• Editor

Showroom Jual-Beli Spesialis Kawasaki Ini Laris Gara-Gara COVID-19 dan Youtube!


"Kalau sebelum bulan Puasa 2020 lalu penjualan kisaran 15 unit per bulan. Tapi setelah terinspirasi COVID-19, dan mulai main Youtube, permintaan terus meningkat hingga pernah sampai 50 unit per bulan!" Iswanto (Farhan Motor Sport - Gresik)

OTOPLUS-ONLINE I Gelombang kedua pandemi COVID-19 yang diprediksikan terjadi Januari 2021 membuat cemas para pelaku bisnis. Namun demikian Farhan Motor Sport mengaku tidak terlalu cemas dengan efek yang ditimbulkan wabah virus ini.


"Sebab kami justru menemukan cara jual-beli yang tepat ketika pandemi COVID-19 ini merebak awal-awal lalu," buka Iswanto, pemilik showroom jual-beli motor sport seken khusus Kawasaki yang ada di kawasan Menganti - Gresik.

Menawarkan segala model motor sport Kawasaki, mulai KLX-series, W175-series, hingga Ninja series mulai dari varian 150cc 2-tak (segala tipe) hingga 250cc 4-tak.


Kala itu memasuki bulan Puasa, Iswanto putar otak, bagaimana caranya supaya showroom yang dirintis sejak 2009 ini bisa survive di tengah pandemi.

"Karena waktu itu Pemerintah menyarankan orang untuk tinggal di rumah, pastinya bakal jarang calon pembeli yang mau datang ke showroom karena takut tertular COVID-19. Dari situ setelah saya amati, dealer-dealer motor mencoba jualan secara online, dengan memaksimalkan media sosial yang ada. Ya sudah, kami ikuti," jelas Iswanto yang kemudian coba bikin konten video untuk channel Youtube miliknya.

Farhan Motor Sport memajang lebih dari 100 motor di lantai 1, dan 2, bahkan garasi juga terisi motor. Karena tak muat Farhan Motor Sport buka cabang Farid Motor Sport yang lokasinya tak terlalu jauh


"Alhamdulillah, cara ini berhasil. Justru konsumen tambah banyak. Kalau sebelum bulan Puasa 2020 lalu penjualan biasa-biasa saja, tapi setelah kami main Youtube permintaan jadi sangat luar biasa. Terutama dari luar Jawa Timur dan luar pulau," tutur Iswanto yang sebelumnya hanya mengandalkan Facebook, dan itu pun hanya iseng-iseng belum dimaksimalkan.

Farhan Motor Sport rajin mengupload video dan sampai sekarang punya 8.38 K subscriber dan berhasil jangkau konsumen di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan NTT, hingga terjauh Timor Leste


Lebih lanjut menurut Iswanto, karena rajin mengupdate konten channel Youtube-nya lah yang membuat usahanya seolah kebal COVID-19. " Sebab kami rajin bikin review motor yang kami tawarkan. Juga proses pengiriman, pokoknya semua kinerja tim Farhan Motor Sport ini selalu kami laporkan ke konsumen lewat video Youtube itu. Jadi konsumen percaya dengan kualitas kerja kami," papar Iswanto yang punya 8.38 K subscriber.


Selain itu, tentu karena fasilitas-fasilitas yang ditawarkan FMS. "Terutama untuk pembeli di luar kota atau luar pulau, kami selalu bantu untuk proses perpanjangan pajak. cabut berkas. Bahkan kalau mereka bosan dan pengin tukar tambah bisa. Pokoknya semua keinginan konsumen bisa kami bantu, termasuk proses leasing kredit-nya. Sehari bisa jadi asal memenuhi syarat kreditnya, dan itu semua terus kita pantau," kata Iswanto yang menyebut promosi lewat online ini berhasil karena sama dengan jemput bola.

Ada juga divisi bengkel dan spare parts


Begitu juga dengan kualitas motor yang ditawarkan. "Kami sangat selektif waktu beli barang. Terutama untuk Ninja 150cc 2-tak yang banyak dimodifikasi mesin. Nah yang seperti ini, kami tidak terima. Pokoknya motor yang dulu dipakai herex (balap liar) minggir dulu, karena kami tidak ingin konsumen kecewa," jelas Iswanto yang mengaku turun sendiri memeriksa kondisi motor yang dibelinya untuk dijual lagi, karena sebelum menikah, sering main motor terutama Ninja.

Proses rekondisi motor di bawah pengawasan Iswanto langsung yang sebelumnya pengalaman main motor Kawasaki, terutama Ninja


Dengan pola promosi lewat video Youtube yang dilakukannya, Iswanto mengaku bisa menaikkan omzet penjualan di tengah kondisi pandemi.

Ninja 2-tak 150cc jadi primadona penjualan, terutama untuk wilayah luar kota Jawa Timur dan luar pulau


"Kalau sebelum Corona penjualan ada di kisaran 15 unit, sekarang malah bisa naik hingga 50 unit per bulannya," tutup Iswanto sambil menyebut Ninja 2-tak yang jadi primadona penjualannya.


Farhan Motor Sport

Jl. Domas RT 02, Kecamatan Menganti, Menganti - Gresik

Telp. 081 330 516 665

WA 085 731 852 879

Youtube: Farhan Motor Sport


Teks & Foto: Indramawan