• Editor

Setelah Dicustom, Astrea 800 Ini Malah Jadi Lemper


Awalnya, si pemilik Astrea 800 ini pengin motornya diubah jadi minibike keluaran Honda, yakni CT50 atau sering juga disebut Motra. Maklum, sekarang lagi rame custom minibike, Sob!


Singkat cerita, motor pun diserahkan ke bengkel DAD Painting, Surabaya. “Aku langsung ambil mesinnya dan taruh di atas meja jig. Supaya bisa dibuatkan rangka baru yang mirip Honda Motra,” buka Didik selaku builder.

Namun sepertinya Didik punya rencana lain. Setelah rangka ala Motra yang pendek dan bantet jadi, Didik malah tertarik dengan tongkrongan bagian depan Honda Chaly. “Sebab menurut saya selain gayanya yang funky, juga semi chopper (karena lebih tinggi),” tutur Didik.


Rangka & Bodi

Rangka Honda Motra yang dijadikan acuan oleh Didik memang desainnya unik. Karena konsep aslinya sebagai utility bike, maka desain rangka berupa pipa teralis yang memanjang ke belakang, dengan posisi tangki ada di dalamnya.

Sementara untuk jok, posisinya ada di atas rangka. “Selain itu jok model single seater ini aku buat menyatu dengan tangki,” tunjuk Didik.


Kaki-Kaki

Karena mengejar bagian depan yang tinggi ala chopper, Didik pun mencomot fork depan Yamaha Byson yang memiliki diameter paling gede di antara motor di kelasnya. Garpu depan ini mengapit pelek ring 12 yang dicomot dari Honda Monkey


“Cuma harus aku pangkas as soknya untuk menyesuaikan dimensi motor yang kecil,” lanjut Didik yang juga membuatkan setang model mini ape hanger.


Finishing

Untuk painting, ada request dari pemilik berupa warna hijau yang bling-bling. Untuk itu, Didik membuatkan dasaran cat glitter atau metalflake dengan penambahan airbrush gaya mobil lowrider Amrik.


Setelah jadi semuanya, motor di malah dinamakan Honda Lemper.

“Ya karena bentuk bodinya yang kotak memanjang dengan warna ijo seger. Mirip lemper jajanan khas Surabaya,” puas Didik.


Bagaimana enggak puas. Sebab pemilik motor ini hepi setelah di event Indonesian Custombike Expo & Championship di Surabaya, November 2018 lalu, Honda Lemper ini keluar sebagai juara 3 di kelas Choppy Cub.

Data modifikasi:

Pelek: Honda Monkey R12 (depan-belakang) Ban: Swallow 100x12 (depan-belakang) Fork depan: Yamaha Byson Shock breaker belakang: KTC Oil cooler: KTC Headlamp: variasi Build + painting: DAD Painting Alamat: Jl. Mleto 18A Klampis Ngasem, Sukolilo – Surabaya HP: 081249480059 FB: dick bruzt IG: dad_painting Email: dadpainting.surabaya@gmail.com


Naskah: Indramawan

Foto: ICEC for OTOPLUS-ONLINE


S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online