top of page
  • Gambar penulisEditor

MPM Honda Jatim Optimis New Honda Stylo Kalahkan Yamaha Filano!

MPM Honda Jatim berani pasang target penjualan 4.500-5.000 unit per bulan untuk New Honda Stylo.

Astra Honda Motor mengklaim New Honda Stylo 160 sebagai skutik premium fashionable 160cc pertama di Indonesia, dengan kapasitas mesin terbesar.


OTOPLUS-ONLINE I Kemunculan New Honda Stylo 160 yang dipersenjatai mesin kapasitas paling besar 160cc di kelasnya, ternyata mengemban strategi khusus, yakni mengalahkan Yamaha Filano!


Hal itu terungkap saat muncul pertanyaan yang dilontarkan salah satu media yang hadir pada peluncuran New Honda Stylo 160 pada Jumat, 23 Februari 2024 di Borre Cafe yang ada di kawasan Jl. Raya Dharmahusada Indah, Surabaya.


Pertanyaan itu terkait optimisme MPM Honda Jatim terhadap Stylo yang mengusung konsep desain modern retro classic di segmen yang telah lebih dulu dihuni Vespa yang juga memiliki model dengan kapasitas mesin besar.


Suwito M., selaku Presiden Direktur MPM Honda Jatim pun menegaskan, Stylo beda segmen dengan Vespa.


Suwito M., selaku Presiden Direktur MPM Honda Jatim pun menegaskan, Stylo beda segmen dengan Vespa.

"Merek Eropa itu (Vespa) enggak besar pasarnya. Jadi bukan sesuatu yang mau kita sasar. Beda core," tegas Suwito.


Justru Suwito menekankan hadirnya Stylo ini masuk ke market Honda sendiri, di mana ada kategori fashion yang harapannya memiliki model baru sehingga konsumen bisa step up ke skutik high end.


"Jadi kita lebih ingin meningkatkan pangsa pasar kita sendiri di segmen skutik high end dari 70% ke 80%. Jadi bukan terfokus bersaing dengan skutik Eropa itu," kata Suwito.


Mac Aguste, Marketing Sales & Distribution Division Head MPM Honda Jatim mengungkap kompetitor terdekat Stylo adalah Filano.


Saat itulah Mac Aguste selaku Marketing Sales & Distribution Division Head MPM Honda Jatim menambahkan, "Sebenarnya pesaing terdekat Stylo adalah Filano. Kalau Vespa kan harganya saja jauh beda. Mereka di harga Rp50 jutaan."


Mendukung pernyataan Mac Aguste, Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim mengatakan, Stylo bersaing dengan Filano di kelas yang sama.


Keduanya sama-sama mengusung desain modern classic retro. Secara harga, Filano dipasarkan Rp29.188.000 (OTR Surabaya), sementara Stylo jauh lebih murah yakni Rp28.495.000 (OTR Surabaya).


Sudah begitu Stylo mengusung mesin kapasitas lebih besar 160cc, sementara Filano hanya 125cc.


Secara kemampuan atau performa jika dibandingkan spec-to-spec, Filano yang mengusung mesin 125cc menghasilkan tenaga maksimum 6.2 kW / 6.500 rpm, dan torsi maksimum 10,6 Nm / 4.500 rpm.


Sementara Stylo dengan mesin 160cc menghasilkan tenaga maksimum 11,3 kW/8.500 rpm dan torsi maksimum 13,8 Nm/7.000 rpm.


Suhari selaku Marketing Communication & Development Division Head MPM Honda Jatim optimis Stylo kalahkan Filano.


"Dari sini kami optimis Stylo bisa mengalahkan kompetitornya ini karena dengan kelas yang sama namun memiliki power lebih besar, tapi harga lebih murah," semangat Suhari.


Stylo memperkuat line up Honda di segmen Skutik Fashionable.


Lebih lanjut, Suhari menjelaskan secara gamblang, tujuan Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan New Honda Stylo 160cc ini sebenarnya lebih pada upaya memperkuat line up di segmen Skutik Fashionable.


Suhari mengungkapkan, secara konsep desain produk, skutik Honda terbagi dalam empat segmen.


Pertama adalah Skutik Fashionable yang dihuni Scoopy dan Genio. Lalu kedua ada Skutik Sporty yang dihuni Vario 160. Berikutnya ada Skutik Elegan yang diisi PCX160, dan Skutik Manly yang diisi ADV160.


"Pada perkembangannya dan kondisi pasar sekarang, terjadi peningkatan secara market di segmen Skutik Fashionable. Sementara Scoopy dan Genio sudah diproduksi saat ini 8,5 juta unit," ungkap Suhari.


Nah yang menjadi masalah saat ini, belum ada model di Skutik Fashionable yang mengisi segmen Skutik High-End atau premium.


"Jadi ketika konsumen Skutik Fashionable ini ingin step up dari Genio atau Scoopy, mereka akhirnya lari ke segmen Sporty yang diisi Vario 160, atau ke segmen Elegan yang ada PCX160, atau bahkan ada yang beralih ke kompetitor," lanjut Suhari.


Inilah, kata Suhari menjawab pertanyaan OTOPLUS-ONLINE, yang menjadi alasan AHM mengawinkan desain skutik fashionable dengan mesin kapasitas besar sesuai tagline yang diusung New Honda Stylo, yakni Fashion Meets Power.


New Honda Stylo mengusung tagline Fashion Meets Power.


"Jadi Stylo 160 ini menyasar segmen high end bersama dengan Vario 160, PCX 160 dan ADV160, karena konsumen kami punya persepsi, skutik premium Honda itu bermesin 160cc. Selain itu ya itu tadi mengalahkan kompetitor!" pungkas Suhari.


Teks dan Foto: Indramawan

Comments


bottom of page