• Editor

MotoGP Argentina: Marquez Tak Tersentuh, Rossi Kalahkan Dovi di Lap Terakhir

Marc Marquez berhasil menorehkan kemenangannya yang pertama musim ini di MotoGP Argentina yang berlangsung (31/3) kemarin. Kemenangan ini berhasil dibuatnya secara meyakinkan dengan margin 10 detik lebih unggul atas pembalap Yamaha, Valentino Rossi di posisi kedua.


Start dari posisi depan, Marquez memang tampil sempurna dari awal hingga akhir balap. Di awal balap, Marquez langsung membuat jarak 1 detik di depan, dan bahkan gap yang dibuatnya semakin lebar setelah 3 lap, menjadi 3 detik.

Memanfaatkan duel memperebutkan posisi ke-2 yang terjadi antara pembalap di belakangnya, setelah 10 lap (dari 25 lap), Marquez semakin tak terkejar dengan marjin 7 detik di depan, dan bahkan di lap-lap akhir pembalap Honda ini berhasil unggul 12 detik. Marquez pun akhirnya berhasil melintasi garis finish dengan gap 9,8 detik dari Rossi. Ini adalah kemenangan Marquez yang ketiga di sirkuit Termas de Rio Hondo ini.

Yang menjadikan seri kedua MotoGP 2019 ini menarik untuk ditonton adalah duel memperebutkan posisi kedua, antara pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, dan Rossi. Beberapa kali terjadi perubahan posisi antara kedua pembalap ini, sampai akhirnya di lap terakhir, Rossi berhasil menyalip Dovi dari dalam di tikungan ke-7. Ini adalah podium pertama yang berhasil dibuat pembalap Italia ini sejak MotoGP Sachsenring pada bulan Juli tahun lalu.

"Saya sangat gembira karena sudah sangat lama saya tidak berdiri di atas podium,” girang Rossi yang berhasil memainkan strategi untuk mengalahkan Dovi di lap-lap terakhir ketika suhu udara semakin panas.


“Saya sebenarnya coba menyalip Dovi lebih awal. Namun dengan temperatur udara yang panas, saya banyak menghadapi masalah dan tidak bisa lebih cepat lagi. Karena itu saya biarkan Dovi di depan dan terus saya tempel, karena saya tahu ada beberapa titik, di mana saya merasa nyaman dengan motor dan bisa melewatinya.”


Dan akhirnya datanglah kesempatan itu. “Untuk bisa mengalahkan Andrea, saya harus benar-benar mengambil kesempatan dengan tepat,” senyum Rossi.

Naskah: Indramawan

Foto: MotoGP.com