• Editor

Terinspirasi Mobil Listrik, Mirai Rilis Head Unit Tesla M-T680 dan M-652A


Tren mobil listrik tampaknya ikut menginspirasi produsen head unit sekelas Mirai car entertainment, sebagai second brand dari Asuka Car TV.


Pada penghujung tahun 2020, Mirai memperkenalkan 2 (dua) varian pendatang baru. Yakni head unit Original Equipment Manufacturer (OEM)Tesla, berukuran layar besar.

Head unit Mirai Tesla yang sudah terpasang PnP di Toyota Fortuner.


Kedua produk anyar tersebut adalah Mirai Tesla tipe M-T680, head unit yang diperuntukkan mobil Toyota Fortuner. Satu lagi Mirai Tesla tipe M-652A, head unit yang diperuntukkan mobil All New Mitsubishi Pajero.

Adapun nama Tesla sendiri sedikit banyaknya mengadopsi nama mobil listrik yang awalnya telah beken di luaran sana, dan pun sudah mulai ada yang memilikinya di Indonesia.


Seperti dikatakan Albert Lim, Marketing Manager Asuka Car TV Indonesia, pesatnya kemajuan dan permintaan yang tinggi akan teknologi car entertainment, mendorong Mirai maupun Asuka menghadirkan produk head unit berukuran layar besar ala-ala head unit mobil listrik.

Head unit Tesla yang terinspirasi head unit pada mobil listrik.


“Kami tidak hanya membuat desain head unit yang mirip dengan yang ada di mobil listrik. Tetapi segudang fitur dan interface nya juga serupa. Pastinya bisa membuat berkendara jauh lebih nyaman," ujar Albert, ketika jumpa media secara virtual, Selasa (8/12).


Lebih jauh Albert mengulas, segudang fitur dari Mirai M-T680 dan M-652A antara lain; segi tampilan yang memiliki desain sesuai OEM mobil. Serta konsep produknya yang Plug n Play (PnP), dengan pemasangan mudah, praktis dan aman.


Layar head unit yang jernih dan super besar berukuran 12.1 inci, diklaim Albert memiliki resolusi 1024 x 758. Membuat para pengguna Fortuner dan All New Pajero makin betah di dalam mobil, saat head unit mulai dioperasikan.

Had unit Tesla yang sudah terpasang di All New Mitsubishi Pajero.


Lalu sistem android yang diusung pada kedua unit Tesla ini merupakan Android OS PIE 9.0. Bila ditinjau secara teknis, membuat ragam aplikasi yang terunduh di dalamnya bisa berjalan halus, dan tidak lemah otak.


Selain ragam fitur di atas, yang sebenarnya masuk kategori fitur umum. Ada pula fitur istimewa dari head unit Mirai M-T680 dan M-625A, yaitu fitur Voice Command. Dimana fitur tersebut juga sudah memiliki kemampuan Indonesia Voice Recognition.


"Headunit M-T680 dan M-625A punya fitur Voice Command, yang sudah diseting untuk dapat mengerti perintah dalam bahasa Indonesia,” ucapnya.


Melalui perintah suara itu, pengguna bisa memberi instruksi untuk menjalankan aplikasi. Misalnya membuka navigasi (google maps), memutar musik di youtube, dan sebagainya.


Inovasi yang mungkin tak kalah menarik dari head unit Mirai ini adalah, dengan layar besarnya yang jernih Tesla telah menyediakan fitur split screen.


Apa itu fitur split screen? Merupakan fitur yang dapat membagi tampilan layar head unit menjadi dua bagian. Dan dua bagian tadi mempertontonkan aplikasi yang masing-masing berbeda.


Mirai Tesla semakin kuat mendukung kenyamanan tampilan split screen, karena layarnya berbentuk portrait. Sehingga layar bisa menjalankan dua aplikasi bersamaan, dengan format atas dan bawah.


Tak ketinggalan, satu lagi inovasi dari head unit dengan range harga Rp12 juta sampai Rp13 juta ini adalah, sebuah inovasi yang mulai dibutuhkan pengguna car entertainment. Yaitu fitur Apple Car Play dan Android Auto. Bagaimana, tertarik meminangnya?


Teks: Setiawan AS

Foto: Asuka Car TV