• Editor

Si Jali

Yamaha Scorpio 2006 (Jowo Kustom)

Yohanes Marse dari Jowo Kustom Surabaya dikenal doyan bereksperimen melakukan mix and match pada motor-motor garapannya. Si Jali yang berbasis Yamaha Scorpio 2006 ini merupakan perpaduan antara scrambler dan street tracker.

Rangka

Ubahan rangka seperti pada umumnya motor tracker. Subframe bagian belakang dihilangkan dan dibuatkan baru.

“Bedanya, bagian belakang subframe baru ini dibentuk sedikit pipih mengotak, tidak seperti biasanya yang berbentuk U. Tujuannya supaya back rack bisa terpasang dengan baik,” jelas Anes.


Kaki-Kaki

Bagian swingarm diberikan tambahan bracket yang bisa dibongkar-pasang, untuk menopang shock breaker sehingga posisi motor bisa lebih tinggi.

Sementara di bagian depan dipasang fork depan punya Kawasaki KLX 150. Jadi secara tampilan si Jali ini memang jangkung banget.


Detail Lain

Sesuai ciri Scrambler, knalpot dibuat handmade dari bahan stainless steel dan dibuat lekuk-lekuk di samping kanan mesin dan masuk di bawah subframe.

Sementara itu, untuk memunculkan kesan tracker, bagian headlamp dibuatkan rumah berbentuk kotak ala flat tracker.


Naskah & Foto: Indramawan


Data modifikasi:

Body: custom by Jowo Kustom Knalpot: custom by Jowo Kustom (stainless steel) Fork depan: Kawasaki KLX 150 Fork depan: orisinal Yamaha Scorpio Swingarm: custom by Jowo Kustom Setang: custom by Jowo Kustom Pelek: 300-18 (depan) dan 250-18 (belakang) Ban: Shinko SR 241 400-18 (depan) dan 350-18 (belakang) Headlamp: LED Stoplamp: LED Bengkel: Jowo Kustom, Jl. Lontar No. 29 RT 01/RW 01, Surabaya, HP: 088217394210