• Editor

Rider 15 Tahun Astra Honda Prestasi Asia Jadi Inspirasi Siswa SMKN 10 Malang


Suasana HDC Tour di SMKN 10 Malang yang diikuti sekitar 100 siswa, dengan acara sharing session dengan pembalap Astra Honda Racing Team, M. Adenanta Putra yang berlaga di Asia Talent Cup

HDC Tour adalah salah satu rangkaian dari Honda Dream Cup (HDC) 2019 yang diselenggarakan PT Astra Honda Motor (AHM). Kali ini, AHM bekerjasama dengan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT dalam menggelar HDC putaran ke-2 yang diselenggarakan di Sirkuit Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Malang pada tanggal 14 - 15 September 2019.

M. Adenanta Putra, pembalap 15 tahun asal Magetan hasil binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) dengan beberapa prestasi di Asia

Pada kegiatan HDC Tour ini, pihak Honda mengadakan kunjungan ke Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkatnya, dengan membawa program-program menarik yang inspiratif.


Ini sejalan tujuan Honda Dream Cup yang memberi ruang bagi remaja untuk mewujudkan mimpi meraih prestasi di kejuaraan balap, melalui pembinaan yang benar, dan penjenjangan bertingkat hingga ke MotoGP.


Seperti pada HDC Tour yang diselenggarakan di SMKN 10 Malang pada hari Sabtu, 14 September 2019 ini. Kegiatan yang diikuti 100 siswa ini dihadiri M. Adenanta Putra, seorang pembalap 15 tahun asal Magetan hasil binaan Astra Honda Racing Team (AHRT).


“Kami menyambut baik kegiatan HDC Tour di SMKN 10 Malang ini,” sambut Dwidjo Lelono, S.Pd., MMPd selaku Kepala Sekolah.


Ditambahkannya, dengan jumlah siswa mencapai hampir 1.600 siswa dan rata-rata menyukai otomotif, pihaknya senantiasa mencari terobosan-terobosan baru, yang bisa dikembangkan menjadi program sekolah.


Sugeng Budiarto selaku Analyst Supervisor Motorsport Department PT AHM (kiri) berdiskusi dengan Dwidjo Lelono, S.Pd., MMPd selaku Kepala Sekolah SMKN 10 Malang

“Kami sudah bekerjasama dengan Honda sejak lama dalam hal kurikulum kependidikan. Lalu kita kembangkan lagi dengan menggandeng AHASS membuka bengkel resmi di sekolah. Untuk mekanik yang menangani motor konsumen ini adalah siswa-siswa kami yang didampingi oleh AHASS. Ini sejalan dengan metode pendidikan Teaching Factory yang dikembangkan di SMK saat ini. Jadi sekolah harus mempunyai fasilitas, yang di dalamnya siswa bisa belajar sambil bekerja sungguhan,” info Dwidjo Lelono.

Kampanye pentingnya keselamatan berkendara atau safety riding

Selain itu, ketika OTOPLUS-ONLINE melihat langsung ke SMKN 10 Malang, ada juga program pembuatan mobil listrik yang menggunakan solar cell, serta aneka kreasi lainnya. “Jadi kami ini memang selalu bergerak mencari terobosan baru. Nah, datangnya Mas Adenanta dalam program HDC Tour ini menjadi angin segar bagi kami. Siapa tahu ada hal-hal baru yang menginspirasi siswa kami,” semangat Dwidjo Lelono.

Pemaparan product knowledge dari produsen ban dalam negeri yang berkualitas dunia, FDR Tire juga menjadi bagian dari HDC Tour

Ya, apalagi M. Adenanta Putra yang sebelumnya mengenyam edukasi balap di Astra Honda Racing School sebelum akhirnya lolos seleksi untuk mengikuti Asia Talent Cup 2018 untuk pertama kalinya ini sudah beberapa kali naik podium mengharumkan nama Bangsa.

M. Adenanta Putra memberikan selamat kepada para siswa yang terlibat aktif dalam sharing session

“Setiap remaja pasti punya keinginan, punya mimpi ingin jadi apa. Ada yang pengin jadi mekanik, pemilik bengkel, pengusaha atau bahkan pembalap. Nah kami hadir di sini untuk memberikan ruang bagi kalian yang suka balap, untuk menempuh proses yang benar. Sebab hasil tidak akan mengkhianati proses jika dilakukan dengan benar. Seperti yang dialami oleh pembalap muda binaan kami, M. Adenanta Putra yang sedang mengikuti Asia Talent Cup sebagai proses untuk menuju MotoGP,” sambut Sugeng Budiarto selaku Analyst Supervisor Motorsport Department PT Astra Honda Motor (AHM).

Antusiasme siswa dalam sharing session bersama pembalap muda binaan Astra Honda Racing Team (AHRT), M. Adenanta Putra yang menapaki karier di Asia Talent Cup

Hal ini dibenarkan Suhari selaku Marcomm & Development Division Head MPM. “HDC Tour ini merupakan ajang pengenalan event Honda Dream Cup ke pelajar, dan harapan kami bisa memberikan inspirasi dari proses menjadi pembalap professional,” tutur Suhari. Pada kesempatan kali ini juga dikampanyekan pentingnya safety riding kepada peserta yang hadir pada kegiatan ini.


Naskah & Foto: Indramawan