• Editor

Ngabuburit Berburu Ikan Asap ke Pantai Bentar - Probolinggo Bersama Yamaha All New NMAX

“Wuih!!! Torsi terasa kuat banget saat akselerasi, disambut kemudian oleh power besar untuk menggapai top speed. Hasil yang saya rasakan, tenaga terasa ngisi terus di setiap kenaikan rpm...” (David A. - Jurnalis)

YAMAHA JATIM - David Affandi, seorang penghobi turing asal Surabaya ingin menguji performa dan kenyamanan Yamaha All New NMAX 155 ABS Connected, sambil ngabuburit berburu ikan asap ke Pantai Bentar, Probolinggo.


“Kali ini, saya akan lakukan uji performa mesin, dan kenyamanan motor, serta fitur-fitur canggihnya seperti TCS,” buka David yang juga berprofesi sebagai jurnalis di bidang otomotif ini.

Perjalanan dimulai dari perlintasan rel kereta api Tanggulangin, Sidoarjo. “Begitu mencoba, motor ini terasa ringan pengendaliannya di kecepatan rendah. Padahal sekilas bodinya terlihat bongsor banget,” ungkap David.


“Bahkan, saat dipakai menyelinap di tengah kemacetan, motor terasa ringan, mudah, dan lincah dalam bermanuver, meskipun jarak sumbu roda All New NMAX 155 ABS Connected cukup panjang,” tambahnya.


Karena itu David memprediksikan, All New NMAX 155 ABS Connected ini cukup bersahabat bagi pengendara wanita. “Sebab motor ini bisa dibilang 'jinak', sehingga menurut saya, cukup friendly bagi wanita,” tukas David.


Setelah melewati perlintasan rel Tanggulangin, dan ketika ruas jalan mulai lenggang, David pun mulai bermain-main dengan gas. Diawali pada kondisi mode TCS non-aktif. Mulanya motor dijalankan 20 Km/Jam saja, dan setelah beberapa saat, gas dibuka ekstrem!

“Wuih!!! Torsi terasa kuat banget saat akselerasi, dan kemudian diumpan ke power besar untuk menggapai top speed. Hasil yang saya rasakan, tenaga terasa ngisi terus di setiap kenaikan rpm,” senyum David.

Nah saat menyentuh 6.000 rpm, dan mulai tampak indikator VVA menyala, terpaan angin dari depan seolah hampir tak berpengaruh terhadap performa All New NMAX 155 ABS Connected ini di rpm putaran atas.

“Artinya, saat menerjang angin besar sekalipun, motor ini masih bisa melaju dengan tenaga maksimal karena kekuatan tenaganya. Juga didukung rangka dan suspensi mumpuni, sehingga terasa tetap stabil pengendaliannya. Enggak oleng,” jelas David.

Untuk membuktikan hal ini, sekaligus mempersingkat waktu di tengah kemacetan jalan provinsi, David nekat melibas bahu jalan yang penuh batu dan pasir, sekalian menguji kinerja suspensi.


“Awalnya sempat ragu saat mau turun ke bahu jalan, yang berupa trek makadam bergelombang, dan tingginya permukaan aspal. Khawatir bagian bawah mentok terkena batu, atau permukaan aspal saat naik kembali ke jalan utama. Tapi nyatanya, lolos-lolos aja tuh…” lega David.


Ini membuktikan, profil tapak ban yang lebar, dan performa suspensi All New NMAX 155 ABS Connected mampu bekerja optimal meredam hentakan dalam kondisi ekstrem sekalipun.

Setelah melalui perjalanan cukup panjang dan penuh tantangan, David pun tiba di Pantai Bentar, Dringu, Probolinggo. Ikon Pantai Bentar yang terletak di tepi jalan, dimanfaatkan David untuk bisa mengabadikan All New NMAX 155 ABS Connected ini.


Dan ketika matahari tampak semakin tenggelam di ufuk barat, David pun bergegas memilih menu buka puasa yang disajikan para pelaku UKM ikan asap di sepanjang jalan.

“Lapak sederhana, dan kebulan aroma khas ikan asap memberikan rasa syukur, karena ibadah puasa hari ini sangat menyenangkan, karena ditemani NMAX,” kata David sambil menyantap olahan ikan asap dengan sambal kecap, plus jeruk nipis, dan teh tawar panas. ***