• Editor

Replika Mini Bike Racing Legendaris, Z50R 1983 Ini Dibuat Dari Mesin Honda Win

“Karena itu saya sengaja membuat dengan detail versi originalnya. Ciri khas Z50R tahun 1983 itu adalah jok hitam dan kaki-kaki warna gold.” (Yuanito Henry Kurniawan - Pemilik)

OTOPLUS-ONLINE I Semakin langka atau jarangnya motor mini Honda Z50R, menginspirasi Yuanito Henry Kurniawan untuk membuat replikanya, dari basis mesin Honda Win.

Sebagai info, Z50R masuk ke dalam keluarga mini bike Honda Z series yang diproduksi Honda tahun 1979 sebagai respon atas semakin tingginya permintaan atas mini dirt bikesuntuk dipakai di trek semi off-road.

Ini yang bedakan Z50R dengan Z50A atau Z50J, yang meski masuk dalam kategori motor trail, tapi lebih dipakai untuk fun. Sementara Z50R terus dikembangkan minjadi mini bike racing sebelum digantikan XR50R tahun 2000.

“Kebetulan selain hobi motor mini, passion saya adalah adventure atau trabasan. Jadi Z50R ini sangat tepat dengan kebutuhan saya,” lanjut Henry yang mengadopsi konsep modifikasi dari Honda Z50R tahun 1983.

“Karena itu saya sengaja membuat dengan detail versi originalnya. Ciri khas Z50R tahun 1983 itu adalah jok hitam dan kaki-kaki warna gold.”

Mengingat langka, maka semua part harus dibuat sendiri secara handmade dari nol. “Rangka saya percayakan kepada builder motor mini dari Surabaya, yaitu WS Udek Oto yang memang sudah teruji kualitas frame-nya,” tunjuk Henry sambil menyebutkan rangka custom ini menyesuaikan tinggi motor supaya sesuai dengan versi orisinalnya.


Lanjut ke kaki-kaki, Henry menggunakan pelek ring 10 dibalut Ban Pirelli. “Karena custom, maka setiap part kaki-kaki disetting secara custom, dengan tetap mengacu pada konsep orisinalnya.”

Seperti parts bodi yang juga dibuat secara custom. Bahkan warna cat pada body pun disesuaikan dengan konsep orisinalnya. “Jadi look motor ini benar-benar seperti aslinya.”

Proses paling sulit pada modifikasi ini ada pada bagian segitiga depan. Dibuat dari alumunium supaya ringan, dengan harapan motor bisa lebih lincah saat melibas lintasan off-road.

Dan benar saja. Menurut Henry, dengan basis mesin Honda Win 2002, motor mini ini sangat agresif dan liar. Ditambah lagi ban catok ring 10 membuat cengkraman kaki kaki sangat bagus di jalan tanah.


Data modifikasi

Nama Pemilik: Yuanito Henry Kurniawan ( 41 Tahun )

Mesin: Honda Win 2002 Frame: custom handmade by WS Udek Oto Body: custom by WS Udek Oto Pelek: customring 10 Ban: Pirelli


Bengkel: WS Udek Oto Garage & Shop Alamat: Jl. Hulaan – Menganti Km 1, Menganti - Gresik WA: 0813-3515-8055 IG: @udeksby FB: udek sby Youtube: WS Udek Oto


Teks: Indramawan

Foto: Istimewa