• Editor

Peduli COVID-19, BMW Astra Perpanjang Program Pembersihan Sirkulasi Udara


Sejak dimulai tanggal 9 Maret 2020, layanan Program Pembersihan Sirkulasi Udara yang diinisiasi BMW Astra mendapatkan sambutan sangat baik, seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan diri dan lingkungan. Terlebih pada kondisi pandemi virus korona (COVID-19) yang hingga saat ini belum berakhir.


"Terima kasih atas antusiasme positif para pelanggan BMW Astra untuk bersama-sama menjaga kesehatan dengan melakukan pembersihan saluran udara mobil di BMW Astra. Senang rasanya seluruh pelanggan BMW Astra memiliki kepedulian yang tinggi dalam menjaga kebersihan dan kesehatan,” kata Fredy Handjaja CEO BMW Astra.

Ada diskon filter AC, di antaranya kepunyaan BMW X1 yang berkisar Rp 1,5-2,5 juta (tergantung tahun).

Sampai dengan 20 Maret 2020, tercatat 526 mobil BMW dan MINI mendapatkan layanan pembersihan saluran udara secara gratis dari BMW Astra yang tersebar di DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Evaludin, Aftersales Manager BMW Astra Surabaya

“Di BMW Astra Surabaya, unit entry untuk mendapatkan layanan ini hingga 31 Maret mencapai 49 unit,“ ujar Evaludin, Aftersales Manager BMW Astra Surabaya. Program Pembersihan Saluran Udara ini termasuk pembersihan evaporator pada sistem AC.


“Karena di komponen ini kondisinya selalu lembab yang dapat menjadi sumber munculnya bakteri dan lain-lain. Oleh karena itu saat ini kami fokus pada sterilisasi sumber bakterinya,” terang Evaludin sembari menyampaikan kalau waktu yang diperlukan untuk proses pembersihan ini rata-rata sekitar 1 jam. “Tergantung seberapa kotor kondisi evaporator AC,” imbuhnya.


Apabila dalam pengerjaan ada komponen atau spare part yang butuh penggantian seperti filter AC, “Akan kami berikan diskon sebesar 5%,” tambah Evaludin.

Pembersihan menyeluruh pada sistem AC.

Menurutnya penggantian filter AC sangat bergantung pada kondisi udara luar. Dari pengalamannya, rata-rata filter AC perlu diganti sekitar 8-9 bulan atau paling lambat setahun sekali.


Sesuai komitmen BMW Astra untuk menciptakan keamanan, kenyamanan, dan tentunya kebahagiaan bagi pelanggannya terutama dalam kondisi yang berat seperti ini. BMW Astra ingin memberikan kesempatan kepada para pengguna BMW dan MINI lain untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman yang sama.


"Untuk itu, kami memperpanjang program gratis pembersihan saluran udara BMW dan MINI sampai dengan 20 Mei 2020," tambah Fredy. Layanan gratis pembersihan sirkulasi udara mobil ini bisa dilakukan dengan penjadwalan melalui 1-500-898 tekan 4.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto