top of page
  • Gambar penulisEditor

Teknologi 3D Printing New Peugeot 308: Pertama Kali Digunakan Pada Aksesori Mobil

Pencetakan 3D menawarkan banyak keuntungan ekstra yaitu kebebasan desain, struktur optimal, produksi singkat, dan biaya produksi.

OTOPLUS-ONLINE I Pencetakan 3D adalah salah satu pilar fundamental dari revolusi industri 4.0. Teknologi baru ini, dimungkinkan untuk meningkatkan fleksibilitas, ramah lingkungan, beradaptasi dengan kebutuhan pasar yang semakin menuntut dan tidak dapat diprediksi. Semua jenis obyek dan aksesori yang diproduksi tanpa memerlukan cetakan dan alat manufaktur yang mahal.



Pencetakan 3D menawarkan banyak keuntungan ekstra yaitu kebebasan desain, struktur optimal, produksi singkat, dan biaya produksinya. Kebebasan desain, lebih sedikit kendala manufaktur dan kemungkinan tak terbatas untuk kompleksitas bagian (karena tidak ada cetakan injeksi). Pencetakan 3D membuka ruang kreatif baru bagi para desainer.

Pergeseran Inovasi pada sebagian pabrikan otomotif terlihat dari berbagai tipe mobil baru yang sudah dirilis. Tidak terkecuali Peugeot. Peugeot menciptakan kembali aksesori mobil berkat teknologi pencetakan 3D yang inovatif dan polimer fleksibel yang baru. Tujuan inovatif ini untuk membuat aksesori lebih terlihat dan menarik dengan berinovasi dan penggunaan bahan-bahan modern. Ini adalah pertama kalinya teknologi pencetakan 3D digunakan pada aksesoris mobil. Inovasi yang menjanjikan bagi seluruh industri otomotif.



Aksesori ini merupakan hasil kerja sama tim Desain, Produk, dan Penelitian & Pengembangan Peugeot bekerja sama dengan HP Inc., Mäder, dan ERPRO. Pencetakkan 3D menggunakan teknologi 3D HP Multi Jet Fusion (MJF) yang baru. Tujuannya menawarkan produk inovatif yang menyenangkan untuk disentuh, ringan, kokoh dan mudah digunakan, dan meningkatkan kenyamanan interior Peugeot 308 dan i-Cockpit barunya. Peugeot adalah salah satu yang pertama menggunakan teknologi ini dalam pengembangan rangkaian aksesori 3D.

Ke depannya Peugeot akan mengembangkan penggunaan 3D printing secara seri. Tak hanya pada rangkaian aksesori, tetapi juga pada bagian yang lebih teknis dari model Peugeot berikutnya. Keunggulan teknologi ini menawarkan kemungkinan tak terbatas.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Stellantis

Comments


bottom of page