• Editor

Royal Enfield Himalayan Project: SG-411 Stealth Fighter


Proyek SG-411 ini pertama kali muncul ketika Royal Enfield UK mendekati Smoked Garage untuk berkolaborasi membangun custombike berbasis produk terbaru mereka, Himalayan.

“Kami setuju, karena Royal Enfield Himalayan ini memiliki kemampuan sebagai kendaraan semua medan. Sangat cocok untuk gaya flat tracker,” buka Nicko Eigert selaku pemilik custom garage yang bermarkas di Kuta, Bali dan sudah punya cabang di Brisbane, Australia ini.

Ditambahkan oleh Nicko bahwa, pihak Royal Enfield menginginkan custom build yang benar-benar modern dan berkualitas tinggi, tapi tentu saja tetap sejalan dengan DNA Smoked Garage. “Paling penting, kualitas dan karakteristik asli dari RE Himalayan harus tetap terlihat dan terjaga fungsinya,” imbuh Nicko.

Dari sini muncul ide untuk mengangkat heritage Royal Enfield di dunia militer. “Terlintas di pikiran kami untuk memasukkan desain jet tempur siluman atau stealth fighter ke dalam motor ini. Ramping, cepat, gesit dan lincah, tapi juga padat dan tangguh dalam menghadapi medan apa pun. Tentu saja futuristik seperti yang diinginkan pihak RE,” kisah Nicko seputar motor yang dibaptis dengan nama SG-411.

Jangan salah, ini bukan sekedar nama atau kode gaya militer. Tapi merupakan singkatan dari Smoked Garage Himalayan yang mengusung mesin kapasitas 411 cc dengan karakter torsi yang kuat di putaran bawah dan menengah sehingga cocok untuk tracker atau scrambler.


Kaki-Kaki

Karena alasan itu, sektor dapur pacu dengan kapasitas 411cc dibiarkan tak tersentuh. Rombakan besar-besaran justru ada pada kaki-kaki. Fork depan teleskopik bawaan Himalayan yang punya jarak travel tinggi digantikan keluaran Showa model upside down berdiameter gambot, 43 mm.

Begitu pula monoshock belakang yang digantikan produk Ohlins bertabung. Nicko sangat jeli memainkan peredam kejut belakang ini hingga tampak mengintip dari balik tangki. Desain seperti ini menjadi detail yang unik, dan belum pernah ada pada custom Royal Enfield.

Agar bisa seperti ini, Nicko harus membuatkan swingarm baru yang desainnya dibuat melengkung tinggi ke atas, sehingga monoshock pun bisa terpasang pada posisi yang diinginkan.


Detail lain di sektor kaki-kaki ini ada pada roda yang menggunakan solid wheels custom dari bahan karbon yang dibalut ban donat dengan kembangan on-off road. Mirip pesawat terbang!


Bodi

Kesan Stealth Fighter terlihat kental pada custom-built body work yang dibuat ramping, dengan garis desain tajam.

Sektor bodi belakang sengaja didesain pendek, hingga menjadikan motor ini anti boncenger.


Untuk mewujudkannya, sub-frame bagian belakang harus dipotong dan dibuat sedikit mendongak ke atas.


Agar riding position tetap tegak dan nyaman, setang perlu ditambah ketinggiannya dengan pemasangan raiser produk ProTaper Carmichaels.


Lampu utama dan lampu ekor dibuat khusus oleh Smoked Garage untuk memperkuat kesan garis desain yang tajam. Detail ini juga telah menjadi salah satu ciri menonjol dari proyek ini.

Dan karena menggunakan bahan serba ringan, seperti juga tangki dan kotak filter udara custom dari aluminium, serta beberapa komponen lain dari bahan karbon, maka bobot motor bisa dikurangi sekitar 20 kilogram.


Data Modifikasi:

Pelek: custom carbon Lampu depan: custom carbon Tangki cadangan radiator: custom Raiser setang: ProTaper

Tangki bahan bakar: custom aluminium Fuel tank lid: custom carbon Kotak filter udara: custom aluminium

Sub-frame: custom Kotak aki: custom housing Panel belakang: potong Lampu rem: custom Suspensi belakang: Ohlins dicat orange Knalpot: custom Smoked | Garage | Bali | Australia www.smokedgarage.com facebook : smoked garage custom motorcycle Instagram : smoked_garage_ Address : Jalan Raya Kerobokan no5x, Kuta Utara Bali Indonesia

Mobile : +6282144008483 Tel : +62361 733062 Email : nicko_eigert@hotmail.com


Naskah: Indramawan

Foto: Smoked Garage For OTOPLUS-ONLINE


S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online