• Editor

Polres Pati Canangkan Stop Pelanggaran! Stop Kecelakaan! Pada Millennial Road Safety Festival 2019


Berdasarkan data yang dilansir PBB, kecelakaan lalu lintas (laka lantas) merupakan penyebab kematian tertinggi nomor 5 di dunia. Dan menurut Data Laka Korlantas Mabes Polri, di Indonesia tercatat penyumbang angka kecelakaan terbesar berasal dari kelompok umur 15 – 25 tahun. Dari data tersebut, prosentase terbesar 60% dialami oleh kelompok umur yang akrab dengan istilah generasi milenial ini.


Untuk wilayah Polres Pati sendiri, tercatat data laka lantas sampai Maret 2019 ini tembus di angka 1.121 kejadian. Dengan rincian kurang lebih 40% nya berasal dari generasi milenial.

AKP Christian Crisye Lolowang, SIK.

“Untuk per hari, data angka kecelakaan di Pati cukup tinggi. Rata-rata 4 kecelakaan terjadi,” ungkap AKP Christian Crisye Lolowang, SIK, selaku Kasatlantas Polres Pati.


Nah Millennial Road Safety Festival (MRSF) ini adalah bentuk program kampanye besar-besaran yang dicanangkan oleh Pemerintah.


"Kegiatan ini adalah satu bentuk upaya untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas," tutur AKBP Jon Wesly Arianto, SIK, selaku Kapolres Pati dalam sambutannya saat gelaran MSRF di Alun-Alun Pati, Minggu (10/3) lalu.


Lebih lanjut Kapolres mengajak kaum muda sebagai generasi milenial untuk bersama-sama menjaga keselamatan. Karena pada generasi milennial inilah estafet kepemimpinan bangsa ini akan diamanatkan.


“Tertib berlalu lintas, stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan!” semangat AKBP Jon Wesly.


Dalam pelaksanaannya, MSRF Polres Pati dihadiri oleh ribuan peserta yang berasal dari berbagai kalangan, terutama dari generasi milenial. Mereka ambil bagian dalam berbagai atraksi seperti dari Patroli Kemanan Sekolah (PKS) binaan Polres Pati, Polisi Cilik (Polcil) SDN 1 Pati Kidul binaan Kasatlantas Polres Pati. Juga atraksi Polisi Wanita (Polwan) Ditlantas Polda Jawa Tengah yang unjuk kebolehan dengan mengendarai moge (motor gede).


Makin meriah karena juga digelar jalan sehat, ekspo produk UMKM, dan pembacaan serta penandatanganan Deklarasi Pelopor Keselamatan Berlalulintas oleh Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) antara lain Bupati Pati. H. Haryanto, SH, MM, MSi, Kapolres Pati AKBP Jon Wesley Arianto, SIK, dan Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos.

(Naskah & Foto: dJansen)


© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.