footrests: H-D footboards

Special Parts / Accessories: Bindi trike trunk, Bindi tank logos, modified frame, etc.


PAINTWORK

Painter: Dox Design


Contact

American Dreams: Italy motorcycle

Contact: Aldo Lanciano (Big Boss)

www.vallistore.com

Facebook: American Dreams Italy Motorcycle


Thanks to

Cooling: Eutectic System

Rear piece: Elaboratorio