• Editor

Supermoto Jadi Primadona Baru Honda Dream Cup (HDC)


Di tengah lesunya kejuaraan road race, supermoto bakal menjadi primadona baru

Prediksi ini disampaikan Franky Laurens selaku local race organizer Honda Dream Cup (HDC) 2019 Malang, sekaligus insan otomotif Jawa Timur yang getol menggelar kejuaraan supermoto.

Franky Laurens selaku insan otomotif dan local race organizer Honda Dream Cup (HDC) 2019

“Syukurlah semakin ke sini, gelaran supermoto ini semakin tinggi peminatnya, setelah pertama kali kami gelar sejak 2014 lalu. Kami yakin ke depan, supermoto tak kalah bagus dengan event road race yang lain karena animo sangat tinggi,” buka mantan crosser kebanggaan Jatim dan Tanah Air ini ketika berjumpa OTOPLUS-ONLINE di tengah gelaran Honda Dream Cup (HDC) 2019 Malang yang digelar di sirkuit Stadion Kanjuruhan – Malang (14-15/09) kemarin.

Lebih lanjut Franky menjelaskan, kenapa animo supermoto ini semakin tinggi karena basis kendaraan yang digunakan bersifat multi-purpose. Bisa digunakan untuk keperluan off-road maupun on-road atau harian.

Hadirnya Honda CRF150L turut berperan pada meningkatnya antusiasme pecinta supermoto

“Sekarang ini kan sudah semakin banyak produknya. Seperti Honda yang hadir dengan CRF150L, dan banyak pula komunitasnya,” tutur Franky yang berharap supermoto ini bisa menjadi obat lesunya kejuaraan road race akhir-akhir ini.

Apalagi dengan masuknya support dari main dealer dan dealer yang mulai melirik untuk mensponsori tim yang berlaga di kelas baru ini.

Tim MPM Honda TS75 mendapat kunjungan dari petinggi PT AHM & PT MPM Distributor. Dari kiri: Andy Wijaya - General Manager MPA PT AHM, Toshiyuki Inuma - Presiden Direktur PT AHM, Suwito - Presiden Direktur PT MPM Distributor, dan Suhari - Suhari selaku Marcomm & Development Division Head PT MPM Distributor

“Ya. Di dua kelas supermoto yang dilombakan ini, yaitu HDC-7 dan HDC-8 kami mensupport Tim MPM Honda TS75, yang diperkuat beberapa pembalap, termasuk Tommy Salim (#75),” timpal Suhari selaku Marcomm & Development Division Head PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT.

Kelas supermoto di gelaran HDC 2019 Malang turut dimeriahkan peserta dari latar belakang komunitas

Terkait animo pecinta supermoto yang tergabung dalam komunitas, Suhari mengatakan, “Ada 10 orang dari beberapa komunitas yang hadir di kelas HDC-7 dan HDC-8 ini. Menurut kami, antusiasme ini sangat bagus, dan kami akan terus berkolaborasi dengan AHM.”

Sementara itu, untuk menggelar kelas supermoto di HDC 2019 Malang ini, race organizer melakukan modifikasi layout sirkuit Kanjuruhan, Malang sebagai lokasi gelaran.


"Kami menambahkan papan jumpingan, dan juga memperlebar tikungan dari yang biasanya 8 meter menjadi 10 meter. Ini dimaksudkan untuk menyesuaikan dimensi motor yang dipakai di supermoto. Selain itu, kami juga menambahkan pagar-pagar pengaman sehingga balap berlangsung aman," tutup Franky.


Dan berikut ini daftar pembalap peserta di dua kelas supermoto yang dilombakan di HDC 2019 Malang.


Naskah & Foto: Indramawan