• Editor

New Viar Q1 untuk Mobilitas Pengendara di Era Modern


New Viar Q1 (putih) dan Viar Q1 (merah)

Viar Q1, salah satu pemain skuter listrik, yang bernaung di bawah PT Triangle Motorindo, bertepatan dengan momen Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, memperkenalkan varian terbaru skuter listrik All New Viar Q1.


All New Viar Q1 dengan tampilan klasik, menggunakan dua buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V23AH, sebagai sumber daya yang didukung teknologi Battery Management System (BMS).


Hal tersebut membuat All New Viar Q1 memiliki jarak tempuh 120 Km, atau dua kali lebih jauh dari model Viar Q1 sebelumnya.

Teknologi BMS tadi berfungsi memantau tegangan, arus listrik, dan suhu baterai secara bersamaan pada waktu yang sama. Sehingga bisa memberi tingkat perlindungan keamanan baterai tetap terjaga dengan baik.

Yucuanto Susetyo, Direktur PT Kencana Laju Mandiri (kiri), bersama pembeli pertama New Viar Q1 (berbaju kuning) di GIIAS 2019

“Untuk penggerak, New Viar Q1 menggunakan motor tipe Brushless-Hub buatan Bosch, yang sanggup menggelontorkan tenaga 800 Watt,” jelas Yucuanto Susetyo, Direktur PT Kencana Laju Mandiri, salah satu Distributor motor Viar di Indonesia.


Untuk top speed, generasi terbaru skuter listrik rakitan Semarang, Jawa Tengah ini diakui Yucuanto bisa mencapai kecepatan 60 Km/jam.

New Viar Q1 siap memanjakan penggunanya

All New Viar Q1 memiliki fitur dua pilihan mode berkendara, yakni standar dan sport. Fitur ini bisa diaktifkan pada saat kendaraan posisi berhenti atau sedang berjalan, yang bisa dioperasikan melalui saklar yang terdapat di atas tuas throttle.


Fitur yang tak kalah penting adalah Emergency Throttle Posistion. Di mana teknologi ini sangat berguna jika tuas throttle tidak bekerja. Caranya cukup menekan tombol bertanda kunci pas secara terus menerus, sebagai pengganti tuas throttle.


Terdapat pula tombol P (parking) sebagai pengaman, dengan menekan tombol “P” selama 5 detik, maka kendaraan siap untuk dioperasikan. lni sangat penting untuk menjaga agar kendaraan tidak bisa dijalankan sebelum menekan tombol “P”.


New Viar Q1 juga dilengkapi alarm, untuk menjaga keamanan kendaraan di tempat parkir. Dengan mengaktifkan fitur ini, alarm akan bekerja jika roda belakang berputar lebih dari satu putaran. Sirine akan berbunyi, dan semua sistem kelistrikan akan mati total.

New Viar Q1 di booth Blibli.com

Viar juga menerapkan fitur Smart Key On untuk mengaktifkan kendaraan melalui remote control. Sehingga untuk menjalankan kendaraan tak perlu anak kunci. Sedangkan untuk menonaktifkan, atau mematikan kendaraan, cukup menekan tombol pada remote control.


Semua informasi kendaraan yang dibutuhkan, bisa dipantau melalui panel layar full digital model negatif, mudah dibaca oleh pengendara dalam berbagai kondisi. Desain baru lampu utama yang lebih sporti sudah menggunakan LED, termasuk lampu sein.


Selain memberikan daya dua kali lebih besar, guna menunjang aktivitas dan mobililitas pengendara di era modern, New Viar Q1 memperbarui soket USB pengisi daya gawai dengan keluaran daya sebesar 2,1 Ampere yang terdapat pada konsol depan sebelah kiri.


Naskah & Foto: Wave

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online