• Editor

Otoplus-Online Trip: Jelajah Pantai Malang Selatan


Selain untuk mengetahui performa Kawasaki W175 versi custom by Smoked Garage, kami juga ingin mengeksplor pantai di Malang Selatan yang indah tapi belum banyak dikunjungi.


Malang kini tak hanya dikenal dengan dataran tingginya. Beberapa tahun belakangan, wilayah Malang Selatan semakin nge-hits dengan pantai-pantai eksotisnya, seperti Pantai Balekambang, Pantai Tiga Warna, Pantai Goa Cina dan banyak lagi. Setidaknya ada 30-an lebih wisata pantai yang tersebar sepanjang pesisir Malang Selatan.

Kami memilih rute Kepanjen-Sumbermanjing-Sidurejo untuk sampai ke kawasan pantai di Malang Selatan.


Dari puluhan pantai tersebut OTOPLUS-ONLINE coba menjelajahi dan mengunjungi beberapa pantai yang saat ini belum menjadi favorit wisatawan.


Kawasaki W175 Smoked Garage

Modifikasi yang dilakukan Smoked Garage tidak radikal seperti mengubah konstruksi rangka, sebatas penampilan saja.


Untuk Trip kali ini OTOPLUS-ONLINE mengandalkan Kawasaki W175 yang kami pinjam dari Kawasaki Surapita, main dealer Kawasaki wilayah Jatim, NTT dan Ambon. Bukan unit standar pabrik namun versi modifikasi bergaya scrambler racikan bengkel modifikasi Smoked Garage, Bali.

Lepas Kepanjen, rutenya makin variatif.


Perjalanan dari Surabaya sampai ke Kepanjen, tergolong B alias biasa aja. Lepas Jalur Lintas Selatan dari Kepanjen menuju Sumbermanjing lanjut ke Sidurejo barulah sensasi berkendara sesungguhnya bisa dinikmati. 

Disambut hujan deres di kawasan Gunung Geger, Pagak.


Sekitar 12 km lepas dari kota Kepanjen tepatnya di wilayah Gunung Geger, Pagak, kami disambut dengan hujan yang cukup lebat. Kami memilih berteduh sekaligus beristirahat sembari menunggu kondisi cuaca membaik.


Perjalanan dilanjutkan sesaat begitu hujan reda. Kondisi jalan yang masih basah dikombinasi jalur berliku seru banget dijadikan arena mengeksplor impresi sesungguhnya motor hasil modifikasi builder Smoked Garage ini.


Pasalnya sepanjang perjalanan sampai ke Sidurejo banyak ditemui tikungan dan jalan dengan kontur jalan yang menanjak dan menurun.

Jalanan yang sempit, terkadang saking sempitnya salah satu kendaraan harus mengalah dengan berhenti.


Lebar jalan yang terbatas acap memaksa dua mobil yang berpapasan untuk jalan perlahan. Terkadang salah satu harus mengalah dengan berhenti dulu.

Makin mendekati kawasan pantai, permukaan jalan makin jelek.


Setang lebar diadopsi memang efektif mengompensasi penggunaan ban berukuran 3.50-17 sehingga gerakan kemudi jadi lebih ringan. Namun negatifnya kalau dipakai perjalanan jauh, pergelangan tangan jadi terasa pegal. Sementara itu joknya meski terlihat tipis ternyata masih nyaman tuh dipakai perjalanan jauh.  

Karakter sok belakang jadi empuk.


Kenyamanan berkendara juga disupport oleh karakter sokbreker produk YSS yang digunakan. Karakter redamannya lembut namun tidak sampai membuat buritan geal-geol. Tetap nurut ketika menaklukkan tikungan-tikungan.

Ban model kembang tahu cocok untuk medan tidak bersahabat.


Aplikasi ban motif kembang tahu dengan tapak lebar membuatnya tidak terlalu lincah bergerak, di jalan menikung dengan permukaan jalan aspal yang basah juga wajib ekstra waspada.

Beberapa ruas bahkan ada yang tidak dilapis aspal.


Motif kembangan ban model itu memang kurang sakti di jalan aspal yang mulus namun ketika menjumpai trek makadam berbatu, berpasir serta penuh genangan air seperti di beberapa ruas jalan pada rute Sumbermanjing-Sidurejo pasca hujan barulah terasa keunggulannya.

Suara knalpot gahar sih, tapi harus nahan diri saat lewat perkampungan.


Entah karena efek psikologis dari penggantian knalpot atau memang ada updgrade di sektor mesin, performa mesinnya kami terasa lebih trengginas dibandingkan W175 standar yang pernah OTOPLUS-ONLINE coba.

Jalan mulus dan sepi memungkinkan kami sedikit tancap gas.


Perjalanan sejauh 300 kilometer lebih sanggup dituntaskan tanpa masalah. Konsumsi BBM-nya ternyata cukup irit. Kebetulan saat menerima unit dari Kawasaki Surapita, tangki dalam kondisi kosong. Setelah kami isi penuh hingga 13,5 liter dan kami ajak berkelana sampai tripmeter menunjukkan angka 362,4 kilometer kami masih belum perlu memindahkan keran bensin ke posisi R (Reserve). Dengan asumsi volume tangki reserve sebanyak 1,5 liter maka volume utama sebanyak 12 liter belum terpakai semua maka bisa dipastikan konsumsi BBM-nya di atas 30 km-an per liternya.

Pantai Kuncaran

Rasa lelah langsung terbayar setibanya di Pantai Kuncaran.


Berjarak sekitar 48,5 kilometer dari kota Kepanjen, pantai yang berada di area gunung Sidurejo, Gedangan, Malang ini diapit oleh keberadaan dua semenanjung karang. Garis pantainya tidak terlalu panjang hanya 300 meter. Pantai ini langsung menghadap ke samudra Hindia sehingga ombaknya besar namun menyodorkan hamparan pasir putih bersih yang menggoda. Segala aktivitas air seperti berenang, snorkeling, diving atau lainnya sama sekali tidak diperbolehkan.

Menikmati keindahan Pantai Kuncaran.


Tak jauh dari tepi Pantai Kuncaran, terhampar lahan yang cukup luas dengan rimbun pepohonan yang menyejukkan. Di batas tepi pantai juga ditanam pohon cemara udang dengan dedaunan yang cukup lebat. Sepertinya seru kalau mendirikan tenda di sini.  Apalagi tak jauh persisnya di lokasi pantai Ngudel disediakan toilet umum.

Pantai Ngudel

Di Pantai Ngudel sisi timur, ombaknya sedikit lebih tenang.


Letaknya bersebelahan tepat di sisi timur Pantai Kuncaran. Karena lokasinya berdekatan dengan Pantai Kuncaran, maka pintu masuk lokasi wisata jadi satu. Tiket masuk per orang Rp15 ribu termasuk parkir sepeda motor.


Di lokasi wisata Pantai Ngudel banyak terdapat warung makan sehingga kalau gak mau repot kalian tidak harus membawa bekal makanan tapi bersiap saja kalau harga makanan dan minumannya lebih mahal. Lebih baik tanyakan dulu sebelum mengorder.


Panjang garis pantai Ngudel sekitar 500 meter. Ombak yang menghempas terutama sekitar 200 meter bagian pantai di sisi timur lebih ramah lantaran kekuatan ombak teredam oleh keberadaan semenanjung dan pulau karang yang terletak tak jauh dari bibir pantai.

Pantai Bajulmati

Disambut pasir putih yang bersih di pantai Bajulmati.


Pantai ini terletak sekitar 7 kilometer arah timur pantai Ngudel. Seperti di Pantai Kuncaran, aktivitas olahraga/bermain air juga dilarang karena ombaknya besar seperti pantai-pantai di sekitarnya. Tak hanya menyuguhkan panjang garis pantai sekitar 800 meter dan hamparan pasir putih bersih, pantai Bajulmati juga mempunyai obyek wisata lain yaitu Goa Wil. Fasilitas seperti warung makan dan toilet umum juga tersedia di sekitar kawasan pantai Bajulmati.

Teks: Arianto Sasongko

Foto: Arianto Sasongko, Nugroho Sakri Yunarto, Wanda

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online