• Editor

Modifikasi Xabre Bermesin CBR 250R!


Modifikasi kiriman pembaca OTOPLUS-ONLINE ini bermula ketika Rida Fariza mengaku kurang puas dengan dua motor di garasi rumahnya, Yamaha Xabre dan Honda CBR 250R.

“Untuk Xabre, naikannya enak dan cocok dengan postur tubuh saya. Tapi lama-lama bosan karena kapasitas mesinnya cuma 150cc. Tenaganya mentok…,” keluh pria kelahiran 28 April 1995 ini.

Sementara untuk CBR 250R, Rida sebenarnya suka dengan power mesinnya. Tapi motor itu kegedean buatnya.


“Berat juga, Bro. Badan ane kan cuman 165 cm. Kalo bawa CBR 250R macet-macet di Jakarta, berat dan pegal juga lama-lama,” kata warga Cilandak Barat, Jaksel yang berwiraswasta buka kafe motor di Kalimantan ini.


Nah dari sini muncul ide dari Rida untuk melakukan engine swap CBR 250R ke rangka Xabre. “Awalnya sih saya pengin sekedar pasang mesin 250cc aja ke Xabre. Nggak mesti pake mesin CBR 250R. Tapi bisa juga mesin R25 atau Ninja 250 SL. Tapi karena saya pikir-pikir ada CBR 250R yang nganggur, ya udah saya eksekusi aja,” kisah Rida.


Untuk itu, Rida harus melakukan modifikasi pada rangka. “Saya rombak rangka bagian belakang, atas, dan samping buat dudukan mesin,” tunjuk Rida sambil kasih info semua perangkat kelistrikan full pakai CBR 250R.

“Paling sulit tuh kayaknya waktu pasang kunci kontak. Sampai sekarang nggak bisa diakalin dan letaknya masih di sayap bagian kanan yang dilubangi itu,” kata Rida yang kasih nama motor ini UFO, singkatan dari Unidentified Fighter Object.

Lho kok bukan Unidentified Flying Object layaknya sebutan untuk piring terbang besutan alien? “Maksud Fighter Object di sini karena Xabre dikenal sebagai motor streetfighter. Tapi karena motor ini sudah dimodifikasi maka identitasnya susah dikenali.

Apalagi mesinnya Honda,” kekeh Rida yang mengaku puas dengan hasil rombakannya. “Speeding, touring, sunmori sama motor 250cc enggak ketinggalan lah. Lompat pokoknya… Torsi mantap!!!” tutup Rida.


Data modifikasi:

Ban belakang: 150/60-17

Crash bar: custom

Disk brake: PSM

Behel: Xabre aftermarket

Footstep: B.A.D

Spedometer: CBR 250 R

Voltmeter: Rizoma

Spion: variasi (model bar end)

Setang: Kawasaki Z250

Visor: variasi

Master rem: RCB

Knalpot: custom (double silencer) by Wicaksana Racing Team


Pengirim:

Nama: Rida Fariza

Alamat: Cilandak Barat, Jaksel

HP: 0821-5486-9XXX


Teks: Indramawan

Foto: Istimewa