• Editor

Panduan Aktifkan Fitur Y-Connect Pada All New NMAX 155


Yamaha All New NMAX 155 dilengkapi fitur baru yang canggih dan diklaim sebagai yang pertama untuk motor yang diproduksi di Indonesia. Fitur yang memungkinkan motor bisa terkoneksi dengan smartphone ini mengusung teknologi Comunication Control Unit (CCU), dan terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis Bluetooth.

Karena fitur ini masih baru, tentu konsumen butuh edukasi bagaimana untuk memfungsikan dan memaksimalkan fitur Y-Connect ini. Nah pada acara launching All New NMAX 155 di Atrium Utama Royal Plaza Surabaya (10/3) lalu, dengan dibantu Fransiskus Indra Vanesta dari Tim Edukasi PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) selaku main dealer sepeda motor dan spareparts Yamaha untuk wilayah Jawa Timur, OTOPLUS-ONLINE coba berikan panduannya.


1. Download Aplikasi Yamaha Y Connect

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh atau download aplikasi Y Connect melalui Play Store atau Google Store. "Setelah di-download dan di-install, berikutnya adalah masuk ke masuk ke verifikasi dengan memasukkan alamat email untuk bikin akun baru," buka Evan, sapaan Fransiskus Indra Vanesta.


2. Proses Pairing

Berikutnya adalah proses pairing, atau menghubungkan smartphone kita dengan Comunication Control Unit (CCU). "Untuk proses pairing ini ada 3 cara yang ditempuh. Bisa dengan scan CCU, scan nomor rangka (barcode), dan terakhir lewat input nomor rangka. Pilih salah satu," kata Evan sambil mengingatkan pada proses ini smartphone harus pada posisi ON.

Apabila proses pairing ini berhasil, maka pada spidometer muncul tulisan APP sebagai tanda kita sudah terkoneksi. "Di spidometer kita juga bisa lihat indikator baterai smartphone. Ini juga menjadi tanda smartphone kita sudah terhubung (connected) dengan CCU," kata Evan.


3. Setting Notifikasi Yang Ingin Ditampilkan

Berikutnya adalah menyeting notifikasi yang kita inginkan pada aplikasi Y Connect tersebut. "Ada banyak sekali, tapi maksimal kita hanya bisa aktifkan 6 notifikasi saja. Bisa saja, setelah kita pilih, kemudian kita ingin ganti salah satu notifikasi tersebut. Tinggal dihapus dan diganti notifikasi baru saja," terang Evan.


4. Indikator Incoming/Missing Calls dan Incoming Messages

Setelah mensetting notifikasi, sekarang saatnya mengaktifkannya. Semisal kita sudah aktifkan notifikasi Whatsapp (WA), maka seandainya ada pesan WA masuk maka kita bisa lihat indikator Incoming Messages pada bagian kiri atas spidometer akan berkedip. "Begitu pula ketika ada Incoming/Missing Calls dari WA, atau ada email masuk, dan lain sebagainya, maka yang berkedip indikator sebelah kiri-atas tersebut. Sementara indikator sebelah kanan atas hanya akan berkedip ketika ada telepon masuk," tunjuk Evan.


5. Perhatikan Safety Riding

Ini adalah tahapan paling penting karena terkait safety riding atau keselamatan di jalan. Ketika saat berkendara tiba-tiba kita melihat indikator indikator Incoming Messages atau Incoming/Missing Calls berkedip, maka tidak usah terburu-buru. Pihak Yamaha mengeluarkan himbauan untuk selalu mematikan sepeda motor sebelum mengaktifkan smartphone, jangan melepas kemudi sepeda motor ketika berkendara, dan selalu berkonsentrasi dan fokus ketika berkendara di jalan.

"Menepilah secara aman, berhenti dan matikan mesin motor untuk membuka pesan. Selama motor belum berhenti, maka indikator akan berkedip terus. Baru setelah mesin motor mati, dan kemudian dinyalakan kembali, lampu indikator akan normal," tutup Evan.


Teks & Foto: Indramawan