top of page
  • Gambar penulisEditor

Ternyata Naik MINI 5-Door Rasanya Seperti Main Go-Kart!

Pengendalian lincah seperti go-kart bisa mencapai 235 km/jam.

Tampang otentik MINI 3-Door dengan fleksibilitas hatchback 5 pintu


OTOPLUS-ONLINE I Tepat 20 tahun setelah MINI modern (di bawah naungan BMW Group) diluncurkan, generasi terbarunya, New MINI kini hadir dalam bentuk terbaiknya. Konsepnya melahirkan kembali brand MINI sebagai produk premium di segmen small car.


MINI adalah lambang sosok mobil dengan pengendalian lincah seperti go-kart dan tampilan ikonik yang jelas dikenali. Kombinasi itu kemudian dikawinkan dengan standar tertinggi pada sisi teknologi dan kualitas di kelasnya. the premium providers of driving fun, expressive design and individual style.


Delapan model New MINI diperkenalkan di Indonesia pada 20 Agustus 2021 lalu. Tiga model New MINI 3-Door, dua model New MINI 5-Door, dan tiga model New MINI Cabriolet.


Performa spontan dari mesin, kemudi presisi, rem pakem dan pengendaliannya yang lincah ala go-kart melekat kuat di model MINI 3-Door, karakter itu sudah jadi ciri sejak kelahirannya di awal 1960. Apakah karakter itu tetap melekat di model 5 pintunya? Kita akan buktikan...


Desain

Penampilan baru dengan bumper lebih tebal dan tirai udara terintegrasi yang secara signifikan meningkatkan aspek aerodinamika dan berkontribusi pada peningkatan efisiensi bahan bakar.


Garis desain MINI terkesan bersih dinamis dan ringan. Gayanya dipadukan dengan tapak roda lebar dengan overhang pendek sehingga menghadirkan sosok atletis.


Sebagai informasi, overhang depan MINI 5-Door sama dengan versi 3-Door-nya yakni 771 mm sedangkan overhang belakang 698 mm sedikit lebih panjang dari MINI 3-Door yang 610 mm.

LED Headlights. Selain daytime running light, headlight dan rear lights kini juga telah mengadopsi LED yang memiliki kemampuan pencahayaan powerful dan efisien.


Desain headlight dan side scuttle baru jelas membedakan dari generasi sebelumnya kemudian aksen Black Piano pada door handles, tutup tangki bahan bakar dan detail bagian lain memberi penampilan lebih individual.

Aksen Piano Black tersebar di eksterior


Petra Beck, Project Manager MINI mengatakan, “"Peningkatan substansi di MINI sudah jelas terlihat pandangan pertama dan itu ada di semua bagian yang itu terkait desain, material, dan kualitas serta berbagai fungsi baru terkait pengoperasian, kesenangan berkendara, dan bantuan pengemudi."


Harga

Dimensinya lebih panjang 16 cm dari MINI 3-Door sehingga menyuguhkan fleksibilitas lebih baik


Pertama kita tilik harganya. Menurut pricelist yang kami dapat dari Plaza MINI Surabaya, harga On The Road New MINI 5-Door adalah Rp 870.000.000 untuk varian Cooper dan Rp 1.030.000.000 untuk varian Cooper S seperti unit tes kami ini. Khusus varian John Cooper Works tidak ditawarkan pada model New MINI 5-Door yang dipasarkan di Indonesia.


Apabila memperhatikan harga, MINI Cooper 5-Door lebih mahal Rp 40 juta dari MINI Cooper 3-Door, sementara varian Cooper S 5-Door hanya lebih mahal Rp 25 juta dibandingkan Cooper S 3-Door.


Namun jika dibandingkan dengan MINI Countryman yang sama-sama mengusung model 5 pintu, MINI 5-Door lebih mahal sampai Rp 90.000.000 (varian Cooper) dan Rp 36.000.000 untuk varian Cooper S.


Logikanya mereka yang menginginkan tampang ikonik dan karakter khas small car asal Oxford, Inggris ini akan memilih MINI 3-Door tapi buat mereka yang lebih memilih aspek fungsional yang mengakomodir penumpang dan barang lebih banyak mungkin akan memilih MINI Countryman.


Nah, MINI 5-Door dihadirkan untuk mereka yang menginginkan tampang otentik MINI seperti versi 3-Door namun dengan kemampuan akomodasi layaknya sebuah hatchback 5 pintu.


Varian

189 daya kuda tersimpan di dalam kompartemen mesinnya yang tampak rapi


MINI 5-Door varian Cooper dibekali mesin 3 silinder turbo berkapasitas 1.499 cc yang dapat menghasilkan tenaga 136 ps (134 hp) dan torsi 220 Nm/1.480-4.100 rpm.


Sementara varian Cooper S bermesin 4 silinder twin power turbo berkapasitas 1.998 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 192 ps (189,3 hp) dan torsi 280 Nm/1.350-4.600 rpm.


MINI 5-Door punya dimensi panjang 4.036 mm, lebih panjang 160 mm dari MINI 3-Door. Model 5-Door sedikit lebih jangkung, lebih tinggi 11 mm dari MINI 3-Door yang dimensi tingginya 1.414 mm.


Untuk wheelbase-nya 2.567 mm, lebih panjang 72 mm dari model 3 pintunya. Sedangkan dimensi lebar yang 1.727 mm serta jarak pijak roda depan-belakang 1.485 mm persis sama dengan MINI 3-Door.


Dimensi lebar 1.727 mm. Jarak pijak roda depan-belakang 1.485 mm. Tinggi 1.425 mm (1.414 mm)


Kemampuan Akomodasi

Bentuk belakang tidak berbeda dengan versi 3 pintunya


Dengan 5 pintu, MINI 5-Door jelas menyodorkan fleksibilitas lebih. Kita mulai dari kapasitas bagasi. Tanpa melipat bangku belakang, volume bagasinya mencapai 278 liter.

Tersedia volume bagasi sebesar 278 liter tanpa melipat bangku belakang


Jika salah satu sandaran jok belakang yang memiliki komposisi pelipatan 60:40 dilipat maka volumenya bisa membengkak jadi 650 liter. Dan jika kedua sandaran jok belakang dilipat, kapasitasnya jadi 941 liter.

Kualitas interiornya tanpa cacat


Jok belakang dapat menampung 3 orang penumpang dengan cukup nyaman lantaran memiliki ruang kaki, ruang bahu dan ruang kepala yang lebih lega meski saat diduduki, posisinya seperti tenggelam lantaran dimensi jok depan yang berukuran besar.

Leluasa menikmati pemandangan


Untungnya bibir jendela samping cukup rendah sehingga dapat memberikan keleluasaan untuk penumpang menikmati pemandangan sepanjang perjalanan.


Fitur

Central instrument cluster bulat besar khas MINI kini dibingkai dengan warna high-gloss Piano Black. Di dalamnya ditanam layar 8,8 inci dengan tampilan grafik yang modern sebagai standar di semua model.


Aura mobil premium makin kental saat masuk ke kabinnya. Material dasbor, doortrim, jok dan panel-panelnya terlihat well-built, ada kesan mahal, presisi dan berkualitas tinggi.

Bentuk pedal rem dan gas unik


Detail desain pada tuas, switch dan tombol bahkan sampai pedal rem dan gas tampak jelas didesain secara khusus oleh para desainer MINI.

Shiftknob yang terinspirasi bentuk kepala hockey stick, sementara MINI Connected controller bentuknya seperti controller iDrive di BMW X1


Kalau pun ada yang terlihat sama, OTOPLUS-ONLINE hanya menemukan pada panel kontrol MINI Connected yang identik dengan BMW iDrive di BMW X1.

Active Cruise Control dengan fitur Stop & Go function


Untuk fitur keamanan dan berkendara, MINI 5-Door dibekali dengan cruise control adaptif, mode berkendara, auto stop & go, paddle shift, spion tengah electrochromatic, setelan tilt dan teleskopik dengan rentang yang luas, headlight bi-LED untuk kemampuan penerangan yang kuat namun tetap efisien.

Panoramic roof memberi kesan lapang di kabin MINI 5-Door


Sementara fitur-fitur terkait kenyamanan di antaranya panoramic roof, jok dan setir berlapis kulit, sistem audio 360 watt dari Harman Kardon yang memiliki 12 spiker, wireless charging, sistem multimedia yang memiliki konektivitas Apple Carplay dan Android Auto.

Sistem audio Harman Kardon 12 spiker


Juga tentunya teknologi MINI Connected yang memungkinkan pengemudi mengontol sistem udara, audio, navigasi dan komunikasi melalui selector di konsol tengah.


Individualisasi

Unit tes kami berwarna Island Blue Metallic


MINI menawarkan keleluasaan kepada pemiliknya untuk melakukan kastemisasi. Ada 7 pilihan warna dimana 2 warna merupakan pilihan warna baru yakni; Grey metallic dan Island Blue metallic seperti warna unit ini.


Konsumen juga dapat memilih warna atap yang ditawarkan dalam 3 pilihan yaitu; Jet Black, Aspen White and Melting Silver.


Tak hanya itu, MINI bahkan menyiapkan 7 pilihan motif dan ukuran roda. Di mana 5 di antaranya berukuran 17 inci; Tentacle Spoke black design, Scissor Spoke yang sebelumnya hanya tersedia di MINI Sidewalk Convertible.


Lalu ada lagi Pedal Spoke black version yang sebelumnya hanya secara eksklusif ada di 60 Years Edition models.


Sedangkan 2 model berukuran 18 inci yaitu Pulse Spoke design dan Circuit Spoke black design dari John Cooper Works light-alloy wheels.


Hal itu memungkinkan jutaan kombinasi sehingga menjadikan MINI benar-benar individual untuk setiap pemiliknya.


Driving Experience

Menurut OTOPLUS-ONLINE, performa mesin dan pengendaliannya jadi salah satu yang terbaik di kelas premium small hatchback


MINI diciptakan buat kalian yang doyan nyetir tak terkecuali model 5 pintu ini. OTOPLUS-ONLINE langsung merasa kerasan begitu duduk dan berada di balik kemudi MINI 5-Door. Selain aura premium, posisi berkendara di mobil ini menurut kami sempurna.


Setir dengan diameter batang kemudi yang mantap digenggam dibekali setelan reach dan rake dengan rentang yang luas. Joknya punya setelan lengkap (meski belum elektrik) dengan desain yang memegang tubuh dan material busa yang nyaman berlama-lama diduduki.


Dengan dimensi lebih besar dibandingkan MINI 3-Door jelas ruang kabin terasa lebih lega meski tidak bisa disetarakan dengan MPV. Sudut pilar A yang cenderung tegak memberi keleluasaan pengemudi memantau kondisi jalan di depan atau saat melewati jalan berkelok.


Kesenangan sesungguhnya dimulai begitu mesin dihidupkan. Respon mesin 4 silinder twin turbo 1.998 cc saat gas dimainkan seakan mengajak diajak ngebut. MINI membekali model 5-Door dengan mode berkendara Green untuk berkendara secara hemat dan Sport bila ingin berkendara agresif.


Sebelum start dari dealer Plaza MINI Surabaya, dengan pertimbangan akan melewati jalanan kota yang padat, OTOPLUS-ONLINE memilih mode berkendara Green sekaligus mengaktifkan fitur Auto Stop & Go.


Pada mode Green, throttle gas dibuat tidak terlalu tanggap namun tetap saja menurut kami tidak membuatnya lambat. Dengan mengaktifkan fitur Auto Stop & Go, mesin akan otomatis mati setelah berhenti sekitar 4 detik.


Karakter suspensinya medium-hard, kalau kalian suka mobil dengan karakter suspensi empuk, MINI Cooper S 5-Door bukan pilihannya.


Redaman suspensi akan terasa kurang nyaman ketika melintas di atas permukaan jalan bergelombang atau secara tak sengaja menginjak lubang jalan. Apalagi unit tes kami ini menggunakan roda berukuran 18 inci dengan ban profil rendah berukuran 205/40-18.


Untuk merasakan performa seutuhnya, MINI Cooper S 5-Door ini kami arahkan masuk ruas tol Surabaya-Malang. Sebelum masuk tol Waru, mode berkendara kami pindahkan ke mode Sport yang langsung direspon dengan berubahnya karakter throttle, kemudi, rem dan sasis.

Berakselerasi 0-100 km/jam dalamm 6,9 detik


Lepas gate Waru, throttle gas pun kami bejek tak terasa kecepatan 100 km/jam diraih hanya dalam 6,9 detik! Go-kart feeling akan sungguh berasa ketika memainkan kemudinya khususnya pada kecepatan tinggi.

Posisi mengemudi sempurna mudah didapat dengan pilihan setelan naik-turun dan maju-mundur kemudi yang luas


Setirnya begitu presisi sehingga memudahkan pengemudi untuk memprediksi arah laju kendaraan dipadukan dengan karakter suspensinya yang kaku.


Di perkotaan mungkin terasa kurang nyaman tapi di jalan tol yang memungkinkan kita melaju lebih kencang membuat stabilitas dan kemampuan manuver MINI 5-Door ini terasa superior, benar-benar seperti mengemudikan go-kart.

Pengendaliannya di kecepatan tinggi tergolong istimewa


Karakter go-kart feeling akan mencuat saat bermanuver di kecepatan tinggi seperti berpindah jalur di kecepatan tinggi atau menikung kencang seperti yang kami coba ketika melibas beberapa tikungan panjang, lepas exit tol Pandaan.


Menikung dengan melaju 160-170 km/jam body roll terasa minim. Menggenapi kemampuan bermanuvernya, MINI membekali Cooper S 5-Door ini dengan ban Pirelli P Zero ukuran 205/40-18 yang menyodorkan daya cengkeram hebat sehingga meningkatkan aspek percaya diri.


Mesin bertenaga 192 ps atau 189,3 hp ini dipadukan dengan transmisi 7-speed dual clutch sport. Transmisi dual clutch memungkinkan perpindahan giginya berlangsung paling lambat dibawah 100 milidetik (tergantung mode berkendara yang digunakan) dan terasa seamless.


Sebagai informasi kecepatan mata manusia berkedip adalah 100 milidetik, artinya perpindahan gigi di mobil ini lebih cepat dari kedipan mata kita.


Fitur paddle shift jadi kelengkapan standar di Cooper S tapi rasanya tanpa menggeser tuas transmisi ke mode tiptronic atau memainkan paddle shift sekalipun hatchback ini sudah terasa agresif.


Saking agresifnya karakter mesin, angka 190 km/jam begitu mudah diraih. MINI mengklaim top speed Cooper S 5-Door mencapai 235 km/jam. Ingat! Itu tidak untuk dibuktikan di jalan tol.


Tes ini kami lakukan untuk memberi gambaran betapa mengasyikkannya premium hatchback seharga Rp 1.030.000.000 (OTR Surabaya). Kalau kalian punya rezeki lebih dan punya kriteria mobil kencang, pengendalian hebat, berkualitas tinggi dan dapat dibuat individual secara tampilan namun masih memikirkan fleksibilitas dan fungsi untuk digunakan sehari-hari, MINI 5-Door sangat ideal jadi alternatif pilihan.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Arianto Sasongko

Comments


bottom of page