• Editor

Rumah Lampu Dari Teromol Tak Terpakai

Rifki ZM atau akrab disapa Kiki punya cara tersendiri untuk memanfaatkan limbah spare parts yang sudah tak terpakai di bengkelnya yang ada di kawasan Jl. Banyu Urip, Surabaya.


“Saat ini kan lagi rame pelek balok yang dicustom dijadikan pelek jari-jari. Jadi teromol tengahnya enggak terpakai lagi. Padahal bahannya dari campuran alumunium, yang harganya lumayan mahal juga,” buka Kiki.

Fidelis Wicaksono, vokalis band metal, Crucial Conflict bersama Yamaha Scorpio yang memakai headlamp dengan rumah dari bahan teromol limbah.

Sampai suatu ketika, Kiki dapat order meng-custom Yamaha Scorpio punya Fidelis Wicaksono, vokalis band metal, Crucial Conflict. “Dia pengin detailing dan aksesori motornya beda dan enggak umum. Makanya selain berburu secara online, dia juga pengin dibuatkan komponen custom handmade,” kisah Kiki. Dari sini muncul ide untuk membuat rumah lampu depan dari limbah teromol ini.


Langkah pertama, Kiki menetapkan dulu reflektor dan kaca lampu yang nanti mau dipasang. Kiki biasa pakai punya mobil atau produk variasi dengan ukuran diameter 16 cm. “Anak-anak motor biasa menyebutnya reflektor H4,” imbuh Kiki.


Baru setelah itu, Kiki cari teromol, yang kira-kira ukuran diameternya pas dengan reflektor dan kaca lampu setelah selesai dibubut. “Untuk motor ini, saya memanfaatkan limbah teromol eks pelek balok motor matik,” tunjuk Kiki (Foto 1).


Setelah itu, teromol dibubut sesuai diameter reflektor dan kaca lampu. “Seumpama teromol kurang tebal atau apa, bisa diakali dengan cara menambah dulu ketebalan teromol ke tukang las alumunium. Baru setelah itu dibubut,” imbuhnya. Setelah dibubut, hasilnya kurang lebih seperti ini (Foto 2).


Baru setelah itu masuk tahap tahap pembuatan lis kaca lampu, yang juga memanfaatkan teromol bekas. “Untuk ukuran kita sesuaikan dengan teromol yang sudah dibubut jadi rumah lampu tadi,” lanjut Kiki yang cari bahan yang kalau dibubut hasil finishing-nya ada motif. Biar enggak kelihatan polos.


“Kalau saya biasa pakai teromol Vespa (Foto 3 & 3B),” tunjuk Kiki. Setelah semua bahan selesai diproses bubut, kurang lebih hasilnya seperti ini, setelah semua selesai kita rakit (Foto 4). Keren kan hasilnya? (Foto 5).

Naskah: Indramawan

Foto: Indramawan, Istimewa


Kiki (QQ Joker)

Jl. Banyu Urip 39, Surabaya

HP: 0813-3217-3000