• Editor

Prank of The Day: F155 Versi Konsep Dari Yamaha Exciter 155 Dibuat Di Purwokerto!

Biaya pembuatan concept bike Exciter 155 ini tembus Rp 1,4 Miliar di Jepang. Kira-kira habis berapa jika dibuat di Indonesia?

OTOPLUS-ONLINE I Seperti judul di atas, tulisan ini hanya sekedar lelucon belaka, tanpa ada maksud apa-apa. Kami hanya surprise melihat F155 yang merupakan versi konsep atau juga disebut prototype dari Yamaha Exciter 155. It's very cool!

Dari Moto Saigon (motosaigon.vn) didapat info bahwa, F155 ini ditampilkan oleh Yamaha Vietnam pada peluncuran Exciter 155 awal Januari lalu. Tujuannya adalah memberikan inspirasi kepada pemilik Exciter, yang kalau di Indonesia disebut MX-King.

Paling gila, menurut perwakilan Yamaha Vietnam, F155 ini dibuat di Jepang dengan nilai total lebih dari 100.000 USD atau sekitar Rp 1,4 Miliar!

Kami pun membayangkan, seandainya F155 ini dibikin di Indonesia yang dikenal dengan kreativitas modifikator dan custom bike builder-nya, kira-kira sampai berapa ya ongkos pembuatannya?

Untuk itu kami menghubungi Wiwin dari Win's Paddock - Purwokerto yang sempat mem-booming-kan gaya fighter cub sekitar 10 tahun lalu. Salah satu karyanya yang kami ingat adalah Red Devil yang mengambil basis Yamaha Jupiter-Z tahun 2007.

"Sebenarnya dulu ada karya kami yang lebih mirip dengan motor itu (F155). Iron Horse, motor punya Hansen yang mengambil basis Yamaha Jupiter MX," buka Wiwin yang mengaku sangat surprise melihat F155 itu karena mirip banget dengan gaya fighter cub yang dulu dipopulerkannya.

Ketika ditanya, berapa biaya untuk membuat Red Devil itu, Wiwin menjawab, " Waktu itu tahun 2011 sekitar Rp 35 juta..."


Sementara ketika kami minta Wiwin menerka, berapa biaya pembuatan F155 itu di Jepang, dengan bijak pria humoris itu menjawab, "Ya, pasti ada harga ada rupa ya. Apalagi buatnya di Jepang yang standar biaya hidupnya jauh lebih tinggi. Tebakan Wiwin paling mahal ada di angka ratusan juta, Nggak lewat Rp 500 juta lah..."

Dan ketika kami sampaikan biaya pembuatan F155 yang menyentuh angka Rp 1,4 Miliar, Wiwin langsung menjawab, "Kok nggak bikin di Win's Paddock Purwokerto aja ya, Om. Supaya Wiwin bisa bolak-balik naik haji...."


Teks: Indramawan

Foto: MotoSaigon.vn, Wins Paddock