• Editor

Scrambler Berbasis Kaisar Ruby 250 Ini Dibuat dengan Teknik Tukang Jahit


Billy, warga Babatan Pratama, Wiyung – Surabaya Barat sudah beberapa kali gonta-ganti motor. Tapi semuanya factory-made alias motor pabrikan yang diproduksi massal. Karena bosan, Billy akhirnya pengin sesuatu yang beda. Motor custom-made yang dibuat sesuai keinginannya.

Untuk mengubah touring bike menjadi scrambler, rangka dibuat sendiri dengan riding position menyesuaikan postur pengendara.


Sebagai basis, dipakailah Kaisar Ruby 250 yang dari pabriknya didesain sebagai touring bike. “Dia pengin diubah menjadi scrambler,” buka Yohanes Marse, punggawa Jowo Kustom, bengkel modifikasi di kawasan Lontar, Surabaya Barat yang dipercaya mengerjakan project ini.

Mesin diubah secara tampilan menyerupai Harley-Davidson melalui permainan pelat.


Untuk mewujudkan konsep yang diinginkan, Billy tak ingin setengah-setengah. “Hanya mesin yang tersisa. Semuanya, mulai rangka, kaki-kaki, dan bodi penginnya dibuat sendiri secara handmade,” tutur Anes, sapaan Yohanes.

Knalpot melintang ke atas ciri khas motor segala medan (scrambler), diberikan lubang ventilasi untuk membuang panas.


Tak hanya itu saja. Untuk menemukan dimensi yang proporsional, pengerjaan rangka dan bodi dilakukan sesuai konsep tailor-made. ­Mirip bikin pakaian ke tukang jahit.

Desain ramping, dengan ubahan simple minimalis membuat motor lincah bermanuver di segala medan dan nyaman dikendarai.


“Maksudnya fitting dilakukan hampir di setiap proses pengerjaan. Mulai dari pengerjaan frame, kaki-kaki, hingga bodi, semua diukur sesuai postur pemilik, sehingga bisa ketemu riding position yang benar-benar pas, tanpa melupakan sisi estetika,” tutup Anes.

Data modifikasi:

Basis: Kaisar Ruby 250

Frame: full custom

Swingarm: custom

Fork depan: Yamaha Byson

Pelek: TK 350-17 (belakang), 300-17 (depan)

Ban: Shinko Bigblock 150/80-17 (belakang), 130/80-17 (depan)

Bodywork: custom

Knalpot: custom


Teks: Indramawan

Foto: Jowo Kustom