• Editor

Penginden Kawasaki ZX-25R Inipun Gigit Jari Gara-Gara COVID-19


Sejatinya, Kawasaki Ninja 250 bermesin 4 silinder segaris akan dilansir secara resmi untuk pertama kalinya (world premiere) di Jakarta pada 4 April pada event Kawasaki Bike Week di Ancol, Jakarta. Tak dinyana, pandemic COVID-19 membuyarkan rencana besar Kawasaki tersebut.


“Setelah Jakarta, rencananya ZX-25R menyusul diperkenalkan di Surabaya,” tukas Jefry Chandra, General Manager PT Surapita Unitrans, main dealer Kawasaki wilayah Jawa Timur, NTT dan Maluku.

  • SPK yang dibatalkan.

Hingga saat ini, di Surapita Unitrans tercatat setidaknya sudah ada 50 penginden ZX-25R yang sabar menanti kehadiran Ninja 250 4 silinder tersebut. Meski akibat merebaknya wabah virus korona, “Belum ada kepastian kapan ZX-25R akan diluncurkan,” pasrah Jefry.


Ada kejadian konyol dialami penginden Kawasaki Ninja ZX-25R di Jawa Barat. Ada SPK penginden Kawasaki Ninja ZX-25R dibatalkan sepihak oleh PT Citrakarya Pranata, main dealer Kawasaki wilayah Jawa Barat. Salah satunya Bagus Adi Rahmadi yang melakukan SPK pada tanggal 23 Oktober 2019.

  • Uang tanda jadi dikembalikan.

“Saya sudah senang dapat nomor urut 2,” kata Bagus. Tapi sekitar awal Maret, dia mendapatkan pemberitahuan dari PT CKP kalau SPK untuk ZX-25R miliknya dibatalkan sepihak.


“Sepertinya ada miskomunikasi antara PT CKP dengan PT KMI (Kawasaki Motor Indonesia). Di awal-awal tidak ada pemberitahuan dari pihak KMI kalau indennya menggunakan sistem online. PT CKP terlanjur menerima inden melalui dealer,” ujar Bagus menirukan penjelasan yang disampaikan sales person PT CKP.


Meski uang tanda jadi sebesar Rp 2 juta dikembalikan ia tetap kecewa lantaran harus mengulang proses inden melalui online. Setelah inden dibatalkan, Inden informasinya bakal dibuka di web-nya Kawasaki. Ternyata hingga launching batal tanggal 4 April form inden online tidak juga muncul.

  • Ram Air berukuran besar di fairing depan.

Sebagai informasi, Kawasaki sebenarnya sudah memperkenalkan ZX-25R bermesin 4 silinder di ajang Tokyo Motor Show pada bulan Oktober 2019 lalu namun belum diluncurkan secara resmi untuk dipasarkan.

  • Dites Alex Lowes, pembalap superbike Kawasaki Racing Team.

Pada tanggal 21 Januari 2020, saat sesi winter test, dua pembalap superbike Kawasaki Racing Team yaitu, Jonathan Rea dan Alex Lowes didapuk untuk mengetes Kawasaki ZX-25R di sirkuit Jerez, Spanyol. Sobat bisa melihat aksi mereka di tautan berikut  https://youtu.be/K6c7RgXURS4.

  • Mesin DOHC 4 silinder 16 katup berkapasitas 249 cc berpendingin cairan ini sanggup berkitir sampai 17.000 rpm.

Situs young-machine.com menyebut Kawasaki ZX-25R sebagai supersport kecil yang revolusioner. Bagaimana tidak, meskipun belum ada spesifikasi rinci namun potensi mesin 4 silinder berkapasitas 249 cc yang dapat berkitir hingga 17.000 rpm jelas menjanjikan performa istimewa. Lengkingan suara mesinnya bisa sobat dengarkan lewat tautan ini https://twitter.com/i/status/1209375987642691585.

  • Rangka model trellis dengan bahan high tensile steel.

  • Sok depan model Separate Function Fork (SFF) Big Piston (BP).

  • Rem depan dikawal radial mount monoblock caliper.

  • Suspensi belakang mengusung model Horizonal Back-Link.

  • Dibekali teknologi KTRC, KQS dan Power Modes.

  • 4 pipa knalpot menunjukkan kalau mesinnya 4 silinder.

ZX-25R menggunakan rangka pipa baja yang dibudidayakan Ninja H2. Suspensi depannya tipe SFF-BP (big piston), rem depan cakram tunggal yang dikawal kaliper monoblock mount radial. Dibekali juga dengan KTRC (Kawasaki Traction Control), KQS (Kawasaki quick shifter), dan Power Mode.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Youtube Kawasaki Indonesia

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.