• Editor

Sekepal Aspal Jajal Aspal Tangsel Dengan Konten Baru


Jumpa pers SAIME 19 di Lingkar Indy, Bintaro Selatan beberapa waktu lalu

Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition (SAIME) tahun ini kembali terselenggara, setelah 6 (enam) tahun berturut-turut sukses terlaksana. Meski di tahun awal penyelenggaraan mendapat tantangan berat, dan hanya menargetkan 100 pengunjung.

Namun kali ini Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition (SAIME) sedikit bergeser ke pinggiran Jakarta, tepatnya di Lingkar Indy, Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan (4/8).


Meski begitu, Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition (SAIME) tetap dengan konsep sebelum-sebelumnya. Ajang pameran yang para pesertanya merupakan undangan.


SAIME 19 (2019) mengundang 56 karya motor custom dan 35 karya artis/seniman untuk berpameran di dua tenda putih berukuran lumayan besar pada lahan memanjang.

Sekepal Aspal selalu menghadirkan konsep yang berbeda dari tahun ke tahun

“Bedanya SAIME kali ini dengan sebelum-sebelumnya, selain tentunya karya-karya yang dipamerkan berbeda, tahun ini kita juga memajang sejumlah karya motor custom dengan menggunakan panggung bulat yang berputar perlahan,” tukas Sammy Bramantyo, Project Director Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition.


Selain itu, menurut Sammy yang membedakan pula di tahun ini adalah adanya ajang balap fun race Flattrack, dengan sejumlah kelas perlombaan.

Salah satu motor klasik yang dipamerkan di Sekepal Aspal 2019

“Kami menggandeng kolektif balap amatir TnT Cup untuk event ‘main tanah’ ini. Karena sebagai ajang fun race, motor-motor yang digunakan memang sejatinya bukan untuk balap,” jelas Sammy.


Di samping itu, ada pula Sekepal Aspal Ride to SAIME 19 yang baru pertama kalinya diadakan.


“Yang mana selama ini kami sekadar mendorong, dan mengarahkan pengunjung untuk riding dengan komunitas masing-masing, kali ini kami yang menggelar riding singkat keliling kota,”tukasnya.


Ajang pameran otomotif yang disponsori Scrambler Ducati, Moto Guzzi, Honda Motor, Kawasaki, Royal Enfield, Von Dutch, Telkomsel dan Eiger Adventure ini digelar dengan HTM Rp25.000.


“Tahun pertama, pengunjung kami hanya 300 orang. Walaupun target cuma 100 pengunjung. Tahun lalu kami dikunjungi 10 ribu orang, tahun ini kami harap lebih dari itu. Kami juga memberikan motor Kawasaki W175 sebagai hadiah Lucky Draw,” tandas Sammy.


Tapi sayangnya sob, menurut panitia, SAIME agak sulit bergeser untuk diselenggarakan ke luar Jakarta. “Selama ini kita adakan di Jakarta Selatan, bahkan baru kali ini diadakan di Tangerang Selatan,” tandas Rizky, yang juga menjabat Project Director Sekepal Aspal.


Artinya, menurut Rizky, Sekepal Aspal sepertinya tak akan mungkin diadakan di luar Jakarta dan Tangerang. Misalnya di Kota Bekasi, Bogor atau kota lainnya.


Walaupun Sammy mencoba menambahkan apa yang disampaikan Rizky, sebenarnya tak menutup kemungkinan mengadakannya di luar Jakarta dan Tangerang.


“Ya, bisa-bisa saja sih, tapi kita lihat nanti saja. Yang pasti Sekepal Aspal selalu mengadakan konsep yang berbeda setiap tahunnya,” sergahnya.


Naskah & Foto: Alun Segoro

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online