top of page
  • Gambar penulisEditor

Satu Dekade Peugeot i-Cockpit®: Kokpit Intuitif yang Aman dan Nyaman

Peugeot memperkenalkan i-Cockpit® sebagai standar pada Peugeot 208 generasi pertama pada 2012.

Pada tahun 2016, generasi kedua Peugeot 3008 dan Peugeot 5008 meluncurkan versi dengan layar digital 12,3 inci yang dapat disesuaikan dan dipersonalisasi sepenuhnya, sementara sakelar sakelar ditempatkan di bawah layar sentuh tengah untuk mempermudah akses ke fungsi-fungsi penting. Pada tahun 2019, Peugeot 208 generasi kedua memperkenalkan cluster digital 3D.


OTOPLUS-ONLINE I Kisah i-Cockpit dimulai pada tahun 2010 lewat presentasi mobil konsep Peugeot SR1 di Geneva Motor Show, coupé-cabriolet elegan yang memamerkan banyak ide brilian termasuk posisi mengemudi revolusioner yang mengubah kode desain tradisional dan ergonomi di benak mereka.


Pada saat itu, tim Peugeot ingin mengembangkan kursi pengemudi agar lebih nyaman, ergonomis, dan aman. Sementara sebelumnya, di dalam mobil, setir berukuran besar dan informasi di layar terbaca melalui setir. Alasan di balik ini adalah terganggunya penampang layar dan setir saat berkendara.



Posisi terbaik untuk membaca informasi adalah setinggi mata. Informasi harus dipasang setinggi mata. Posisi baru ini, digabungkan dengan setir yang lebih kecil, menciptakan sistem serta tampilan yang baru dikenal sebagai "head-up display". Layar sentuh ditambahkan, yang membuat semua kontrol lebih sederhana dan menambahkan konektivitas. Ini adalah awal dari layar sentuh untuk Peugeot.

Desain i-cockpit pada model 208 generasi pertama tahun 2012.


Pada tahun 2012, kehebohan muncul ketika generasi pertama Peugeot 208 memperkenalkan i-Cockpit® sebagai standar yang dengan segera memantapkan dirinya sebagai inovasi yang mengubah pengalaman pengemudi dengan menawarkan kenikmatan berkendara yang lebih berkat roda kemudi yang ringkas, mobil ini bahkan lebih lincah terhadap pergerakan pengemudi, yang juga tidak perlu banyak menggerakkan lengannya untuk manuver yang sama.



Teknologi i-Cockpit juga membuat mobil lebih nyaman dikendarai lantaran posisi instrumen sejajar dengan pandangan mata, ketegangan mata berkurang. Roda kemudi yang lebih rendah memungkinkan lengan pengemudi diposisikan pada sudut yang lebih nyaman, dan layar sentuh tengah memungkinkan pengoperasian fungsi utama kendaraan secara intuitif.


Roda kemudi berbentuk ringkas juga meningkatkan aspek keselamatan. Selain reaksi lebih cepat, layar yang ditinggikan membuat mata lebih fokus ke jalan, dan peringatan dasbor lebih terlihat. Semua ini mengurangi kelelahan pengemudi dan karenanya meningkatkan keselamatan.

Konsep Peugeot, yang dipresentasikan di CES di Las Vegas pada awal tahun 2023, menunjukkan evolusi yang dapat diambil oleh Peugeot i-Cockpit® baru, bahkan lebih intuitif menunjukkan evolusi masa depan i-Cockpit dengan Hypersquare, sebuah revolusi kontrol kemudi baru, menawarkan gerakan baru untuk generasi baru, dihadirkan di tablet dan perangkat pintar.


Konsep i-Cockpit® dibuat dengan tiga elemen dasarnya, yang tetap tidak berubah sejak saat itu: Steering Wheel yang ringkas, untuk rasa berkendara yang lebih baik dan pengendalian optimal. Instrument Cluster Display dengan posisi yang nyaman, memungkinkan pengemudi untuk melihat semua informasi terkait mengemudi sambil tetap memperhatikan jalan. Layar Touchscreen mudah dijangkau dan dilihat, yang memungkinkan pengemudi mengatur fungsi utama mobil.



Setelah lebih dari 10 tahun, Peugeot i-Cockpit berevolusi. Saat ini hampir 10 juta unit telah diproduksi dan i-Cockpit® telah diperluas ke seluruh line up Peugeot. Keunggulannya telah terbukti dalam meningkatkan emosi, keselamatan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang, yang kini menjadi ciri khas kendaraan Peugeot.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Stellantis

Comments


bottom of page