• Editor

Pos Siaga Astra Kawal Trans Jawa

ASTRA HOLIDAY CAMPAIGN 2019.

Ruas tol Trans Jawa yang mulai beroperasi secara penuh sejak 20 Desember 2018 dipastikan akan menjadi akses utama pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya. Untuk itu Grup Astra menyiapkan Pos Siaga di sepanjang tol Jawa, ada 8 Pos Siaga Astra yang tersebar di sepanjang ruas tol Trans Jawa dan 1 Pos Siaga Astra di Tabanan, Bali.


Di Pos Siaga Astra, para pemudik dapat singgah untuk melakukan pemeriksaan kendaraan atau servis ringan. Sembari menunggu kendaraannya diperiksa atau diperbaiki oleh teknisi Astra, para pemudik dapat beristirahat sambil menikmati fasilitas-fasilitas yang tersedia di Pos Siaga Astra.


Grup Astra menyiapkan 600 teknisi mobil dan 232 teknisi motor untuk berjaga sepanjang pelaksanaan program Astra Holiday Campaign (31 Mei – 7 Juni 2019) yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi.

Sapto Pamungkas, Area Service Coordinator Daihatsu (Grup Astra) Jawa Timur.

Lalu bagaimana jika ada pemudik yang mengalami masalah dengan kendaraannya di luar ruas tol? “Bila jaraknya tidak terlalu jauh dari Pos Siaga dan memungkinkan untuk ditarik maka kami akan berkoordinasi dengan petugas derek tol untuk membawa kendaraan yang bermasalah ke Pos Siaga. Namun bila tidak memungkinkan maka akan dibantu atau diarahkan menuju Bengkel Siaga,” terang Sapto Pamungkas, Area Service Coordinator Daihatsu (Grup Astra) Jawa Timur.


Selain Pos Siaga, Grup Astra juga menyiapkan 97 Bengkel Siaga, 27 Garda Siaga ERA serta 58 Emergency Roadside Assistance untuk kenyamanan dan ketenangan pelanggan Grup Astra dalam melakukan perjalanan mudik.


Di wilayah Jawa Timur Pos Siaga Astra ada dua pos, dari arah Surabaya berada di Rest Area Tol Mojokerto - Jombang (KM 678 B) dan menuju arah Surabaya berada di Rest Area Tol Solo - Ngawi (KM 575 A). “Kami menyiapkan 16 teknisi untuk berjaga 24 jam di kedua pos itu selama 8 hari pelaksanaan AHC 2019,” kata Sapto.


Untuk memudahkan pemudik yang membutuhkan bantuan darurat atau sekadar memperoleh informasi mengenai kegiatan AHC 2019, Astra menyediakan nomor contact center yang beroperasi 24 jam, 7 hari seminggu. Nomor-nomor tersebut adalah Call Astra World 1500-898, Seva Call 1500-607, Call Garda Akses 1500-112 atau Honda Customer Care Center 1500-989. Selain nomor-nomor contact center, pengguna juga bisa melalui aplikasi ANAVIGO dan memanfaatkan fitur Car Emergency untuk meminta layanan emergency Astra seperti layanan derek kendaraan.

Victoria Surjani Hadi, Regional Office Head Astraworld Jawa Timur.

“Layanan melalui ANAVIGO khusus diperuntukkan untuk member Astraworld yang melekat selama 5 tahun di setiap kendaraan produk Astra. Apabila masa keanggotaan selama 5 tahun sudah habis masa berlakunya, tetap bisa menggunakan layanan ANAVIGO dengan memanfaatkan layanan perpanjangan keanggotaan. Keanggotaan Astraworld dapat diperpanjang hingga maksimal 8 tahun dengan biaya 500 ribu/tahun,” papar Victoria Surjani Hadi, Regional Office Head Astraworld Jawa Timur.


Lokasi Pos Siaga

  • Merak Rest Area Tol Merak – Jakarta KM 68 B

  • Cikampek Rest Area Tol Jakarta – Cikampek KM 57

  • Cipali Rest Area Tol Cipali KM 102

  • Cirebon Rest Area Tol Palikanci KM 207 A Cirebon

  • Alas Roban Rest Area Tol Batang – Semarang KM 379 A

  • Salatiga Rest Area Tol Semarang – Solo KM 456 A

  • Ngawi Rest Area Tol Solo – Ngawi KM 575 A

  • Jombang Rest Area Tol Jombang – Mojokerto KM 678 B

  • Tabanan SPBU 54.821.11 Selabih, lalanglinggah, Selemadeg Barat, Tabanan

Naskah & foto : Nugroho Sakri Yunarto